Comscore Tracker

5 Jalur Hiking Paling Populer di Italia, Pesonanya Sulit Dilupakan!

Tertarik untuk mendaki lewat jalur-jalur ini?

Italia menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pecinta alam dari seluruh dunia yang ingin menikmati pesona alam yang menawan. Di beberapa wilayah di Italia memiliki beberapa jalur hiking yang terkenal dan sangat seru untuk dijelajahi.

Dengan medan perjalanan yang bervariasi, jalur-jalur tersebut dapat ditaklukkan dalam waktu sehhari hingga seminggu. Menawarkan pemandangan alam yang tidak terlupakan bagi para hikers, inilah lima jalur hiking paling populer yang terdapat di negara Italia.

1. Sella-Herbetet Traverse

5 Jalur Hiking Paling Populer di Italia, Pesonanya Sulit Dilupakan!Sella-Herbetet Traverse (instagram.com/piretluts)

Sella-Herbetet Traverse termasuk salah satu jalur hiking favorit di kalangan para hikers di Italia. Dilansir Lonelyplanet, Sella-Herbetet Traverse dikategorikan dalam rute menantang. Sebab, kamu akan menempuh jarak sejauh 20 kilometer yang memakan waktu perjalanan selama 20 jam. Namun, rasa lelahmu akan langsung terbayarkan dengan pesona alam yang disuguhkan.

Nantinya, kamu akan melewati berbagai macam medan mulai dari hutan belantara hingga pegunungan. Selain itu, di sekitar jalur ini juga terdapat beberapa puncak gunung tertinggi di Italia yang salah satunya memiliki tinggi 4.061 meter.

2. Tre Cime di Lavaredo

5 Jalur Hiking Paling Populer di Italia, Pesonanya Sulit Dilupakan!Tre Cime di Lavaredo (instagram.com/paola_zuffi)

Bagi kamu yang masih berstatus hiker pemula dan ingin melakukan perjalanan hiking seru selama kunjunganmu di Italia, maka jalur Tre Cime di Lavaredo sangat direkomendasikan. Dibutuhkan waktu perjalanan selama 3 jam untuk dapat menaklukkan Tre Cime di Lavaredo yang terletak di wilayah Dolomites.

Nantinya kamu akan melewati hutan cemara, danau, dan padang rumput dengan menyusuri jalan setapak yang berkelok-kelok. Kamu juga harus melakukan pendakian hingga ketinggian 2.454 meter. Sedangkan waktu terbaik untuk datang ke Tre Cime di Lavaredo adalah saat musim panas.

Baca Juga: 5 Jalur Hiking Terbaik yang Ada di Australia, Medan Menantang

3. Corno Grande

5 Jalur Hiking Paling Populer di Italia, Pesonanya Sulit Dilupakan!Corno Grande (instagram.com/saramarchione2)

Corno Grande berada di dalam wilayah Parco Nazionale del Gran Sasso e Monti della Laga yang merupakan Taman Nasional terbesar di Italia. Sedangkan dalam bahasa Italia, corno grande memiliki arti 'tanduk besar' yang merujuk pada puncak tertinggi di pegunungan Appinies yang menjadi akhir dari jalur pendakianmu. Corno Grande memiliki beberapa rute hiking menurut tingkat kesulitannya.

Jika kamu ingin jalur yang mudah, sebaiknya memilih rute normal dengan jarak singkat dan tidak terlalu menguras tenaga. Saat berada di puncak pegunungan maka kamu akan dapat melihat area Taman Nasional secara keseluruhan termasuk Laut Adriatik.

4. Sentiero delgi Dei

5 Jalur Hiking Paling Populer di Italia, Pesonanya Sulit Dilupakan!Sentiero delgi Dei (instagram.com/ralph.warsinsky)

Jika diterjemahkan, Sentiero delgi Dei memiliki arti 'Jalan Para Dewa'. Hal itu yang merujuk pada legenda dari tempat ini yang dipercaya oleh masyarakat setempat diciptakan oleh para dewa Yunani. Dilansir Rei, Sentiero delgi Dei berada di wilayah Napoli bagian tenggara yang memiliki jalur pendakian sejauh 3,4 mil atau 5,5 kilometer.

Dengan tingkat kesulitan yang masuk dalam kategori sedang, kamu akan melewati lereng bukit yang curam hingga menyusuri tebing-tebing yang terdapat di sekitar pesisir pantai. Nantinya, kamu akan disuguhkan pemandangan yang unik yaitu desa nelayan yang bangunannya berwarna-warni.

5. Alta Via 1

5 Jalur Hiking Paling Populer di Italia, Pesonanya Sulit Dilupakan!Alta Via 1 (instagram.com/naddari.mohamed)

Dibutuhkan stamina yang prima untuk dapat menaklukkan Alta Via 1 yang masuk dalam daftar jalur hiking paling menantang di Italia. Sebab, kamu harus menempuh jarak yang sangat jauh dan melelahkan yaitu sepanjang 69 mil dan membutuhkan waktu perjalanan selama 7-13 hari. Kamu akan melintasi berbagai macam medan, mulai dari pegunungan, tebing, hingga danau.

Saat berada di atas pegunungan, kamu dapat melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam sambil menikmati minuman hangat. Tempat ini selalu ramai didatangi oleh para hikers pada musim panas, lho.

Nah, itulah beberapa jalur hiking yang dapat kamu taklukkan saat berkunjung ke negara Italia. Sebagian besar jalur hiking di Italia memang banyak melintasi daerah pegunungan sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

Baca Juga: 5 Jalur Hiking Paling Populer di Kanada untuk Para Pecinta Alam

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya