Comscore Tracker

Tak Hanya Colosseum, Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Bila ke Roma

Penuh petualangan ke era romawi kuno nih!

Berbicara mengenai landmark kota Roma di Italia, pasti tak jauh dari membahas tentang Colosseum. Arena bertarung para gladiator ini menjadi salah satu situs sejarah penting di negara tersebut dan termasuk yang terpopuler di dunia.

Namun daripada sekadar ke Colosseum, ada banyak lho tempat penuh sejarah dan bangunan klasik menakjubkan yang ada di ibukota Italia tersebut. Dan 5 diantaranya, wajib masuk daftar travel list kamu bila memiliki kesempatan berkunjung ke kota kuno satu ini.

1. The Pantheon

Tak Hanya Colosseum, Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Bila ke Romahistoryplex.com

Masih menjadi misteri kapan tepatnya Pantheon dibangun, namun berdasarkan perhitungan diperkirakan bangunan ini berusia sekitar 2000 tahun lamanya. Menurut sejarah, Pantheon dibangun sebagai kuil persembahan untuk para dewa dan itu dapat terlihat dari nama Pantheon yang memiliki arti "menghormati semua dewa".

Dalam arsitektur keindahannya, Pantheon merupakan bangunan kuno yang tergolong unik dan penuh misteri karena berbeda dengan desain bangunan kuno lainnya yang ada di Roma. Bangunan Pantheon memiliki arsitektur layaknya bangunan modern meski dibuat dizaman dahulu kala.

Disebutkan pula bahwa bangunan ini memiliki unsur material yang mirip dengan material yang biasa ada dalam bangunan dizaman modern. Masih belum diketahui secara pasti bagaimana hal tersebut dapat terjadi, namun faktanya Pantheon merupakan bangunan kuno yang selamat dari berbagai masa ke masa selama ribuan tahun tanpa memiliki banyak kerusakan ataupun rekonstruksi ulang.

Bagian yang paling menarik dalam Pantheon tentu saja adalah kubah raksasanya yang tak memiliki jendela sama sekali kecuali satu sumber jatuhnya cahaya ke dalam ruangan yang terletak tepat di atas kubah. Lubang tersebut dijuluki sebagai mata sang Pantheon atau Oculus.

2. Pyramid of Cestius

Tak Hanya Colosseum, Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Bila ke Romacivitavecchia.portmobility.it

Pernahkah kamu berpikir tentang kemungkinan ada atau tidaknya piramida di Eropa? Jika kamu merasa 'mungkin saja ada', maka kemungkinan tersebut adalah benar adanya. Pyramid of Cestius atau piramida Cestius merupakan satu-satunya piramida yang ada di Eropa dan berada tepat di kota Roma, Italia.

Piramida Cestius bukanlah satu-satunya piramida yang pada saat itu dibangun, melainkan ada beberapa lainnya dan tersebar di penjuru kota Roma. Salah satunya dan yang disebut terbesar adalah Piramida Romulus yang lokasinya dekat dengan Castel Sant' Sngelo.

Namun sayang, bangunan tersebut mengalami kerusakan total hingga akhirnya hancur dan material-material dari bangunannya pun kemudian digunakan untuk membangun St Peter's Basilica. Kini, hanyalah piramida Cestius yang tersisa dan tujuan dari pembangunan piramida ini adalah sebagai makam bagi tokoh penting yakni Romulus dan Remus.

3. Castel Sant'Angelo

Tak Hanya Colosseum, Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Bila ke Romasteemit.com

Lebih dari hanya sekadar kastil kuno dengan arsitektur menakjubkan, Castel Sant'Angelo juga merupakan saksi sejarah akan banyaknya pertumpahan darah dalam peperangan yang pernah terjadi di sana. Bangunan ini diiperkirakan dibangun sekitar 135 sampai 139 sebelum masehi.

Castel Sant'Angelo pertama kali dibuat sebagai kediaman dan moloseum bagi pemimpin romawi pada zaman dahulu. Kaisar Hadrian dan keluarganya dan dijuluki pula sebagai Mausoleum of Hadrian. Selama ribuan tahun, di depan tempat ini telah terjadi banyak peperangan dimana salah satunya terjadi di abad ke-14 saat kastil ini mengambil peran penting dengan dibangunnya jalan layang penghubung antara Roma dan Vatikan.

Jalan tersebut yang dijuluki sebagai Passeto di Borgo pada jaman itu juga digunakan sebagai penjara atau lebih tepatnya tempat eksekusi dimana para tahanan dibiarkan mati kelaparan disana. Kini, tempat tersebut sekaligus keseluruhan Castel Sant'Angelo menjadi salah satu daya tarik terbesar turis saat berkunjung ke Roma.

4. Roman forum

Tak Hanya Colosseum, Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Bila ke Romamylittleadventure.com

Penuh dengan reruntuhan kuno khas romawi, kuil-kuil dan berbagai spot menawan menjadikan Roman Forum sebagai situs arkeologi paling menawan dan menakjubkan yang wajib dikunjungi bila berkunjung ke Roma. Forum ini merupakan tempat reruntuhan kuno dimana dahulu kala menjadi pusat utama bagi aktivitas warga romawi kuno termasuk politiknya.

Di tempat inilah orang-orang romawi kuno merayakan berbagai peristiwa kemenangan sekaligus menyaksikan pemakaman bagi sosok pemimpin paling masyur di Roma, Julius Caesar. Jasad dari sang pemimpin di kremasi dan abunya dikubur di salah satu tempat dalam kuil Caesar yang ada di forum ini.

Meski lokasi pastinya tidak diketahui, hingga kini karangan bunga masih sering terlihst ditinggalkan oleh para pengunjung di altar kuil tersebut. 

5. The Knights of Malta keyhole

Tak Hanya Colosseum, Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Bila ke Romablog.sweetinn.com

Siapa sangka bila sebuah lubang kunci di gerbang vila dapat menjadi obyek wisata? Villa del Priorato di Malta bisa jadi merupakan salah satu villa paling tidak biasa di dunia.

Dibangun tinggi diatas Aventine hill dan menghadap ke arah Roma, villa ini adalah milik para ksatria Malta atau yang lebih tepatnya dijuluki sebagai the Knights of St. John Hospitaler.

Hanya dari lubang kunci di pintu villa ini, para pengunjung dapat melihat sebuah pemandangan spektakuler menyeberangi jalanan kota Roma, yakni bangunan St Peter's Basilica yang berada di Vatikan. Tempat ini pun menjadi lebih istimewa mengingat villa ini berada di wilayah ordo Militer kuno yang diakui oleh Italia sebagai ordo berdaulat.

Itu berarti, berada di tempat ini sama dengan berada di tiga wilayah terpisah yang masih berada di dalam batas kota Roma yakni Italia, Vatikan dan Knight of Malta. Menarik bukan?

Nah, itu tadi kelima tempat yang bisa kamu telusuri saat berada di Roma. Semoga dapat membantu dalam merencanakan liburanmu sebaik mungkin ya!

Calledasia Photo Verified Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya