Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

Udaranya sejuk, jauh dari hingar-bingar kota

Tawangmangu merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Letaknya yang berada di lereng sebelah barat gunung Lawu, membuat tempat ini terkenal dengan udaranya yang sejuk dan dingin. Bahkan mayoritas hotel di sana tidak menyediakan Air Conditioner (AC), karena udara akan lebih lagi dingin menjelang malam hingga pagi hari.

Selain tersohor akan cuacanya yang sejuk, Tawangmangu juga menyimpan banyak obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Seperti tujuh di antaranya berikut ini, kalau kamu berminat menepi ke Tawangmangu, perjalanan menggunakan kendaraan pribadi memakan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Solo, ya.

1. Air terjun Grojokan Sewu

5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmuinstagram.com/gogo_gzli

Salah satu obyek wisata andalan Tawangmangu yang tersohor, adalah air terjun Grojogan Sewu, yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Disebut demikian karena memang debit air yang mengalir di air terjun ini selalu melimpah, bahkan pada musim kemarau. Grojokan Sewu sendiri mempunyai arti pancuran seribu. Letak obyek wisata ini berada di desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Ada dua rute yang bisa kamu tempuh untuk menuju Grojogan Sewu. Yakni melalui pintu atas, bagi kalian yang mengendarai mobil pribadi atau rombongan naik bus. Tapi hati-hati, karena di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun akan terdapat banyak kera liar yang bergelantungan di pohon. Sebaiknya kamu tidak membawa makanan ringan atau pisang, karena kera-kera tersebut bisa mengambilnya secara paksa.

Kedua, melalui jalur bawah untuk kamu yang mengendarai sepeda motor. Pintu ini dirasa lebih aman, karena kera yang ada tak sebanyak pintu masuk atas. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik sekitar Rp15 ribu per orang. Sementara untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp160 ribu per orang.

Tak hanya menikmati keindahan air terjun Grojokan Sewu, di sini juga tersedia waterpark, kolam renang dan beberapa tenda penjual makanan, yang menjajakan masakan khas Tawangmangu yakni sate kelinci. Tapi tenang, bagi kamu yang gak tega mencicipinya, ada pula sate ayam kok.  

2. Lawu Park 2

5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmuinstagram.com/livia_destyana

Terbaru, ada obyek wisata Lawu Park 2 yang terletak di kawasan Bulakrejo Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Obyek wisata alam ini baru saja dibuka pada awal bulan Juni 2019 lalu, dan sukses menyedot antusiasme pengunjung. Lawu Park 2 terletak di kawasan hutan pinus di lereng gunung Lawu, maka tak heran bila suasananya sangat asri dan sejuk.

Ada banyak taman yang tersedia, di antaranya taman kelinci, taman domba dan taman tematik. Di sana, para pengunjung bisa bebas selfie. Ada pula spot foto andalan yang diberi nama Snow in the Jungle, atau salju di tengah hutan.

Harga tiket masuk ke obyek wisata alam ini sebesar Rp20 ribu. Saat ini, tahap pembangunan Lawu Park 2 masih berjalan 60%. Nantinya, akan ada fasilitas lain seperti penginapan, foodcourt serta mushola. Tertarik berkunjung ke sana?

Baca Juga: 6 Istilah Pakaian Adat Jawa Tengah yang Harus Kamu Ketahui

3. Wisata Bukit Sekipan

5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmuinstagram.com/bukitsekipan

Kawasan wisata Bukit Sekipan terletak di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Selain terkenal sebagai lokasi favorit untuk berkemah, wisata Bukit Sekipan ini juga menawarkan aneka wahana permainan. Sebut saja kampung hallowen, taman lampion, miniatur dunia, watterboom, sepeda air, hingga studio film 8 dimensi. Harga tiket masuk dibanderol Rp60 ribu per orang, namun harga itu belum termasuk dengan tiket masuk wahana yang ada, ya.

Jika kamu dan keluarga ingin menghabiskan malam di Bukit Sekipan, tersedia pula penginapan dengan beberapa pilihan tipe kamar. Mulai dari wisma Small room seharga Rp350 ribu per malam, hingga Titanic room dengan harga Rp550 ribu per malam.

4. Rumah Atsiri

5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmuinstagram.com/rachelle.gracia

Buat kamu yang tertarik dengan tanaman bunga, wajib banget masukan Rumah Atsiri ke dalam list, kunjungan wisata saat berada di Tawangmangu. Rumah Atsiri sendiri terletak di Jl. Watusambang, Watusambang, desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sebelum menjadi tempat wisata edukasi seperti sekarang, dulunya Rumah Atsiri merupakan sebuah pabrik yang dibangun pada tahun 1967, atas kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Bulgaria. Pabrik tersebut digunakan untuk membuat minyak atsiri dari bahan baku serai wangi dan tamanaman lainnya.

Saat ini Rumah Atsiri dibuka untuk umum, dan menyediakan tour wisata edukasi mengenai tanaman atsiri. Seperti di antaranya ada kayu putih, serai, rosmarin, mint, marigold, mawar, pala, jinten, lavender, arum dalu, dan cendana. Harga tiket masuk untuk berwisata edukasi di Rumah Atsiri ini sebesar Rp50 ribu per orang. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 wib hingga 17.00 wib.

5. New Balekambang

5 Tempat Wisata di Tawangmangu yang Wajib Masuk Daftar Liburanmuinstagram.com/gpangisthu

Tak jauh dari Wisata Bukit Sekipan, kamu bisa mengunjungi New Balekambang yang terletak di Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Obyek wisata ini bakal memanjakan kamu yang hobi berfoto selfie, karena ada banyak sekali spot foto yang instagramable di sini. Bahkan, obyek wisata yang pada tahun 2015 lalu rampung direnovasi ini, mengusung tema Wisata 1001 Selfie.

Dengan berkunjung ke New Balaikambang, kamu bakal serasa diajak keliling dunia. Karena di sini terdapat miniatur landmark dari berbagai penjuru dunia. Sebut saja Colloseum, Patung Spinx, Menara Eiffel, Menara Pisa, Borobudur, Tembok besar China, patung Merlion, bukit Hollywood dan masih banyak lagi. Dengan pengambilan angle kamera yang tepat, foto kamu bisa mendekati seperti tempat aslinya, lho.

Selain berselfie dengan background ikon-ikon dunia tadi, ada pula fasilitas lain yang ditawarkan oleh pengelola tempat. Seperti ATV, paint ball, flying fox, restoran, dan toilet. Harga tiket masuk, untuk hari biasa seharga Rp12 ribu, sedangkan untuk weekend Rp15 ribu. Harga tersebut belum termasuk untuk tiket ATV dan lain-lain, ya. Tapi kalau kamu hanya ingin melengkapi koleksi foto saja sih, cukup bayar tiket masuknya saja kok. Murah banget, kan.

Jadi gimana, tertarik melancong ke Tawangmangu, Karanganyar? Ingat, bawa baju yang tebal ya karena di sana dingin.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Liburan dengan Budget Terbatas, Patut Dicatat Nih!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You