Comscore Tracker

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin Segar

Libur kapan ya?

Sulawesi Tengah dengan ibukotanya Palu juga menyimpan sejuta pesona wisata yang siap untuk di eksplore. Keberadaannya yang dekat dengan teluk Palu dan tengah-tengah Pulau Sulawesi menghasilkan landscape cantik nan memukau. Tidak ada salahnya kamu siap-siap dari sekarang untuk mendatangi Sulawesi Tengah di musim liburan yang akan datang. Beragam wisata Sulawesi Tengah ini sayang jika kamu lewatkan.

1. Pantai Talise

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: willgoto.com

Destinasi wisata Sulawesi Tengah yang bisa kamu datangi di Palu adalah tentu saja pantai, karena Palu adalah daerah yang berada di pinggir laut. Salah satunya adalah Pantai Talise yang merupakan pantai paling favorit di Palu. Di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang. Jadi kamu sangat bisa menikmati pantainya dengan berenang dan melihat sunset.

2. Pantai Tanjung Karang

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: pasirpantai.com

Pantai wisata Sulawesi Tengah berikutnya dalah Pantai Tanjung Karang yang terletak di teluk Palu, hanya berjarak sekitar 40 menit dari Kota Palu. Di pantai ini kamu akan melihat pantai dengan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya.

3. Sou Raja

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: nrmilasari.blogspot.com

Kalau mau melihat kebudayaan Palu jaman dahulu kamu bisa mengunjungi Sou Raja. Tempat ini merupakan rumah yang menjadi tempat tinggal para raja bangsawan Palu. Rumah ini dibangun dengan menggunakan material kayu sebagai bahan bangunan dengan atap berbentuk segitiga. Sou Raja terletak di wilayah Palu Selatan yang bisa ditempuh dalam waktu yang singkat.

4. Pulau Pasoso

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: jalanjalanyuk.com

Wisata Sulawesi Tengah yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus meliihat keberadaan hewan-hewan lokal seperti penyu. Pulau ini disebut juga pulau penyu hijau karena di pulau ini terdapat banyak penyu hijau. Setiap bulan September dan November pulau ini dipadati pengunjung yang ingin melihat penyu-penyu bertelur.

5. Pusentasi Pusat Laut Donggala

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: bukanhanya.com

Hal menakjubkan yang ada di Palu ini juga harus lamu datangi yaitu Pusentasi Pusat Laut Donggala. Pusentasi ini adalah sebuah sumur air laut yang ada di daratan dengan air yang terasa asin dan jernih. Wisata Sulawesi Tengah ini bisa dicapai hanya dalam waktu 45 menit dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Palu. Kamu juga bisa berenang di Pusentasi ini.

6. Taman Nasional Lore Lindu

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: epictio.com

Kalau kamu mau menikmati yang hijau-hijau di Palu maka cobalah berkunjung ke Taman Nasional Lore Lindu. Di wisata Sulawesi Tengah ini kamu bisa menemukan banyak hal menarik lainnya yang bisa di eksplore yaitu Lembah Besoa, danau Lindu, Lembah Saluki, Lembah Bada, Lembah Napu, Danau Lewuto, Gunung Nokilalaki, Gunung Rorekatimbo, dan Sungai Lariang.

Baca Juga: Wow! Ini 11 Tempat Wisata di Sulawesi Utara yang Harus Kamu Kunjungi

7. Museum Sulawesi Tengah

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: kekunaan.blogspot.com

Wisata Sulawesi Tengah berupa museum juga bisa lho di Palu. Berkunjung saja ke Museum Sulawesi Tengah yang terletak di Kota Palu. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai macam koleksi purba dan peradaban masyarakat Sulawesi Tengah pada jaman dahulu.

8. Danau Poso

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: indonesiawow.com

Salah satu danau terbesar di Indonesia ini yaitu Danau Poso juga bisa kamu kunjungi. Danau air tawar yang berada di Kabupaten Poso ini sangat sayang untuk dilewatkan karena keindahannya.

9. Air Terjun Saluopa

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: yukpegi.com

Wisata Sulawesi Tengah berupa air terjun juga ada lho. Yups kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Saluopa yang menyuguhkan pemandangan air terjun dua susun dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh hutan yang kaya akan flora dan fauna.

10. Pulau Lutungan

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: djabli.blogspot.com

Satu lagi pulau tujuan yang bisa kamu kunjungi yaitu Pulau Lutungan yang terletak di arah barat Toli-Toli Sulawesi Tengah. Air laut yang jernih dan pasir putih mengelilingi Pulau Lutungan. Pulau ini dianggap keramat oleh masyarakat dan sering didatangi untuk mencari berkah.

11. Jembatan Palu IV

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: chandrax.blogspot.com

Jembatan Palu IV juga sering dijadikan sebagai tujuan wisata di Palu. Jembatan ini adalah landmark paling terkenal dari Kota Palu yang ramai dikunjungi para wisatawan hanya untuk sekedar mengambil foto. Namun sayang, salah satu wisata Sulawesi Tengah ini roboh akibat gempa pada tahun 2018 silam.

12. Pantai Taman Ria

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: akjappajappa.blogspot.com

Beragam kuliner lezat yang berjejer di sepanjang garis pantai menjadi daya tarik Pantai Taman Ria. Pantai ini terletak di sekitar jembatan Palu IV yang menghadap ke arah timur. Di pantai ini juga terdapat beberapa kafe yang ramai dikunjungi pada malam hari.

13. Tugu Nosarara Nosabatutu

13 Wisata Sulawesi Tengah yang Bikin Matamu Makin SegarSumber Gambar: greatnessindonesia.com

Tugu ini berada di ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut tepatnya di bukit Jabal Nur yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Palu. Di sekitar tugu ini juga terdapat beberapa area rekreasi menarik seperti bumi perkemahan, lokasi konser, ATV Track, arena balap motor cross, lapangan olahraga tembak dan taman.

Lengkap banget kan destinasi wisata Sulawesi Tengah ini. Bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya deh.

Baca Juga: 31 Tempat yang Tidak Terduga di Indonesia ini Harus Jadi Tujuan Bulan Madu Kamu dan Si Dia!

Topic:

  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya