Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Sejarah Keren yang Ada di Kyrgyzstan

Banyaknya sejarah dari Jalur Sutra

Kyrgyzstan merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet yang terletak di Asia Tengah, dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Negara yang berada di sebelah utara Tiongkok dan selatan Rusia ini memiliki berbagai macam keindahan alam dan budaya yang menarik.

Negeri ini tidak memiliki akses ke lautan lepas ini mempunyai keunikan tersendiri dari segi sejarah berada dalam wilayah Kerajaan Mongol, hingga berada dalam genggaman kekuasaan Uni Soviet dan menjadi negara berdaulat pada era modern ini. Pastinya banyak objek wisata sejarah yang menjadi andalan dari negara di Asia Tengah ini, dan pastinya gak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kyrgyzstan. 

1. Aalam Ordo

5 Tempat Wisata Sejarah Keren yang Ada di Kyrgyzstankyrgyzstantravel.net

Aalam Ordo sebuah situs yang berada persis di sebelah selatan Danau Issyk-Kul, di mana sebelumnya situs ini digunakan sebagai pusat dari kebudayaan Kyrgyzstan. Tempat ini dibangun pada tahun 2009, hingga presiden Kurmanbek Bakiyev lengser usai revolusi kedua Kyrgyz yang membuat tempat ini ditinggalkan begitu saja. Namun tempat ini sangat menarik dengan berbagai mural yang berwarna-warni yang membuatnya sangat unik. 

2. Tash Rabat

5 Tempat Wisata Sejarah Keren yang Ada di Kyrgyzstantimetravelturtle.com

Tash Rabat merupakan salah satu bangunan peninggalan masa Silk Road atau Jalur Sutra yang menghubungkan beberapa negara di Asia. Bangunan ini digunakan sebagai tempat singgah orang yang telah melalui perjalanan menantang serta melelahkan melalui Pegunungan Tian Shan. Selain itu menariknya terdapat legenda dari bangunan ini mengenai seorang anak yang meninggalkan ayahnya karena jatuh cinta pada gadis dalam rombongan tersebut, sehingga membuat ayahnya sedih dan berhenti melanjutkan pembangunan bangunan tersebut. 

Baca Juga: Catet! Ini 11 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Berlibur ke Rusia

3. Dungan Mosque

5 Tempat Wisata Sejarah Keren yang Ada di Kyrgyzstantrvlland.com

Sebagai negara dengan mayoritas penganut agama Islam, Kyrgyzstan memiliki banyak masjid dengan bentuk bangunan menarik. Salah satunya adalah Dungan Mosque yang terletak di Karakol, yang mana masjid ini dibangun antara tahun 1907-1910. Bangunannya sangat unik dan khas dari komunitas orang Dungan, yang merupakan komunitas pelarian muslim dari Tiongkok untuk menghindari persekusi pada tahun 1800an. 

4. Burana Tower

5 Tempat Wisata Sejarah Keren yang Ada di Kyrgyzstanbaibol.kg

Tempat bersejarah unik lainnya adalah Burana Tower yang berada di Lembah Chuy, sebelah timur Ibukota Bishkek. Menara ini merupakan salah satu peninggalan kota tua abad pertengahan yang bernama Balasagun, serta diperkirakan merupakan bekas masjid pada masa itu. Gempa bumi berkali kali mengguncang area ini, yang menyebabkan kerusakan pada bekas kota ini, hingga pada tahun 1970 bangunan ini direnovasi, namun karena menjadi salah satu lokasi seismik aktif, menjadikan bangunan cantik ini rawan roboh. 

5. Sulaiman Too Sacred Mountain

5 Tempat Wisata Sejarah Keren yang Ada di Kyrgyzstanatlasobscura.com

Sulaiman Too Sacred Mountain menjadi salah satu tempat singgah dari jalur sutra yang menjadi lalu lintas perdagangan pada abad pertengahan di Asia Tengah. Tempat yang berlokasi di Kota Osh ini meliputi banyak tempat peribadahan berupa masjid, gua dan batu. Selain itu Sulaiman-Too menjadi satu-satunya bangunan UNESCO World Heritage Site di Kyrgyzstan, serta memiliki bangunan museum yang sangat unik layaknya bangunan film Sci-Fi futuristik yang dibuka pada tahun 2004.

Menarik banget bukan? Kapan nih mau berkunjung ke Kyrgyzstan?

Baca Juga: Travelling ke St. Petersburg Rusia, Jangan Lupa Mampir ke 5 Tempat Ini

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You