Comscore Tracker

5 Landmark di Pachuca, Meksiko yang Menyejukkan Mata

Pachuca merupakan kota tambang yang unik

Meksiko menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi turis mancanegara lantaran memiliki beragam destinasi wisata. Salah satu kota yang tak kalah menarik dikunjungi di Meksiko adalah Pachuca yang terletak di negara bagian Hidalgo.

Kota yang bernama lengkap Pachuca de Soto ini sudah terbentuk sejak ditemukannya lokasi pertambangan yang dikenal dengan Mineral del Monte di abad ke-16. Kota berpenduduk 270 ribu jiwa yang menjadi ibu kota Hidalgo ini dikenal memiliki landmark yang unik bekas peninggalan kolonial Spanyol. 

Berikut beberapa landmark khas dari Kota Pachuca, Hidalgo yang pastinya tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

1. Reloj Monumental de Pachuca

5 Landmark di Pachuca, Meksiko yang Menyejukkan MataReloj Monumental de Pachuca (instagram.com/oscar_dllas)

Pertama terdapat Reloj Monumental de Pachuca yang menjadi landmark utama Kota Pachuca. Bangunan dengan ketinggian 40 meter ini sudah didirikan antara tahun 1904-1910 dan menjadi simbol peringatan kemerdekaan Meksiko dari bangsa Spanyol. 

Monumen yang berupa menara jam ini sangat terkenal dan menjadi simbol Kota Pachuca maupun negara bagian Hidalgo. Selain itu, letaknya persis di tengah Plaza Independencia membuatnya sebagai ikon utama yang harus pertama kali dikunjungi ketika singgah di Pachuca. 

2. Teatro Hidalgo Bartolomé de Medina

5 Landmark di Pachuca, Meksiko yang Menyejukkan MataTeatro Hidalgo (instagram.com/saraitorres20)

Teatro Hidalgo Bartolomé de Medina atau Teatro Hidalgo merupakan landmark yang berlokasi di area pusat kota Pachuca. Sementara itu, bangunan ini terletak persis di tengah Plaza Hidalgo dan tak jauh dari Kantor Gubernur Hidalgo. 

Bangunan yang digunakan sebagai tempat pertunjukan seni ini sudah didirikan pada tahun 1957 dan menghadirkan gaya arsitektur neoklasik. Gedung teater ini diketahui dapat menampung sekitar 500 pengunjung. 

Baca Juga: 5 Landmark di Porto Velho, Brasil yang Punya Gaya Khas

3. Cristo Rey de Pachuca

5 Landmark di Pachuca, Meksiko yang Menyejukkan MataCristo Rey de Pachuca (instagram.com/dimarco3)

Cristo Rey de Pachuca adalah landmark terkenal di Pachuca yang lokasinya berada di puncak bukit Santa Apolonia. Monumen yang sudah diresmikan pada tahun 1996 ini adalah patung Yesus Kristus dengan ketinggian 33 meter. 

Sementara, terdapat legenda di balik pembangunan Cristo Rey de Pachuca ini, di mana pada 1940-an terdapat belasan penambang yang terjebak di dalam tambang. Namun, mereka berdoa dan berjanji untuk mendirikan patung Yesus Kristus apabila berhasil selamat. 

Namun, penambang yang selamat itu baru dapat menepati janjinya untuk mendirikan monumen 40 tahun setelah kejadian kecelakaan itu. Para penambang juga mendapatkan bantuan dari pastor Alfonso Romero Ruiz dan Luis Manuel Willars. 

4. Ex Convento de San Francisco De Asis

5 Landmark di Pachuca, Meksiko yang Menyejukkan MataConvento de San Francisco Centro Pachuca Hidalgo (instagram.com/diegomehdz)

Berikutnya ada Ex Convento de San Francisco De Asis yang dulunya merupakan bangunan tempat ibadah penting di Kota Pachuca. Bangunan gereja ini sudah berdiri sejak 1660 dan menghadirkan gaya arsitektur geometrik Baroque pada bagian fasadnya. 

Gedung ini dulunya menjadi salah satu bangunan yang digunakan sebagai tempat penyebaran agama Katolik di Meksiko. Maka dari itu, gedung ini cukup terkenal pada masa penjajahan Spanyol terdahulu. 

Kini Ex Convento de San Francisco De Asis dipergunakan sebagai kantor INAH Hidalgo dan museum. Bahkan, di tempat ini terdapat balai yang dipergunakan untuk pameran dan perpustakaan tempat menyimpan foto. 

5. BBVA Bancomer

5 Landmark di Pachuca, Meksiko yang Menyejukkan MataBBVA Bancomer Pachuca (instagram.com/diegomehdz)

Terakhir ada BBVA Bancomer yang merupakan bangunan bersejarah dan menjadi ikon Pachuca. Bangunan yang berada di depan Plaza Independencia ini sudah berdiri sejak tahun 1905 yang didesain seorang arsitek bernama Ernesto Fuchs. 

Mulanya, bangunan ini dipergunakan sebagai hotel populer yang dinamai Hotel Hidalgo. Namun, kini gedung bersejarah ini digunakan sebagai cabang bank BBVA di area pusat kota Pachuca. 

Setelah membaca ulasan ini, pastinya kalian sudah tahu kan apa saja landmark utama di Pachuca, Meksiko. Nah, kalau menurut kalian mana nih landmark yang paling unik dan cantik?

Baca Juga: 10 Pesona Kota Tropea di Italia, Berdiri di Tebing Pinggir Laut!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya