Comscore Tracker

5 Destinasi Museum Paling Terkenal di Yordania, Wajib Masuk Wishlist!

Ada museum Nabi Muhammad!

Museum menjadi objek wisata paling populer di negara Yordania. Berbagai macam museum menarik pun dapat dengan mudah kamu temukan di Yordania yang sebagian besar terdapat di ibu kota Amman. Banyak koleksi benda unik yang dipamerkan di dalam museum seperti benda arkeologi, karya-karya seni, kendaraan klasik dan lain-lain.

Memberikan berbagai informasi dan pengetahuan yang dapat menambah wawasanmu, inilah lima museum yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Yordania.

1. Jordan Archaeological Museum

5 Destinasi Museum Paling Terkenal di Yordania, Wajib Masuk Wishlist!Jordan Archaeological Museum (facebook.com/VisitJordan)

Jordan Archaeological Museum terletak di area Citadel Hill yang berada di ibu kota Amman. Museum ini didirikan pada tahun 1951 dan memiliki gaya arsitektur bangunan yang mirip benteng.

Dilansir laman Traveltriangle, di dalam museum para pengunjung akan dapat menemukan berbagai macam benda-benda kuno mulai dari manuskrip, perhiasan, tembikar, hingga koin perak dan emas yang telah berusia ratusan tahun.

Hampir seluruh koleksi yang terpajang di Jordan Archaeological Museum merupakan hasil temuan para arkeolog dari berbagai daerah di Yordania. Meseum ini menjadi tempat terbaik untuk mempelajari sejarah dari masyarakat Yordania.

2. Jordan National Gallery Of Fine Arts

5 Destinasi Museum Paling Terkenal di Yordania, Wajib Masuk Wishlist!Jordan National Gallery Of Fine Arts (twitter.com/martinoart)

Bagi kamu yang tertarik dengan seni, maka Jordan National Gallery Of Fine Arts menjadi destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Yordania. Museum ini lebih memusatkan koleksinya pada karya-karya seni kotemporer mulai dari lukisan, patung, hingga fotografi.

Sedangkan karya seni yang terpajang di Jordan National Gallery Of Fine Arts tidak hanya berasal dari seniman lokal namun ada juga dari India, Belanda, Australia, Aljazair dan lain-lain.

Jordan National Gallery Of Fine Arts dibangun pada tahun 1980 oleh Royal Society of Fine Arts yang kemudian diresmikan oleh Raja Hussein beserta Ratu Noor Al Hussein.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Amman, Kota Tua Bersejarah Yordania

3. The Children’s Museum

5 Destinasi Museum Paling Terkenal di Yordania, Wajib Masuk Wishlist!The Children’s Museum (facebook.com/VisitAmman)

The Children’s Museum memiliki luas area 7.000 meter persegi di mana bangunan museum ini terlihat sangat modern. Lokasi dari The Children’s Museum terletak di King Hussein Park yang berada di ibu kota Amman.

Sesuai namanya, The Children’s Museum diperuntukan bagi anak-anak yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan melakukan berbagai kegiatan seru yang dapat menambah ilmu pengetahuan.

Di dalam bangunan museum tersedia banyak fasilitas menarik mulai dari perpustakaan, studio, teater, hingga restoran. Kamu juga dapat membeli suvenir di toko yang terdapat di dalam museum.

4. The Prophet Muhammad Museum

5 Destinasi Museum Paling Terkenal di Yordania, Wajib Masuk Wishlist!The Prophet Muhammad Museum (facebook.com/Shadihamed)

The Prophet Muhammad Museum termasuk museum baru di kota Amman yang resmi dibuka untuk umum pada tahun 2012. Museum ini diresmikan oleh Raja Hussein yang di dalamnya terdapat beberapa benda peninggalan nabi Muhammad mulai dari surat yang ditulis langsung oleh nabi untuk kaisar Bizantium hingga satu helai janggut nabi.

Pengunjung juga mendapatkan informasi secara detail tentang perjalanan nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam. Museum ini dapat dijadikan sebagai wisata religi bagi umat muslim.

5. Royal Automobile Museum

5 Destinasi Museum Paling Terkenal di Yordania, Wajib Masuk Wishlist!Royal Automobile Museum (twitter.com/symherelul)

Royal Automobile Museum ditujukan bagi kamu para pencinta automotif yang ingin melihat berbagai jenis mobil mewah dan klasik. Dilansir laman Orbzii, semua mobil yang ada di dalam museum merupakan milik mendiang Raja Hussein yang memang gemar mengoleksi mobil. 

Secara keseluruhan, Royal Automobile Museum memamerkan sebanyak 80 mobil dari berbagai merek yang beberapa di antaranya sangat langka. Setiap mobil yang dipamerkan akan disertai dengan informasi dan foto dokumentasi dari Raja Hussein.

Nah, itulah beberapa museum paling hits yang dapat kamu kunjungi selama liburanmu di Yordania. Selain memajang berbagai macam koleksi benda menarik, bangunan museum tersebut mengusung gaya arsitektur yang bervariasi.

 

Baca Juga: 10 Fakta Petra, Peninggalan Paling Bersejarah di Yordania

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya