Comscore Tracker

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belanda

Ada sepatu dari kayu juga, lho~

Mendengar kata Belanda, tentu akan membawa ingatan kita pada pelajaran sejarah semasa sekolah. Memang seperti yang diketahui, dahulu negara ini pernah menjajah Indonesia selama lebih dari 300 tahun. Maka gak heran jika banyak warga Indonesia yang tertarik berkunjung ke negara yang dijuluki sebagai negeri kincir angin, tersebut.

Bila kamu berkesempatan untuk menikmati pesona wisata Belanda, seperti desa Kinderdijk yang terkenal dengan 1000 kincir anginnya, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh juga, ya. Banyak suvenir khas yang bisa kamu bawa pulang, ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata di Belanda. Seperti 6 di antaranya berikut, ini.

1. Klompen

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/sabrightside

Konon katanya, Klompen atau sepatu kayu khas Belanda menjadi salah satu cinderamata yang paling dicari para turis. Tak hanya dibuat menjadi gantungan kunci atau pajangan, Klompen ini juga ada yang seukuran kaki orang dewasa, lho. Tentu saja, kamu bisa memakainya untuk berkegiatan sehari-hari. Warna-warni Klompen yang cantik, langsung membuat mata yang melirik, tergiur untuk membawanya sebagai oleh-oleh.

Jika kamu tertarik melihat proses pembuatan sepatu yang sudah ada sejak tahun 1230 ini, bisa mampir ke salah satu workshop-nya, yakni The Wooden Workshop yang terletak di desa tradisional Zaanse Schanz, Belanda Utara. Harga sepasang sepatu Klompen sekitar 10 hingga 20 euro atau setara Rp 167 ribu, sampai Rp 334 ribu.

2. Royal Delf Blue

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/deviant_vintage

Buat kamu para pecinta tembikar, Royal Delf Blue wajib masuk daftar cendera mata yang harus dibeli saat liburan ke Belanda. Kabarnya, zaman dahulu para bangsawan Belanda gemar saling memamerkan koleksi keramik mereka demi menaikkan gengsi. Maka dibuatlah Royal Delf Blue, yang menghasilkan aneka keramik seperti, piring, vas, dan gelas dengan corak biru-putih yang terlihat berkelas nan mewah.

Selain membelinya sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa berkunjung ke pabrik pembuatannya, di daerah Delf. Di sana terdapat sebuah obyek wisata bernama Royal Delf Factory, yang sudah berdiri sejak tahun 1653.

3. Bunga tulip

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/latusavf

Selain kincir angin, Belanda juga terkenal dengan tanaman bunga tulip yang subur dan punya warna-warni cantik. Kamu bisa berkunjung ke taman Keukenhof, Amsterdam, Noordoostpolder, Lise, atau Noordwijkerhout untuk menikmati keindahan bunga tulipnya.

Selain buket bunga dari tulip segar, kamu juga bisa membawa pulang bunga tulip kering dan bunga tulip yang terbuat dari kayu. Pasti cantik banget deh, buat menambah hiasan di ruang tamu rumahmu.

Baca Juga: 6 Snack Enak di Amsterdam, Wajib Dicoba Saat ke Belanda

4. Miniatur kincir angin

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/lapak_djadoel

Ini nih, ikon wajib dari Belanda yang gak boleh ketinggalan, yap kincir angin. Karena mustahil untuk membawa pulang aslinya, tak ada salahnya kan membeli beberapa miniatur kincir angin sebagai souvenir. Di Belanda sendiri, kincir angin tak hanya sebagai ikon negara, tetapi juga sangat berguna untuk drainase. Maka tak heran jika keberadaan kincir angin, begitu penting bagi masyarakat setempat.

Kamu bisa memiliki miniatur kincir angin, dengan membelinya di toko-toko suvenir yang tersebar di Belanda. Harga untuk satu buah miniatur kincir angin ini, dibanderol mulai dari 8 euro, atau setara Rp85 ribu.

5. Keju Leiden

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/cheesemaker_rob

Bagi para penggemar keju, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi kelezatan keju Leiden khas Belanda ini. Telah lama, Belanda dikenal sebagai surganya keju karena memang makanan yang terbuat dari fermentasi susu ini, sudah diproduksi sejak ratusan tahun lamanya. Bahkan di Alkmar, Belanda terdapat sebuah museum keju yang diberi nama Holland Kaasmuseum.

Di dalam museum ini kamu bisa melihat peralatan tradisional pembuat keju. Ada pula rekaman video tentang pembuatan keju di masa lalu. Paling menarik dan ditunggu-tunggu, adalah pengunjung bisa mencicipi langsung aneka jenis keju yang tersedia. Wah, ngiler kan.

Sementara itu, perbedaan antara keju Leiden dengan jenis keju lain adalah pada penambahan rempah berupa jinten. Kebayang gak sih lezat dan unik rasanya seperti apa. Untuk membawa pulang keju Leiden yang legendaris, kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp166 ribu, saja.

6. Souvenir tim sepak bola Ajax

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/sportshoplaarbeek1999

Buat kalian para penggila bola, tentu nama Ajax sudah gak asing lagi terdengar di telinga. Ajax merupakan nama salah satu klub sepak bola ternama di Eropa. Ajax Football Club sendiri bermarkas di Amsterdam selatan.

Kamu bisa menemukan aneka merchandise berbau Ajax seperti, gantungan kunci, topi, syal, t-shirt, celana, hingga jaket di beberapa toko olahraga dan toko suvenir di sekitar objek wisata.

7. Stroopwafel

7 Oleh-oleh ini Wajib Masuk Koper Saat Liburan ke Belandainstagram.com/a_dieta_in_america

Terakhir ada stroopwafel, yakni makanan ringan khas Belanda yang terbuat dari adonan tepung, susu, gula dan telur. Stroopwafel merupakan jenis wafel renyah ditumpuk kemudian di tengahnya diberi semacam sirup. Saat mencicipi kudapan ini, kamu akan merasakan aroma kayu manis yang cukup kuat.

Uniknya, masyarakat di Belanda punya cara khusus untuk menyantap stroopwafel. Yakni dengan meletakannya di atas cangkir kopi, teh atau cokelat yang masih beruap panas. Dengan begitu, sirup yang berada di dalam kue ini akan melunak dan ketika digigit bisa lumer di mulut. Wah, wajib borong banyak ya stroopwafel-nya buat dibagi ke teman-teman.

Itu tadi tujuh rekomendasi oleh-oleh khas negeri Kincir Angin, yang bisa banget kamu jadikan buah tangan saat melancong ke Belanda. Kira-kira, mana nih yang paling menggoda menurutmu?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Bunga Tulip yang Indah Saat Berkunjung ke Belanda

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya