Comscore Tracker

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugal

Kota ini masuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO lho

Tak ada yang akan menyangsikan keindahan ibu kota negara Portugal, Lisbon. Kecantikan Lisbon dengan nuansa mediterania begitu mendunia hingga kerap dijuluki sebagai salah satu kota terpopuler yang ada di Eropa.

Tapi bila berkesempatan untuk traveling ke Portugal, jangan jadikan liburanmu hanya sebatas kota Lisbon saja, guys. Karena tepat di sisi barat daya Portugal dengan jarak tempuh yang tak begitu jauh dari Lisbon, terdapat sebuah kota yang berada di atas perbukitan.

Kota yang dulunya dijadikan lokasi berlibur dan tempat tinggal favorit para anggota kerajaan ini menyimpan begitu banyak keindahan alam asri kehijauan dan bangunan-bangunan bersejarah yang begitu megah, hingga seolah berjalan-jalan di sana bak seperti berada di dunia yang berbeda. Pesonanya bahkan menjadi inspirasi bagi penulis dongeng termasyur Hans christian Andersen dalam menciptakan karya.

Sintra juga dijuluki sebagai permata tersembunyi yang ada di Eropa dan UNESCO pun memasukkannnya dalam daftar salah satu warisan dunia. Nah, kira-kira apa sajakah yang ada di dalam kota Sintra hingga begitu mencuri perhatian? Yuk telusuri 6 lokasi destinasi populer kota Sintra di bawah ini.

1. Menatap arsitektur romantis "Pena Palace" dari dekat dan jauh

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugalsintraprivatetours.com

Pesona istana Pena di kota Sintra begitu mendunia hingga Portugal pun memasukkannya sebagai 7 keajaiban yang ada di negara tersebut. Warna-warni istana Pena yang mencolok terlihat sangat cantik dilihat dari dekat maupun dari jauh.

Kabarnya, bila langit sedang sangat cerah, bahkan dari ibu kota Lisbon pun warga dapat melihat keindahan istana yang terletak tinggi di puncak bukit hijau.

Istana Pena kerap kali dijuluki sebagai bangunan sejarah dengan arsitektur yang romantis. Bahkan arsitektur romantisnya disebut sebagai yang pertama ada dari istana yang lainnya di Eropa.

2. Menjelajahi alam "Pena Park" yang bak negeri dongeng

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugalvisitworldheritage.com

Tidak hanya istananya saja yang mencuri perhatian, halaman luarnya pun juga demikian. Parque da pena atau Pena park adalah hutan luas yang berada di area istana Pena dan menjadi bagian dari taman istana. Hutan tersebut memiliki luas sekitar 200 hektar dengan desain yang terlihat seperti hutan kuno serta dihiasi tangga memanjang menuju ke istana.

Meski terlihat seperti alam liar bak fantasi, namun taman ini sebenarnya merupakan desain yang dibuat oleh raja Ferdinand II. Raja diketahui begitu menyukai istana Pena dan menempatinya hingga akhir hayat.

Hutan berbentuk labirin ini menyimpan begitu banyak jenis tanaman dan pepohonan yang di ekspor dari berbagai penjuru dunia. Terdapat pula area berjuluk valle dos lagos yang keindahannya menjadi tujuan terpenting saat menjelajahi Pena park.

3. Menelusuri benteng "Moorish Castle"

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugalportugalvirtual.pt

Moorish castle adalah benteng yang dibangung di sekitar abad ke-9 oleh bangsa Moor untuk melindungi kota. Namun kastil ini harus runtuh pada masa perang perebutan kekuasaan dengan kaum kristiani. Kondisinya kemudian semakin parah akibat gempa bumi dan kebakaran.

Tetapi 10 abad kemudian, Moorish castle kembali dipulihkan dan kini menjadi landmark penuh sejarah yang sangat penting yang ada di kota Sintra.

Moorish castle atau Castelo dos Mouro ini juga masih berada di lokasi yang sama dengan istana Pena dan masuk dalam bagian Pena park. Dari atas benteng, wisatawan dapat melihat panorama kota Sintra yang menakjubkan termasuk salah satunya pemandangan indah lautan biru dari kejauhan.

Baca Juga: Hantu Pengantin Hingga Dewa Yunani, Ini 4 Legenda Khas Sochi Rusia

4. Melihat kemegahan "Sintra National Palace"

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugaltravelguide.michelin.com

Sintra national palace atau istana nasional Sintra berada di jantung kota dan telah menjadi tempat kediaman tertua keluarga kerajaan sejak abad ke 15 hingga berakhirnya pemerintahan monarki pada 1910.

Istana berwarna putih cemerlang ini memiliki desain arsitektur bernuansa gothic. Didalamnya terdapat coats of arms hall, ruangan dengan dinding langit yang diukir megah dan menampilkan 72 lambang keluarga kerajaan serta para bangsawan Portugal.

5. Mengunjungi kastil dengan sentuhan arsitektur Islam di "Monserrate Palace"

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugalroselinde.me

Beberapa istana penting di Eropa Selatan termasuk yang ada di Sintra seringkali memiliki desain arsitektur dengan sentuhan islami. Salah satunya yang dapat ditemukan adalah kemegahan dari instana Monserrate yang ada sejak abad ke-19. Ukiran bergaya Arab dan India mewarnai istana satu ini dan begitu mencolok hingga mampu membuat terpana siapapun yang melihatnya.

Istana ini juga dihiasi taman luas dengan tanaman berbagai jenis yang datang dari segala penjuru dunia. Taman ini pun menambah warna dan semakin mempercantik istana Monserrate.

Ialah seorang bangsawan aristokrat asal Inggris bernama Sir Francis Cook yang mengubah dan menjadikan istana ini semegah sekarang setelah sebelumnya istana Monserrate sempat ditinggalkan dan dilupakan keberadaannya oleh penduduk setempat.

6. Menjelajahi bangunan berbau mistik "Quinta da Regaleira"

6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugalinstagram.com/@travellogism

Quinta da Regaleira barangkali merupakan bangunan di Sintra yang memiliki nuansa paling berbeda dengan yang lainnya. Bangunan bergaya gothic ini didesain oleh seorang pria kaya raya bernama António Augusto Carvalho Monteiro yang memiliki ketertarikan khusus akan hal-hal berbau mistik dan kesukaannya tersebut ia salurkan ke dalam arsitektur dan ornamen yang ada pada bangunan.

Terdapat jembatan, gua, dan sumur berbentuk serangkaian terowongan spiral mirip labirin yang dijuluki sebagai the initiation well. Sumur ini dulunya digunakan bukan untuk tempat menampung air tetapi melainkan sebagai tempat ritual agama mistik salah satunya upacara tarot.

Itulah tadi 6 tempat yang dapat kamu jelajahi bila berkunjung ke Sintra di Portugal. Masih banyak lagi wisata menarik lainnya yang menjadikan kota Sintra begitu spesial dan indah.

Nah, kira-kira di antara kesemua tempat tersebut, manakah yang paling ingin kamu kunjungi sobat travel?

Baca Juga: 6 Negara Antimainstream di Eropa yang Wajib Dikunjungi, Indah Banget!

Calledasia Photo Community Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You