Comscore Tracker

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!

Selain Bunaken, tempat lainnya juga gak kalah kece!

Sulawesi Utara merupakan provinsi paling ujung utara dari Pulau Sulawesi dan dikenal sebagai daerah yang mempunyai keindahan alam khususnya pesisir dan bawah laut. Tak lengkap rasanya jika ke Sulawesi Utara tanpa menikmati pesona alam bawah laut dan menjelajah gugusan pulau-pulau yang eksotik. Keberagaman dunia bawah laut yang ditawarkan di wilayah Sulawesi Utara membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Indonesia.

Kebanyakan orang lebih familiar wisata laut di Sulawesi Utara dengan Bunaken. Namun, beberapa tempat wisata laut lainnya juga memiliki daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah rekomendasi tempat laut di Sulawesi Utara yang tak kalah kerennya dari Bunaken.

1. Pantai Abadi

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!webstagramsite.com

Pantai Abadi berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur akan membuat pengunjungnya terpukau dengan pemandangan yang ada. Birunya air laut seakan mengundang untuk berenang dan menyelam guna meraup sebanyak-banyaknya keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Belum lagi pasir putih dan bebatuan yang unik menambah pesona Pantai Abadi. Salah satu keunggulan pantai ini adalah masih sepi dari pengunjung dan belum banyak orang yang tahu sehingga bisa dengan leluasa dijelajahi.

2. Patokan Beach Jiko

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!webstagramsite.com

Pantai ini juga berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang menawarkan pemandangan pasir putih, air yang jernih serta tebing batu yang kokoh nan menawan.  Patokan Beach Jiko belakangan ini ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, tebing yang mengelilinginya pun menambah kesan bagai teluk tersembunyi. Karena letaknya tepat berada di Tanjung Silar, pantai ini harus ditempuh lagi menggunakan perahu nelayan selama kurang lebih 10 menit .

3. Pantai Canada Bitung

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!pikdo.net

Yap, namanya memang sama dengan salah satu negara dan memang nama pantai ini diambil dari nama negara sang pengelola pantai ini yaitu Canada. Batu karang alami yang menjorok ke pantai dan ada pula yang menyerupai gerbong menjadi magnet tempat ini. Karena keunikannya, Pantai Canada banyak dijadikan sebagai lokasi prewedding dan piknik oleh warga sekitar.

4. Pulau Ponteng

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!youtube.com/hanifahdjibran

Pulau Ponteng berada di desa Tumbak Kecamatan Posumaen, Minahasa Tenggara. Pulau indah ini tak berpenghuni namun dikunjungi oleh banyak wisatawan karena letaknya dekat dengan Taman Laut Tumbak. Tempat ini dapat dicapai selama 3 jam perjalanan darat dan dilanjutkan menaiki perahu nelayan selama kurang lebih 30 menit. Pemandangan bawah laut yang ditawarkan pulau ini sangatlah memukau dengan terumbu karang yang cantik dan ikan berwarna-warni akan membuat betah berada di pulau ini.

5. Pulau Mahoro

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!jelajahpulau.com

Keindahan Pulau Mahoro memang tidak diragukan lagi, belum lama ini variety show Korea Selatan, Law of the Jungle, melakukan pengambilan gambar di pulau ini. Pulau Mahoro dapat diakses dengan menyeberang dari Manado ke Pelabuhan Ulu di Pulau Sidan yang termasuk pulau terluar dari perbatasan Indonesia dan Filipina.

Aneka biota laut dan pemandangan yang disuguhkan pulau ini sangatlah menakjubkan. Pulau dengan luas 7 kilometer persegi ini juga tidak berpenghuni  dan banyak ditemukan sisa-sisa benteng Portugis yang telah hancur di sekitar garis pantai.

6. Gunung Api Bawah Laut Banua Wuhu

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!guideplanet.com

Dulunya Banua Wuhu adalah gunung api aktif dengan ketinggian sekitar 400 meter dan benar-benar tak terlihat di permukaan laut pada tahun 1935. Kini, semua permukaan gunung berada dibawah laut di kawasan Pulau Singahe. Tempat ini merupakan spot diving favorit bagi para pecinta aktivitas uji nyali.

Menyelam sambil menikmati gunung api yang masih aktif dapat dilakukan di Banua Wuhu. Air yang hangat akan menyapa kulit dan pemandangan terumbu karang yang masih bisa hidup di suhu air tersebut tersaji dengan apik. Gelembung-gelembung yang keluar dari gunung api ini memiliki suhu yang panas sehingga batas penyelaman yang dilakukan hanya sekitar 20 meter.

Baca Juga: Lupakan Bunaken, Bawah Laut Tulamben Bali Ini Bikin Takjub

7. Pantai Paal

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!pantainesia.com

Pantai Paal atau Pal adalah salah satu pantai yang baru dibuka dan berada di Desa Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantainya akan membuat pengunjung terpesona ditambah dengan deburan ombak dari air laut yang jernih menjadi sambutan yang akan didapat ketika mengunjungi pantai ini.

Di Pantai Paal juga telah ada watersport seperti banana boat dan UFO boat bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Sunrise yang disuguhkan pantai ini juga sayang untuk dilewatkan.

8. Pantai Malalayang

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!indonesiakaya.com

Pantai Malalayang berada di sebelah selatan kota Manado. Yang menjadi primadona di pantai ini adalah pemandangan sore hari ketika matahari terbenam sangatlah memukau. Ombak yang tenang dan suasana yang sejuk, sangat nyaman untuk bersantai keluarga sambil menikmati jajanan pinggir pantai. Karena jaraknya yang tak jauh dari pusat kota, pantai ini selalu ramai pengunjung terlebih ketika akhir pekan.

9. Pantai Pulisan

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!ksmtour.com

Pantai Pulisan dibuka untuk umum pada awal tahun 2014 dan telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung dengan keindahan yang dimilikinya. Berada di Likupang Minahasa Utara, ditempuh selama 2 jam perjalanan dari pusat kota Manado.

Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik di Sulawesi Utara untuk snorkeling. Terumbu karang yang cantik memesona pengunjung bahkan di tempat yang dangkal sekalipun. Keeksotisan pantai ini makin dipertegas dengan tebing karang yang menjulang. Pantai ini dikelola oleh masyarakat desa Pulisan dan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang memadai.

10. Pulau Lembeh

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!lembehresort.com

Pulau Lembeh yang terletak di Kota Bitung ini dikenal karena memiliki banyak spot menyelam yang sangat indah, biota lautnya yang beragam tak kalah cantiknya dengan Bunaken. Diving dan snorkeling adalah kegiatan wajib yang dilakukan ketika mengunjungi pulau ini. Jika ingin menjelajahi pulau Lembeh lebih lama, di sekitar pulau ini juga terdapat banyak penginapan yang tentunya memiliki pemandangan laut yang tak kalah menakjubkan.

11. Taman Laut Tumbak

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!phinemo.com

Taman Laut Tumbak sering dijuluki sebahai kembaran Bunaken karena keindahan bawah laut yang dimilikinya sangat indah, bedanya adalah Taman Laut Tumbak memiliki sebuah bukit yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati pemandangan laut biru dan jajaran pulau eksotis.

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Laut Tumbak ini adalah snorkeling, menyelam dan memancing. Di sini juga terdapat padang savana yang cocok untuk mencari suasana yang sunyi karena belum banyak orang yang tahu.

 

12. Pulau Lihaga

12 Rekomendasi Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Utara, Indah Banget!superadventure.co.id

Pulau ini berada di Gangga Satu, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Untuk mencapai pulau ini harus menempuh 2 jam perjalanan dari pusat kota Manado dan dilanjutkan dengan menaiki perahu nelayan dari pelabuhan Serei.

Waktu tempuh perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan laut yang ditawarkan oleh Pulau Lihaga. Pulau ini akan memanjakan mata dengan hamparan pasir putih di sepanjang garis pantainya dengan laut biru yang tak kalah cantiknya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Sulawesi Utara. Tak usah takut akan urusan akomodasi dan transportasi, menggunakan jasa travel agent akan sangat membantu untuk menjelajah alam bawah laut dan pulau-pulau cantik nan memukau. Petualangan seru menunggumu di Sulawesi Utara!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel dengan View Terbaik di Likupang, Sulawesi Utara

Beatrice Sidik Photo Community Writer Beatrice Sidik

A Random Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You