Comscore Tracker

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahi

Menyuguhkan wisata sejarah yang asyik

Kanada memang menjadi negara yang menempati posisi kedua terbesar di dunia, setelah Rusia dengan luas mencapai 9,984,670 km persegi. Pastinya dengan luas yang sangat besar, Kanada memiliki berbagai tempat yang menarik untuk disinggahi.

Salah satunya adalah Provinsi Nova Scotia, yang memiliki arti New Scotland dalam bahasa Prancis. Selain itu, sebelumnya provinsi dengan penduduk kurang dari 1 juta jiwa ini memiliki latar belakang sejarah panjang dari kolonisasi Prancis dan Inggris terdahulu. 

Bahkan Nova Scotia sudah masuk dalam Warisan Budaya UNESCO, maka dari itu pastinya menarik banget kan, ulasan tentang provinsi satu ini. Untuk itu simak yuk, tempat wisata di Nova Scotia berikut ini. 

1. St. John's Anglican Church

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahiinstagram.com/ariane00/

St. John's Anglican Church menjadi salah satu tempat bersejarah menarik di Lunenburg, Nova Scotia. Gereja protestan ini adalah yang pertama didirikan di Lunenburg serta selesai pembangunan pada tahun 1754, pada saat terjadinya Perang antara Indian dan Prancis. Gaya bangunan gereja ini unik, karena bergaya khas Eropa yang kental.

Namun bangunan ini sudah mengalami beberapa kali perubahan facade dan sempat mengalami kerusakan besar. Ketika tahun 2001, gereja ini mengalami kebakaran hingga kemudian diperbaiki dan dibuka kembali pada tahun 2005.

2. Old Town Lunenburg

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahiinstagram.com/explorecanada/

Selanjutnya terdapat Old Town Lunenburg yang merupakan kota pelabuhan tua di Nova Scotia, di mana sudah berdiri sejak tahun 1753. Selain itu Lunenburg dibagi menjadi dua yakni kota tua dan kota baru, yang mana kota tuanya berada di dekat pelabuhan. Sedangkan kota barunya terletak di sebelah barat dan timur, untuk mengembangkan pertanian dan industri lainnya.

Kota tua unik ini memiliki bangunan yang unik bergaya arsitektur vernacular Eropa abad pertengahan yang menarik. Lunenburg juga masuk sebagai UNESCO World Heritage sejak tahun 1995, karena bangunannya mampu eksis selama ratusan tahun. 

Baca Juga: Yuk Kita Intip 7 Kota Tua Paling Populer di Eropa

3. Fortress of Louisbourg

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahiinstagram.com/toriterhune/

Selanjutnya terdapat Fortress of Louisbourg yang terletak di Pulau Cape Breton, serta menjadi salah satu Situs Nasional Kanada. Benteng ini dibangun pada tahun 1700an, setelah adanya kolonisasi Perancis, serta untuk melindungi Pulau Cape Breton dari serangan Inggris. 

Nama Louisbourg diambil dari Raja Perancis saat itu, yakni Raja Louis XIV, serta sudah mengalmi beberapa kali pergantian kekuasaan, dari Prancis dan Inggris. Namun benteng ini menghadirkan bentuk arsitektur unik khas dari Prancis yang masih terawat hingga kini. 

4. Halifax Citadel

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahihmhps.ca

Kemudian terdapat Halifax Citadel yang sesuai dengan namannya terletak di Bukit Citadel, Kota Halifax yang merupakan Ibukota Nova Scotia. Benteng ini sebenarnya memiliki nama asli Fort George dan dibangun pertama kali pada tahun 1749, hingga tiga kali pembangunan untuk memperkokoh pertahanan di Nova Scotia.

Saat ini bangunan benteng ini digunakan sebagai taman, sekaligus tempat diadakannya beragam acara sejarah menarik dengan menggunakan kostum abad pertengahan. 

5. Landscape of Grand Pre

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahihalifaxbloggers.ca

Landscape of Grand Pre yang merupakan salah satu bentuk bangunan unik di Nova Scotia yang masuk dalam UNESCO World Heritage Site sejak tahun 2012. Grand Pre terletak di Kings County dan berada di tengah pekarangan kebun serta padang rumput.

Bangunan gereja ini sangat unik dan menarik, dengan adanya patung Evangeline yang memberikan pemandangan menawan.

6. Peggy's Cove

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahiinstagram.com/brockw20/

Peggy's Cove terletak di sebelah barat Pantai Margareth yang masuk dalam Perkotaan Halifax. Perkampungan ini memiliki destinasi wisata terkenal yang menarik, yakni Peggys Point Lighthouse, yang merupakan mercusuar dengan gaya bangunan unik.

Mercusuar tersebut sudah didirikan sejak tahun 1868 dan tetap bertahan hingga kini. Bangunan mercusuar ini sangat menarik dan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Nova Scotia. 

7. Joggins Fossil Cliff

7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahiatlasobscura.com

Terakhir terdapat Joggins Fossil Cliff yang berlokasi di barat Nova Scotia dan tidak jauh dari Provinsi New Brunswick. Tempat ini menghadirkan berbagai rekam jejak hewan purba sejak 300 juta tahun yang lalu.

Selain itu, Joggins menjadi lokasi penemuan fosil paling lengkap, serta karena tempatnya yang dingin menjadikan fosil tetap utuh. Banyak ahli geologi yang datang ke tempat ini sejak ditemukan pada tahun 182, dengan banyaknya batu bara dengan beragam fosil yang menarik banget. 

Nah, itu tadi beberapa tempat menarik di Nova Scotia yang wajib kamu singgahi, ketika berada di Kanada. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Konya, Negeri Para Sufi

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You