Comscore Tracker

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmu

Banyak lho tempat makan halal di Bali

Bali memang sejak dulu dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang tergolong sulit untuk menemukan makanan halal. Ada banyak kekhawatiran wisatawan mengenai rumah makan atau restoran di Bali dalam hal pengolahan dan bahan makanan yang digunakan. Tak jarang para wisatawan yang was-was jika ingin membeli makanan.

Sebagian besar dari wisatawan memilih untuk memesan makanan yang sudah pasti halal seperti warung yang menyediakan lalapan dan masakan Padang. Tapi selain kedua tempat tersebut, masih banyak rekomendasi tempat makan yang halal di Bali yang menjadi favorit dan pengolahan makanannya tidak menggunakan alkohol atau olahan babi. Nah berikut ini adalah beberapa tempat makan yang halal di Bali yang patut untuk dicoba selama liburan.

1. The Halal Boys Petitenget

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmutripadvisor.com

Yap, di daftar pertama ada street food yang lagi hits banget, The Halal Boys yang menyajikan menu khas timur tengah. Meskipun hanya punya tiga pilihan menu, namun rasanya dijamin gak akan mengecewakan. Yang membuat makanan ini istimewa adalah tambahan saus khusus yang menjadikan sajian ini sangat khas. Harganya yang ramah dikantong membuat pengunjungnya harus rela mengantre. The Halal Boys berada di jalan Petitenget No. 8M, Kerobokan, Bali.

2. Tamarind Restaurant

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmutripadvisor.com

Ciri khas dari restaurant ini adalah bangunannya yang terbuat dari anyaman bambu, detail arsitekturnya pun akan membuat pengunjung terpukau. Selain itu, tempatnya yang berada persis di tepi pantai menjadikannya sebagai salah satu tempat makan halal yang ikonik di pulau Bali. Makanaannya pun sangat beragam dan yang terpenting harganya cukup terjangkau.

Terletak di kawasan elit ITDC Nusa Dua, Tamarind Restaurant tentunya punya banyak hal yang membuat pengunjung ingin berlama-lama menikmati makanan dan pemandangan yang disuguhkan.

3. Bale Udang Mang Engking

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmubaleudang.com

Jika ingin menikmati makanan khas Sunda, maka Bale Udang Mang Engking adalah tempat yang paling pas. Tempat makan ini memiliki saung-saung yang terapung diatas danau dan menawarkan suasana sejuk dengan banyak pohon rindang di sekitarnya.

Bermacam sajian seafood akan memanjakan lidah dan yang menjadi favorit disini adalah makanan dengan bahan dasar udang. Pilihan menu yang ditawarkan pun sangat beragam, tidak hanya makanan laut namun juga ada pilihan daging seperti ayam, bebek atau sapi. Di Bali, terdapat dua lokasi Bale Udang Mang Engking yaitu di Ubud dan Kuta. Salah satu yang menjadi daya tarik tempat makan ini adalah harganya yang relatif murah untuk ukuran restoran seafood.

4. Pawon Pasundan

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmutripadvisor.com

Satu lagi tempat makan halal bernuansa Sunda yang ada di Bali yaitu Pawon Pasundan yang berada di Tuban, Kuta. Memberikan kesejukan ala pedesaan, tempat makan ini seakan dunia yang berbeda dari kawasan Kuta dan sekitarnya yang selalu ramai. Menu andalan mereka adalah menu khas Sunda yang sederhana namun sangat nikmat, dan yang paling banyak dipesan adalah sajian ikan gurame yang digoreng renyah dilengkapi dengan nasi timbel yang hangat.

Tempat makan ini juga memiliki saung dengan dekorasi taman yang sejuk dan berada Jalan Kediri No. 2, Tuban tidak jauh dari bandar udara I Gusti Ngurah Rai Bali.

5. Bali Buda

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmutripadvisor.com

Nah buat yang vegetarian, rekomendasi tempat makan halal bagi para vegetarian adalah Bali Buda. Bahan baku yang digunakan oleh Bali Buda adalah hasil tanam sendiri yang ditanam secara organik dan tanpa zat kimia.

Pilihan menu makanan sehat pun sangat banyak seperti pizza, pasta, salad, sandwich, jus, smoothies, susu nabati hingga gelato yang semua tentunya terbuat dari bahan organik. Bali Buda berada di tiga lokasi yaitu Ubud, Kerobokan dan Nusa Dua.

Baca Juga: 4 Resep Olahan Kakul Khas Kuliner Bali Ini Dijamin Bikin Ketagihan

6. Sunda Kelapa Restaurant

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmuimgwonders.com

Sunda Kelapa Restaurant menjadi salah satu favorit wisatawan yang mencari makanan halal di Bali karena harganya yang murah meriah. Ada bermacam-macam menu yang ditawarkan, mulai dari seafood hingga nasi goreng.

Berada di kawasan wisata Kuta, tempat makan ini selalu ramai khususnya oleh wisatawan lokal. Masakan ala rumahan yang mereka sajikan terbukti menjadi kesukaan pengunjung.

7. Jimbaran Seafood Restaurant

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmuthebalibible.com

Tempat berburu seafood yang ikonik di Bali adalah kawasan Kuta Selatan khususnya di daerah Jimbaran. Disepanjang garis pantai Jimbaran terdapat banyak tempat makan yang menawarkan suasana makan romantis dengan pemandangan matahari terbenam.

Menu seafood yang beragam mulai dari olahan kepiting, udang, kerang, ikan hingga cumi semuanya dapat dicicipi dengan harga yang tergolong murah. Ada banyak warung dan restoran yang bisa dijajal diantaranya Menega Cafe, Warung Mami, Bawang Merah Beachfornt dan masih banyak lagi.

8. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmutravelingyuk.com

Dari namanya sudah bisa ditebak jika menu utama yang disajikan adalah nasi ayam. Bukan nasi ayam biasa, tapi nasi ayam yang enak dan pedas dengan banyak sekali penggemar. Jika berkunjung ke Bali, maka wajib untuk menikmati nasi ayam yang berada di Jalan Kayu Jati, Ubud ini.

Seporsi nasi ayam disajikan dengan lawar, yaitu sejenis sayur urap khas Bali, sate lilit dan lauk lainnya yang tak kalah sedapnya. Jika suka pedas, boleh menambahkan sambal yang dijamin akan membuat makin ketagihan.

9. Jempiring Restaurant

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmubali-travelnews.com

Di pusat kota Denpasar terdapat banyak tempat makan halal, namun yang paling recommended adalah Jempiring Restaurant yang berada di hotel Aston Denpasar dengan predikat hotel dengan sertifikasi halal pertama di Indonesia.

Promo yang ditawarkan sangat beragam dengan mengangkat tema dari negara yang berbeda tiap bulannya. Paket spesial yang sangat laris adalah paket makanan dengan tema Italia setiap hari kamis, yang menyuguhkan pilihan pasta, pizza, lasagna dan banyak lagi. Tak kalah dengan makanan Western, aneka makanan Asia dan Nusantara pun dapat dinikmati disini. 

10. Raja Balinese Restaurant

10 Tempat Makan Halal di Bali, Siap Memanjakan Lidahmurajabalirestaurant.com

Jika ingin menikmati makan dengan style fine-dining, maka Raja Restaurant adalah tempat yang tepat. Restaurant ini merupakan restaurant fine-dining pertama di Bali yang mendapatkan sertifikat halal. Mengusung tema halal dalam makanannya, restoran ini memiliki tujuan agar semua orang khususnya bagi yang muslim dapat menikmati cita rasa makanan Bali yang diolah dengan bahan-bahan yang halal.

Kemewahan akan terasa sangat kental dari awal memasuki restoran ini hingga tampilan dan cara penyajiannya, maka tidak salah jika restoran ini telah mendapatkan banyak penghargaan untuk kategori pelayanan, makanan dan dekorasi. Restoran ini berada di hotel Nusa Dua Beach.

Sekarang sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan tempat makan yang halal jika liburan ke Bali. Selain rekomendasi di atas, masih banyak tempat lainnya yang juga menyajikan makanan halal. Liburan ke Bali jangan hanya menjajal pantainya, tapi juga kuliner khas yang tidak ada duanya. Udah siap-siap gagal diet kan?

Baca Juga: Wisata Bali Pulina, Menikmati Kopi Sambil Memandang Sawah di Gianyar

Beatrice Sidik Photo Verified Writer Beatrice Sidik

A Random Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You