Comscore Tracker

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungi

#HaloJatim Wisata sambil belajar sejarah juga seru kok!

Museum merupakan tempat untuk menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah yang memiliki nilai sejarah untuk mengenang peristiwa penting yang telah terjadi dan memberikan pelajaran untuk tetap berkembang serta harus belajar dari sejarah tersebut agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Selain dapat belajar mengenai sejarah, museum juga dapat digunakan untuk berwisata di samping wisata alam yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat berbagai golongan. Namun ada baiknya kita untuk mengunjungi museum, untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di masa terdahulu.

1. Museum Mpu Tantular

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungisitusbudaya.id/431-2/

Museum Mpu Tantular merupakan salah satu museum yang terletak di Kabupaten Sidoarjo atau tepat berada di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi mengenai manusia dan kebudayaan milik peneliti asal Jerman bernama Godfried von Faber dan dibuka secara resmi pada tanggal 25 Juli 1937. Namun sepeninggal dari von Faber museum ini sempat terbengkalai, hingga akhirnya pemerintah Kota Surabaya menjadikan museum ini sebagai museum negeri yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Museum Brawijaya

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungidolandolen.com

Museum Brawijaya adalah museum yang terletak di Kota Malang dan memiliki letak yang sangat strategis pada Jalan Boulevard Ijen. Museum ini diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968 dan menyimpan berbagai peninggalan militer serta memberikan informasi mengenai sejarah Kota Malang dari awal dibangun hingga sekarang. Selain itu terdapat gerbong maut di museum ini untuk mengenang banyaknya korban yang berjatuhan dalam gerbong tersebut.

3. Museum Satwa

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungitravelingyuk.com

Museum Satwa adalah salah satu museum yang terletak di Kota Batu yang telah terkenal sebagai kota wisata. Museum ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Batu yang tergabung dalam Jatim Park 2 bersama Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Sejak diresmikan pada tahun 2009, museum ini memiliki keunikan dibandingkan dengan museum biasanya dengan banyaknya koleksi hewan yang diawetkan sebagai pelajaran bagi anak-anak maupun orang dewasa mengenai binatang-binatang di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Food Truck Populer buat Nongkrong di Kota Malang

4. Museum Trowulan

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungisobatpetualang.com

Museum Trowulan terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto atau tepatnya berada di kompleks situs Kerajaan Majapahit. Museum ini merupakan museum arkeologi yang menyimpan berbagai artefak dari situs Majapahit, selain itu terdapat juga simpanan dari peninggalan kerajaan lainnya seperti Kediri, Singhasari, dan Kahuripan. Museum ini menarik untuk dikunjungi karena memberikan kita pengetahuan mengenai sejarah perkembangan kerajaan di Indonesia, terutama Kerajaan Majapahit.

5. Museum Trinil

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungitriptrus.com

Museum Trinil merupakan museum yang terletak di Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Museum ini menyimpan berbagai jenis fosil hewan purba dan manusia purban Phitecantropus Erectus yang merupakan koleksi dari Eugene Dubois dan telah berdiri sejak tahun 1891. Namun museum ini sepi pengunjung karena letaknya yang cukup jauh dari pusat Kota Ngawi yakni 15 km sebelah barat kota dan berada tidak jauh dari Jalan Raya Ngawi-Solo.

6. Museum Angkut

6 Museum Terbaik di Jawa Timur yang Wajib Kamu Kunjungidatawisata.com

Museum Angkut merupakan salah satu museum di Kota Batu yang berada tidak jauh dari Jatim Park 1 yang berada di Jalan Sultan Agung. Museum ini sudah diresmikan sejak 9 Maret 2014, dengan banyaknya koleksi kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor. Museum ini sangat cocok bagi kamu yang gemar foto dan selfie, dimana menghadirkan berbagai spot instagramable yang unik, dengan adanya studio layaknya di Hollywood dan adanya miniatur landmark dari berbagai dunia, terutama Eropa.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Enak di Malang, Harga Dijamin Bersahabat!

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You