Comscore Tracker

Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa Pulang

Nomor 5 paling diincar semua wisatawan!

Mungkin baru sedikit dari kalian yang pernah mengunjungi Lasem. Padahal, Lasem merupakan kota tua yang menyimpan 1000 sejarah di dalamnya. Saat mengunjungi Lasem, kalian bisa melihat deretan rumah kuno yang kini dijadikan sebagai cagar budaya, menikmati ombak di pantai, makan lontong Tuyuhan, dan tentunya membeli berbagai oleh-oleh khas Lasem, seperti yang berikut ini:

1. Sirup kawista

Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa Pulangm.omiyago.com

Oleh-oleh pertama yang wajib kalian bawa dari Lasem yaitu Sirup Kawista. Sirup ini dibuat dari buah kawista yang dicampur gula dan air, sehingga rasa sirup yang dihasilkan adalah perpaduan antara manis dan asam, walaupun rasa asli buah kawista yang sebenarnya cenderung asam.

Ada banyak merk sirup kawista yang dijual di Lasem, salah satu yang paling terkenal ialah Sirup Kawista cap Dewa Burung. Biasanya, 2 botol sirup Kawista cap Dewa Burung akan dikemas dalam 1 tas kecil dan dijual sekitar Rp51.000.

2. Limun kawis

Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa PulangInstagram.com/dh.eatntravel

Selain sirup, masih ada minuman lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu limun kawis. Limun kawis merupakan minuman soda asam manis dengan campuran buah kawis, sehingga tak heran jika minuman ini sering disebut sebagai Cola van Java di asal daerahnya.

Satu botol limun kawis biasanya dijual sekitar Rp8.000-an, tapi ada juga beberapa toko yang memberi harga khusus jika kamu langsung membeli satu dus limun kawis.

3. Yopia

Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa PulangInstagram.com/iksamenajang

Jika kamu ingin camilan manis untuk menemani perjalanan pulang setelah berkunjung ke Lasem, jangan lupa untuk membeli yopia. Seperti namanya, yopia merupakan akulturasi kuliner tradisional Tiongkok dan Nusantara.

Kue berbentuk bundar ini memiliki kulit tipis dan dominan gula Jawa di dalamnya, sehingga rasa yang dihasilkan kue ini cenderung manis bercampur gurih. Untuk mendapatkan sebungkus yopia, kamu hanya butuh menyiapkan uang sekitar Rp15,000, lalu segera cari toko oleh-oleh di Lasem ya!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Tradisional Khas Bali yang Unik, Harus Dibawa Pulang!

4. Kacang atom & kacang tis

Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa PulangInstagram.com/rahmah_madkhan

Ada dua jenis kacang yang menjadi jajanan khas Lasem, yaitu kacang atom, dan kacang tis. Kacang atom merupakan kacang tanah yang diolah bersama tepung beras dan tepung tapioka, kemudian dicetak menjadi bulatan kecil, lalu digoreng.

Kacang ini memiliki rasa gurih dan tentunya bikin tambah lagi dan lagi. Sementara kacang tis, atau kadang disebut kacang entis/kacang tislas merupakan olahan kacang dengan bahan dasar kacang tolo yang digoreng.

5. Batik tulis Lasem

Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa PulangInstagram.com/oemahbatiklasem

Setelah puas mencukupi kebutuhan perut, jangan lupa untuk membeli batik tulis lasem yang terkenal akan motifnya yang rumit dan unik itu. Batik tulis di Lasem sudah berkembang sejak masa pendaratan pasukan Cheng Ho, sehingga tak heran kalau batik tulis di sini memiliki motif dan warna yang berasal dari paduan budaya Tiongkok dan Nusantara.

Secara umum, harga batik tulis di Lasem berkisar mulai Rp100.000, tapi ada pula yang harganya mencapai Rp50 juta-an, tergantung pada motif dan proses pengolahan kainnya.

Ternyata, Lasem juga memiliki banyak makanan dan barang yang bisa dijadikan oleh-oleh kan? Jadi, kapan nih berkunjung Tiongkok Kecil di utara Pulau Jawa ini?

Baca Juga: 8 Oleh-oleh yang Wajib Dibawa Pulang Saat Berkunjung ke Papua

Beatrice Annabelle Maureen Photo Community Writer Beatrice Annabelle Maureen

follow ig : @foodloverss___ for yummy foods!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You