Comscore Tracker

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

Yuk, wisata ke museum setelah pandemi #LokalIDN

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, yaitu destinasi wisata sejarah berupa museum. Destinasi wisata museum hampir ada di setiap provinsi.

Tidak semua museum di Indonesia bertemakan kepahlawanan, beberapa museum di Indonesia memiliki tema unik sehingga mampu mencuri perhatian wisatawan yang akan berkunjung.

Penasaran ada apa saja? Yuk simak tujuh museum unik yang ada di Indonesia berikut ini!

1. Museum layang-layang

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum VirtualMuseum layang-layang (instagram.com/chenduolll)

Museum layang-layang merupakan sebuah museum yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan.  Tujuan didirikannya museum ini yaitu untuk melestarikan tradisi layang-layang di Indonesia. 

Di museum ini terdapat ratusan koleksi layang-layang dengan berbagai ukuran. Selain layang-layang tradisional, di museum ini juga terdapat layang-layang dengan bentuk yang modern.

Selain melihat layang-layang, pengunjung yang datang juga dapat membuat layang-layangnya sendiri di museum ini. 

2. Museum tsunami

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum VirtualMuseum tsunami (pixabay.com/saifulmulia-122995)

Museum tsunami menjadi salah satu museum yang populer di Indonesia. Museum Tsunami Aceh merupakan sebuah sebuah monumen simbolis untuk mengenang tragedi gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh 2004 silam. 

Selain untuk mengenang bencana tsunami yang pernah terjadi, tujuan dibangunnya museum ini juga sebagai pusat pendidikan dan pusat evakuasi jika terjadi bencana tsunami. Museum ini terdiri atas beberapa ruangan yang bakal bikin pengunjung terenyuh. 

3. Museum sisa hartaku

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum VirtualMuseum sisa hartaku (instagram.com/fenticn)

Museum sisa hartaku merupakan sebuah museum mini yang berlokasi di lereng gunung merapi. Museum ini menjadi saksi bisu dari kedahsyatan letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

Museum sisa hartaku berdiri di sebuah rumah milik warga setempat yang juga terkena dampak erupsi. Di dalam museum ini pengunjung akan melihat sisa-sisa benda yang menjadi bukti dari dahsyatnya erupsi merapi di tahun 2010 tersebut.

Di museum ini terdapat bukti berupa foto-foto, kerangka hewan, sepeda motor, dan benda-benda lainnya. 

Baca Juga: 7 Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Museum Sepuluh Nopember

4. Museum jenang

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum VirtualMuseum jenang (instagram.com/museum_jenang_mubarok)

Museum Jenang merupakan salah satu museum yang ada di daerah Kudus. Jenang adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Kudus. Museum jenang ini didirikan oleh sebuah perusahaan yang memproduksi jenang di Kudus.

Museum ini menampilkan sejarah jenang, proses pembuatan, hingga peralatan yang digunakan untuk membuat jenang dari masa ke masa. Di dalam museum ini juga terdapat miniatur dari menara kudus, rumah adat kudus, dan beberapa informasi menarik lainnnya mengenai daerah Kudus.

Selain berwisata, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh berupa Jenang yang di produksi di tempat ini serta barang-barang dari UMKM. 

5. Museum nyamuk

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum VirtualMuseum nyamuk (instagram.com/sumarwoto_mypnd)

Museum nyamuk merupakan tempat wisata ilmiah yang diprakasai oleh litbangkes Pangandaran. Di museum ini terdapat berbagai jenis nyamuk dari beberapa daerah di Indonesaia. Selain itu, di Museum Nyamuk juga terdapat beberapa tanaman obat pengusir nyamuk. 

Di museum Nyamuk ini pengunjung akan diberikan edukasi mengenai jenis-jenis nyamuk, jenis-jenis telur nyamuk, larva, dan pupa. Selain belajar tentang nyamuk, di sini pengunjung juga dapat menyaksikan pemutaran video edukasi seputar nyamuk. 

6. Museum angkut

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum VirtualMuseum angkut (dok.pribadi/FadhilaLuqyana)

Berbeda dengan konsep museum pada umumnya, Museum Angkut memiliki konsep museum yang modern. Museum yang berlokasi di kota Malang ini menyajikan berbagai moda transportasi Indonesia dari masa ke masa. Selain moda transportasi lokal, moda transportasi dari beberapa negara juga ada di museum ini. 

Tidak hanya menikmati sejarah, di Museum Angkut ini terdapat berbagai zona yang membuat pengunjung seolah-olah sedang berkeliling dunia. Selain itu, pengunjung juga dapat menyicipi berbagai kuliner dan menonton pertunjukan keren yang disediakan.

7. Museum gastronomi

7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtualdok.Museum gastronomi.id (museumgastronomi.id)

Museum gastronomi Indonesia merupakan museum virtual yang menyajikan informasi mengenai sejarah, asal-usul, dan proses akulturasi dari berbagai masakan Indonesia. 

Yang unik dari museum virtual ini pengunjung seolah-olah sedang berada dalam museum sungguhan karena tiap ruangan dapat diputar 360 derajat. Pengunjung juga akan mendapatkan informasi melalui penayangan video pada gambar-gambar bertanda khusus. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat ilustrasi berbagai makanan secara tiga dimensi.  

Itu dia tujuh museum unik di Indonesia. Beberapa museum di atas bisa jadi referensi wisata tujuanmu setelah pandemi berakhir. Kamu tertarik untuk berkunjung ke museum mana?

Baca Juga: Wisata Edukasi, Liburan ke 5 Museum Bencana Alam Ini Pas untuk Belajar

fadhila luqyana Photo Verified Writer fadhila luqyana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya