Comscore Tracker

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Aurora

Musim dingin adalah waktu yang paling tepat

Aurora merupakan sebuah fenomena alam dimana pancaran cahaya (biasanya berwarna kehijauan atau kemerahan) yang menyala di lapisan ionosfer. Hal ini diakibatkan oleh adanya interaksi antar medan magnet yang dimiliki planet tersebut dengan partikel angin surya yang dipancarkan oleh matahari.

Aurora dapat ditemukan di dekat kutub bumi dan sangat jarang muncul di wilayah garis ekuator. Aurora di wilayah Kutub Utara disebut sebagai Aurora Borealis sedangkan aurora di wilayah selatan disebut sebagai Aurora Australis. Berikut beberapa wilayah terbaik di bumi untuk menyaksikan fenomena aurora ini.

1. Islandia

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Auroraicelandnaturally.com

Islandia merupakan negara kecil yang berada di wilayah arktik. Reykjavik yang merupakan ibukota Islandia juga dinobatkan sebagai ibukota negara yang letaknya paling utara di bumi.

Lokasinya yang berdekatan dengan kutub utara menjadikan Reykjavik sebagai wilayah yang sangat sesuai untuk menikmati aurora. Lokasi paling populer adalah di Mercusuar the Grotta. Waktu paling tepat untuk menikmati aurora adalah mulai akhir Agustus hingga awal April.

2. Norwegia

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Auroratravelandleisure.com

Masih di wilayah Eropa, Norwegia juga memiliki beberapa lokasi yang sangat cocok untuk menikmati indahnya aurora. Lokasi yang paling populer antara lain Ersfjordbotn yang berada 12 mil dari kota Tromso. Selain itu ada juga pulau Lofoten, wilayah utara Alta, Nordkapp, dan Kirkeness.

Waktu paling tepat untuk berkunjung adalah mulai pertengahan September hingga akhir Maret.

3. Swedia dan Finlandia Utara

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Auroratatulappalainen.fi

Finlandia dan Swedia merupakan dua negara yang berada di wilayah Skandinavia. Bagian utara kedua negara ini berbatasan langsung dengan Samudera Arktik dan sangat dekat dengan Kutub Utara. Dengan demikian, pemandangan langit dengan aurora sudah bukan hal yang aneh di kedua negara ini.

Kesempatan terbaik untuk menyaksikan aurora dari lokasi ini dimulai dari akhir Agustus hingga awal April di setiap tahunnya. Lokasi paling populer di Finlandia untuk menyaksikan aurora ada di wilayah Oulu.

Baca Juga: 10 Keindahan Alam Indonesia yang Ada Kembarannya di Luar Negeri

4. Greenland

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Auroraguidetogreenland.com

Bergeser sedikit kearah barat, Greenland yang merupakan pulau paling besar di dunia ini juga merupakan lokasi yang sangat cocok untuk berburu aurora.

Waktu paling sesuai untuk datang kesini adalah mulai pertengahan Agustus hingga akhir april untuk aurora di wilayah selatan Greenland, dan akhir Agustus hingga pertengahan April untuk wilayah Nuuk.

5. Yellowknife, Kanada

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Aurorainternationaltraveller.com

Kanada merupakan surga untuk menikmati keindahan aurora. Hal ini berkat lokasinya yang berada di wilayah utara dan minimnya polusi cahaya di wilayah ini. Lokasi favorit untuk menikmati aurora adalah di danau Great Slave, Wood Buffalo, dan taman nasional Jasper.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah mulai pertengahan Agustus hingga akhir April. Sedangkan untuk wilayah Churchill dan Wood Buffalo mulai awal Agustus hingga awal Mei.

6. Fairbanks, Alaska

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Auroraexplorefairbanks.com

Alaska merupakan negara bagian Amerika Serikat yabg wilayahnya sebagian besar berupa daratan es. Fairbanks yang langitude-nya terletak hanya 2 derajat dibawah arktik juga memiliki panorama aurora yang tak kalah indah. Disini juga ada tour yang membawa wisatawan menjauh dari lampu kota, agar bisa menyaksikan aurora dengan lebih baik.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah mulai akhir Agustus hingga awal April.

7. Pulau Tasmania dan Selandia Baru

7 Lokasi Terbaik dari Seluruh Dunia untuk Menikmati Auroraedition.cnn.com

Bukan hanya wilayah utara saja yang memiliki aurora, wilayah selatan juga memiliki aurora yang tak kalah indah. Hanya saja lokasi pengamatan di wilayah selatan sangat jarang, sehingga aurora Australis di wilayah selatan kalah populer dengan aurora Borealis di wilayah utara.

Pulau Tasmania, Australia dan Selandia Baru merupakan lokasi yang paling cocok untuk menikmati aurora Australis dengan memiliki warna kemerahan yang lebih dominan. Waktu terbaik untuk menikmati aurora Australis adalah saat musim dingin, yaitu sekitar bulan Maret hingga September.

Apakah kalian akan berencana menikmati White Christmas ditemani cahaya aurora? 

Baca Juga: Gak Kalah dengan Bumi, Inilah 5 Aurora Menakjubkan di Tata Surya

Atavya Photo Community Writer Atavya

I'm the star of my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You