Comscore Tracker

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!

Mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

Sunset atau matahari terbenam adalah momen yang indah dengan langit yang merah merona. Momen dimana mulai berakhirnya hari dengan aktivitas padat menuju waktu-waktu santai di malam hari. Ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmati panorama alam ini

Salah satunya adalah Kota Semarang yang berada di Jawa Tengah. Terdapat beberapa spot menarik untuk menikmati keindahan sunset di sana. Dimana sajakah itu? Berikut tujuh spot sunset terbaik di Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi. Pemburu senja harus mampir ya!

1. Brown Canyon

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!Brown canyon semarang (instagram.com/browncanyonsemarang)

Tempat ini sebenarnya kurang layak jika disebut sebagai tempat wisata. Lokasi ini adalah bekas pertambangan batu cadas yang terbengkalai. Namun, siapa yang akan menyangka jika tempat dengan bukit bebatuan menjulang ini terlihat indah jika dipandang?

Itulah Brown canyon, beberapa orang menyebut dengan sebutan grand canyonnya Semarang. Kita bisa menikmati indahnya proses terbenamnya sang mentari disini. Bahkan jika kita bisa mendapatkan angle yang pas, cahaya matahari yang terbenam itu akan nampak syahdu.

2. Pantai Cipta

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!Pantai Cipta (instagram.com/rubahphoto)

Pantai adalah tempat yang sudah umum dikunjungi jika ingin melihat sunset ataupun sunrise. Namun, tak semua pantai bisa menghantarkan senja dengan indah. Semarang adalah kota yang memiliki beberapa pantai dengan sunset yang indah

Pantai Cipta adalah salah satu pantai yang memiliki keistimewaan tersebut. Banyak fotografer yang sengaja berkunjung untuk mendapatkan momen senja di pantai ini. Namun, sayangnya pemerintah kota setempat belum terlalu melengkapi fasilitas wisata di sana.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!Masjid agung jawa tengah (instagram.com/akucintasemarang)

Adakah yang menyangka bahwa berada di rumah ibadah bisa mendapatkan pesona senja? Jawabannya pasti tidak ada. Tempat ibadah umat islam yang bernama masjid agung Jawa Tengah ini memiliki pemandangan senja yang memukau. Momen terbenamnya matahari di tempat ini terasa syahdu dan menentramkan.

Bagi Umat Islam, momen syahdu senja bertepatan dengan tibanya waktu ibadah sholat maghrib. Bila berkesempatan untuk berkunjung kesini, akan lebih baik jika sekalian melaksanakan sholat berjamaah. Seusainya kamu bisa menikmati momen senja sembari mengabadikannya dengan lensa kamera.

Baca Juga: 10 Pesona Waduk Cengklik di Boyolali, Spot Menanti Sunset di Sore Hari

4. Pantai Baruna

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!pantai baruna (instagram.com/theawjourneys)

Pada zaman penjajahan, pasukan Indonesia dan tentara Jepang terlibat pertempuran selama lima hari berturut-turut di pantai ini. Hingga akhirnya tentara Jepang menyesali pertempuran tersebut dan membangun tugu ketenangan jiwa. Uniknya, jika ditarik koordinat, tugu ketenangan jiwa ini akan lurus sejajar dengan Negara Jepang.

Tentara Jepang yang membangun tugu tersebut berharap arwah pasukan yang telah tiada, akan kembali ke negara asalnya. Selain karena sejarah tersebut, daya tarik pantai ini juga terletak pada pemandangan senjanya yang sangat indah. Tak ayal jika sore hari tiba, banyak pengunjung yang sengaja mampir untuk menikmati keindahan senja.

5. Rawa Pening

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!Rawa Pening (instagram.com/davvidsan)

Selanjutnya, senja bisa kita temui di Rawa pening. Rawa pening adalah danau yang terbentuk secara alami di Semarang dengan luas mencapai 2.670 hektar. Dengan wilayah seluas itu menjadikan telaga ini memiliki berbagai fasilitas wisata air yang menarik.

Selain fasilitas-fasilitas yang mendukung pariwisata, rawa pening terkenal akan lanskap alamnya yang memukau. Terutama pemandangan senjanya. Semburat jingga di langit membuat suasana menjelang di sana terasa romantis dan syahdu 

6. Pantai Marina

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!Pantai Marina (instagram.com/velouva)

Jika berburu senja di Kota Semarang, salah satu lokasi yang harus kita kunjungi adalah Pantai Marina. Pantai yang indah dan mudah dijangkau ini, memiliki aneka fasilitas yang bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama. Salah satunya adalah restoran sekitar pantai yang beroperasi hingga sore hari tiba.

Restoran tersebut seolah mendukung pemburu senja yang sengaja datang untuk menikmati panorama indah. Sehingga pengunjung, dapat menikmati senja sembari mencoba hidangan andalan mereka. Suasana romantis dan syahdu dilengkapi dengan hidangan lezat menggugah selera, maka nikmat Tuhan manakah yang engkau dustakan?

7. Goa Rong View

7 Spot Sunset Terbaik Di Semarang, Pemburu Senja Harus Mampir!Pemandangan dari Goa Rong View (wisato.id)

Tak seperti namanya, tempat wisata ini bukanlah sebuah goa. Melainkan menara gardu pandang yang memiliki spot foto instagramable. Dari titik ini, kita bisa melihat jajaran Pegunungan Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan juga Rawa Pening.

Karena berada diketinggian, menara ini membuat jarak pandang menjadi semakin luas. Panorama alam dan lampu - lampu dari kawasan kota yang mulai menyala, menambah poin keindahan memandang senja di tempat ini. Maka dari itu indahnya momen sunset di sini tidak bisa dibandingkan dengan tempat lain.

Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Sunset atau senja memang bisa dilihat dari mana saja. Namun jika momen senja itu dinikmati di tempat yang istimewa maka akan menjadi momen yang takkan terlupa. Bagi pemburu dan pencinta senja, jangan lupa mampir ke spot-spot terbaik di kota Semarang ini ya

Baca Juga: 5 Pesona Pantai Pulau Merah, Nikmati Sunset Terbaik di Timur Jawa

Candra Dewi Photo Verified Writer Candra Dewi

Reading is like breathing in, writing is like breathing out

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya