Comscore Tracker

Informasi Wisata Suraloka Zoo Kaliurang: Lokasi, Rute, dan Tips

Bisa melihat hewan lucu sambil bermain wahana

Suraloka Zoo jadi salah satu tempat wisata yang kini sedang jadi perbincangan banyak orang. Tak heran bila Suraloka Zoo digadang-gadang akan jadi salah satu tempat wisata unggulan di Kaliurang, Yogyakarta.

Menyuguhkan kebun binatang yang dilengkapi berbagai wahana permainan seru jelas menjadi daya tarik tersendiri. Kalau kamu sedang berlibur di Yogyakarta, sempatkan waktu untuk pergi ke Kaliurang guna menyambangi Suraloka Zoo. 

Sebelum ke sana, kamu wajib tahu dulu informasi wisata dari Suraloka Zoo, mulai dari rute perjalanan hingga tips berkunjung ke sana. Dijamin liburanmu jadi lebih menyenangkan, deh!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Wisata Suraloka Zoo Kaliurang: Lokasi, Rute, dan TipsSuraloka Zoo aviary area. (instagram.com/erlinapl_)

Lokasi: Jalan Boyong Nomor 97, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: Rp30 ribu

2. Rute perjalanan menuju Suraloka Zoo 

Informasi Wisata Suraloka Zoo Kaliurang: Lokasi, Rute, dan TipsSuasana di Suraloka Zoo. (instagram.com/xsyrnh)

Kamu tak usah khawatir karena akses jalan menuju Suraloka Zoo sangat mudah ditemukan. Semua tergantung dari mana kamu memulai perjalanannya.

Rute dari Yogyakarta:

Yogyakarta – Jalan Mataram – Jalan Abu Bakar Ali – Jalan Kleringan – Jalan Yos Sudarso – Jalan Faridan Muridan Noto – Jalan Suroto – Jalan Cik Ditiro – Jalan Terban – Jalan Kaliurang – Jalan Boyong – Suraloka Zoo

Rute dari Semarang:

Semarang – tol Semarang Bawen – Jalan M. Sarbini –  Jalan K.H Ahmad Dahlan – Jalan Raya Semarang-Yogyakarta – Jalan Tempel-Turi – Jalan Pakem-Turi – Jalan Turgoto – Jalan Boyong – Suraloka Zoo

Rute dari Solo:

Solo – Jalan Raya Solo-Yogyakarta – Jalan Kaliworo – Jalan Raya Manisrenggo – Jalan Joholanang – Jalan Cangkringan – Jalan Pakem-Kalasan – Jalan Raya Merapi Golf – Jalan Kaliurang Turgoto – Jalan Boyong – Suraloka Zoo

Rute dari Surabaya:

Surabaya – Jalan Raya Surbaya-Madiun – Jalan Tol Salatiga-Kertosono – Jalan Pangeran Diponegoro, Kragilan – exit tol Salatiga-Kertosono atau Semarang-Solo – Jalan Mojosongo Longerit – Jalan Jatinom – Jalan Klaten, Ngupit – Jalan Manis Renggo-Kemalang – Jalan Kaliurang – Jalan Boyong – Suraloka Zoo

Rute dari Jakarta:

Jakarta – Jalan Layang Syeikh Mohammed bin Zayed – Jalan Tol Jakarta-Cikampek – Jalan Tol Cikopo-Palimanan -  Jalan Tol Kanci-Palimanan – Jalan Tol Semarang-Solo - Jalan Pangeran Diponegoro, Kragilan – exit tol Salatiga-Kertosono atau Semarang-Solo – Jalan Mojosongo Longerit – Jalan Jatinom – Jalan Klaten, Ngupit – Jalan Manis Renggo-Kemalang – Jalan Kaliurang – Jalan Boyong – Suraloka Zoo

3. Ada apa saja sih di Suraloka Zoo?

Informasi Wisata Suraloka Zoo Kaliurang: Lokasi, Rute, dan TipsSuraloka Zoo aviary area. (instagram.com/magikavirendra)

Dikonsep mirip dengan taman, Suraloka Zoo menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Tata ruang yang ada benar-benar dikemas secara apik hingga membuat banyak pengunjung kebingungan untuk mengambil gambar. Setiap sudutnya unik banget.

Bisa dibilang tempat ini cocok didatangi bagi kamu yang tak hanya menginginkan rehat sejenak dari penatnya aktivitas, tapi juga untuk yang hobi berfoto. Seperti namanya, Suraloka Zoo jelas punya sederet satwa lucu yang bisa kamu temukan, mulai dari kelinci, rusa totol, badak, burung merak, kambing, merpati, dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga bisa mencoba sensasi seru menangkap bebek peking, menjaring ikan, bahkan berfoto bersama burung sekalipun. Tak hanya menghadirkan satwa, pengunjung bisa menjajal aktivitas outdoor seru, seperti flying fox dengan lintasan yang panjang.

Baca Juga: Informasi Wisata Taman Prestasi Surabaya: Lokasi, Rute, dan Tips

4. Fasilitas yang tersedia di Suraloka Zoo

Informasi Wisata Suraloka Zoo Kaliurang: Lokasi, Rute, dan TipsSuraloka Zoo cafe and resto. (instagram.com/nadia_naila_qiskanaya)

Suraloka Zoo menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti area parkir yang luas, toilet, musala, spot foto, taman, dan kolam ikan. Kalau lelah mengelilingi Suraloka Zoo, kamu bisa mengisi kembali energimu dengan bertandang ke Suraloka Cafe and Resto.

Ada juga playground indoor yang bisa digunakan bermain bagi anak-anak. Tenang, tak perlu khawatir, di sini juga disediakan akses Wi-Fi . Kamu juga bisa merasakan sensasi menginap di Suraloka Zoo dengan menyewa hotel yang ada di sini.

Bagi mereka yang menginap di hotel diberi kesempatan untuk masuk ke Suraloka Zoo secara cuma-cuma alias gratis. Meski demikian, promo ini terbatas disesuaikan dengan kuota kamar yang tersedia.

5. Tips berlibur ke Suraloka Zoo 

Informasi Wisata Suraloka Zoo Kaliurang: Lokasi, Rute, dan TipsSuraloka Zoo. (instagram.com/miracita.ws)

Setelah mengetahui semua informasi wisatanya, saatnya kamu menyimak beberapa tips bila ingin berlibur ke Suraloka Zoo berikut ini.

  1. Usahakan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman, seperti sneakers atau sepatu sandal. Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi demi kenyamanan aktivitas kamu di sini.
  2. Suraloka Zoo belum bisa diakses menggunakan transportasi umum. Kalau kamu ingin kemari tanpa kendaraan pribadi, kamu bisa naik Trans Jogja dan berhenti di Pasar Pakem, lalu melanjutkan dengan ojek.
  3. Bawalah uang yang cukup karena harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu. Tiket masuk juga tidak termasuk ke dalam tiket terusan upayakan untuk terus memantau via akun resmi mereka di media sosial Suraloka Zoo.
  4. Harga makanan yang disediakan di Suraloka Resto and Café cukup terjangkau, kamu tak perlu takut untuk sekadar mencicipi minuman atau makanan di sini. Harga minuman dimulai dari Rp12-70 ribu. Sementara makananya dibanderol dengan harga Rp5-25 ribu.
  5. Supaya bisa menikmati seluruh wahana dengan maksimal, hindari datang di musim hujan. Meski di tempat ini menggabungkan wahana indoor da outdoor, hanya saja kurang puas rasanya bila menyambangi di musim hujan. 
  6. Bila tak ingin berdesak-desakan dengan pengunjung lain, upayakan datang di hari biasa karena umumnya pengunjung akan naik berkali-kali lipat saat akhir pekan tiba.
  7. Tak perlu khawatir, semua wahana yang terdapat di Suraloka Zoo sangat ramah anak.
  8. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan saat berwisata di Suraloka Zoo.

Kawasan Kaliurang di Yogyakarta selalu memiliki kenangan tersendiri yang dapat dirasakan melalui beragam wisatanya, termasuk Suraloka Zoo. Yuk, segera agendakan liburanmu bersama teman, keluarga, atau orang terkasih di tempat ini supaya makin seru!

Baca Juga: Informasi Wisata Pantai Karang Nini: Lokasi, Rute, dan Tips

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya