Comscore Tracker

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellington

Bisa kamu pertimbangkan saat liburan ke Selandia Baru

Selandia Baru merupakan salah satu negara tujuan wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan wahana atraksi ekstremnya. Wellington sebagai ibukota negara juga menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi.

Menurut majalah ceoworld, Selandia Baru termasuk 20 besar negara dengan biaya hidup yang tinggi. Untuk berhemat tipis-tipis, yuk manfaatkan tempat wisata gratis yang bisa kamu sambangi saat ke Wellington. Berikut daftar tempat wisatanya.

1. Museum Te Papa

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtontepapa.govt.nz

Museum Te Papa merupakan museum nasional Selandia Baru. Terletak di tepi laut Kota Wellington, bangunan museum berdiri megah dengan 5 lantai dan 1 lantai tambahan untuk melihat pemandangan tepi laut dari ketinggian.

Di sini kamu bisa menemukan kekayaan kebudayaan Maori yaitu suku pertama yang tinggal di Selandia Baru, dimulai dari gaya hidup, upacara adat, kesenian, hingga replika rumah adat Suku Maori. Keadaan alam Selandia Baru yang rawan gempa serta kekayaan flora dan fauna juga bisa dipelajari.

Selain itu, partisipasi Selandia Baru dalam perang dunia hingga sejarah Pasifik juga tidak terlewat, ditampilkan secara menarik oleh para pengrajin seni.

2. Brooklyn Wind Turbine

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtonteara.govt.nz

Kota Wellington memiliki julukan sebagai "Windy Wellington' karenakondisi alamnya yang kerap kali berangin kencang hampir di berbagai musim. Oleh karena itu, kincir angin atau wind turbine menjadi salah satu sumber listrik bagi mayoritas rumah di Wellington.

Wisata kincir angin menjadi salah satu pilihan yang menarik karena berlokasi di bukit yang tinggi. Selain untuk melihat kincir angin bekerja, juga bisa melihat keindahan kota Wellington dari ketinggian. Wisata ini terbuka untuk publik.

Kincir angin Brooklyn merupakan salah satu kincir angin tertua di Selandia Baru. Walaupun pada tahun 2016 kincir telah diganti dengan kincir angin yang telah ditingkatkan kapasitasnya.

3. Red Rocks Reserve

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtonnewzealand.com

Red rocks reserve cocok untuk yang menyukai hiking dan pantai. Berlokasi di bagian Selatan  Wellington, kamu akan dibawa menelusuri pantai dengan kondisi geologis yang berbukit-bukit. Sepanjang pantai kamu juga akan disuguhi pemandangan indah bebatuan, bukit-bukit, dan suara air pantai.

Perjalanan bisa diawali dari Teluk Owhiro hingga ke Red rocks. Red rocks seperti namanya yaitu bebatuan berwarna merah. Terbentuknya bebatuan ini sarat dengan cerita rakyat Maori, batu yang berwarna merah karena darah. Selain itu, jika kamu beruntung kamu bisa menemui koloni anjing laut yang sedang berenang atau berjemur di bebatuan.

Baca Juga: 6 Film tentang Suku Maori, Selandia Baru yang Jarang Diulas

4. Wellington Waterfront

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtonnzedugroup.com

Sesuai namanya, Wellington Waterfront merupakan destinasi wisata tepi laut. Tempat ini berupa tepi laut yang sepanjang tepinya bisa kamu temui berbagai macam monumen, kapal-kapal di pelabuhan, fountain dan toko-toko.

Lokasi Wellington Waterfront dekat dengan pusat kota. Tidak jauh dari tempat ini kamu bisa menemui cafe dan restoran dengan pemandangan langsung ke laut hingga berbagai macam museum dan gedung seni.

Setiap harinya banyak pejalan kaki ataupun orang yang sedang jogging menyusuri tepi laut. Sebelum ke tempat ini jangan lupa cek cuaca karena kondisi alam di Wellington seringkali berangin yang sangat kencang.

5. Mount Victoria Lookout

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtonwellington.govt.nz

Mount Victoria adalah bukit yang berada di sebelah timur dari pusat Kota Wellington. Tempat ini merupakan salah satu tempat ikonik kota Wellington. Melalui ketinggian di bukit ini kamu bisa melihat pemandangan pelabuhan, laut, dan kota Wellington yang sangat indah.

Selain itu, sembari menikmati pemandangan kamu bisa mendapat pengetahuan melalui papan informasi mengenai sebagian kecil sejarah Selandia Baru.

Mount Victoria juga menjadi favorit para pegiat olahraga hiking dan sepeda gunung. Hal ini dikarenakan akses menuju tempat ini melalui jalur mendaki yang dikelilingi hutan pinus. Tapi jangan khawatir, untuk menuju Mount Victoria juga bisa menggunakan mobil atau bis.

6. Wellington Botanic Garden

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtonnewzealand.com

Wellington Botanic Garden atau bisa disebut Kebun Raya Wellington merupakan kebun yang sama seperti halnya kebun raya yang ada di Bogor. Kebun raya ini dipenuhi berbagai macam tanaman. Hal yang membedakan adalah kondisi geologis tempat ini yang berbukit-bukit dan di desain indah sesuai jenis hutan.

Kamu bisa menemukan hutan asli dengan pepohonan khas Selandia Baru, kebun mawar, rumah kaca untuk tanaman tropis, kolam bebek hingga taman peringatan untuk para perintis.

Untuk mengakses tempat ini kamu bisa menaiki cable car yang didesain dengan khas. Selain itu di kawasan kebun raya ini terdapat museum cable car dan space place. Space place mirip seperti planetarium yang ada di Jakarta, tapi untuk masuk kamu harus bayar.

7. Massey Memorial

Liburan Murah Selandia Baru, 7 Tempat Wisata Gratis di Wellingtoneventfinda.co.nz

Massey memorial merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang Perdana Menteri Selandia Baru William Ferguson Massey. Hal yang menarik adalah bangunan monumen seperti panggung yang terbuat dari marmer putih yang dibangun di atas dasar granit abu-abu gelap. Terdapat foto dan tulisan-tulisan untuk mengenang beliau.

Tempat ini menjadi tujuan wisata karena selain indahnya bangunan monumen, juga letak monumen yang berada di atas bukit. Untuk menuju monumen tersebut kamu harus menyusuri jalur menanjak yang dikelilingi pohon-pohon dan bunga. Di ketinggian ini kamu bisa melihat indahnya laut dan kota Wellington.

Tempat wisata di kota Wellington memang sarat dengan jalan kaki, mendaki bukit, sejarah, dan keindahan alam. Menikmati wisata gratis di kota Wellington selain bikin sehat di kantong, juga bisa membuatmu lebih rileks. Kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu nih?

Baca Juga: 5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selera

Baca Juga: 5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selera

Itta Atti Photo Writer Itta Atti

Do the best !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya