Comscore Tracker

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di Bandung

Museum geologi satu-satunya di Indonesia! #LokalIDN

Kota Bandung memang tidak habis-habisnya menawarkan destinasi berwisata yang unik. Jika kamu termasuk orang yang suka berwisata sambil belajar, kamu pasti sangat tertarik untuk mengunjungi Museum Geologi Bandung.

Menjadi museum geologi satu-satunya di Indonesia, koleksi benda di museum ini tak dapat kamu temukan di tempat lain. Selain itu museum ini memiliki banyak kelebihan lainnya, lho! Ingin tahu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Merupakan bangunan bersejarah

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di Bandungmuseum.geology.esdm.go.id

Pada awalnya Museum Geologi merupakan gedung perkantoran yang difungsikan sebagai laboratorium dan penyimpanan hasil survei geologi. Bangunan ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1929 dengan nama Dienst van den Mijnbouw yang dikelola oleh lembaga penyelidikan geologi kala itu yaitu Dienst van het Mijnwezen. Peresmian ini bertepatan dengan pembukaan kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik ke-IV yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung.

Setelah mengalami berbagai pergantian nama dan pengelola, saat ini Museum Geologi telah resmi menjadi Unit Pelaksana Teknis dibawah pengelolaan dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Republik Indonesia dan bertugas untuk melaksanakan pengelolaan, penelitian, pengembangan, konservasi, peragaan dan penyebarluasan informasi koleksi geologi Indonesia.

2. Memiliki beragam koleksi benda bersejarah

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di BandungDok. pribadi/Situmorang Debora F

Pada lantai satunya, museum ini memiliki Ruangan Sejarah Kehidupan. Ruangan ini menjelaskan tentang sejarah kehidupan mahluk hidup di bumi, meliputi sejarah evolusi manusia, sejarah evolusi hewan dan tumbuhan dan perubahan kondisi bumi dari zaman ke zaman.

Di ruangan ini terdapat berbagai fosil-fosil mahluk hidup dengan ragam variasi ukuran misalnya fosil Tyrannosaurus Rex Osborn yang biasa dikenal sebagai dinosaurus T-Rex hingga kumpulan fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia yaitu Homo erectus P. VIII.

3. Memiliki koleksi mineral dan batuan bermanfaat

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di BandungDok. pribadi/Situmorang Debora F

Museum ini juga memiliki Ruangan Geologi Indonesia. Ruangan ini menjelaskan tentang alam semesta dan pembentukan planet bumi, struktur geologi di Indonesia, sumber daya energi dan mineral di bumi yang dapat dimanfaatkan manusia, dan segala fenomena di dalam dan di permukaan bumi yang selama ini jarang kita ketahui. Koleksi benda dalam ruangan ini menampilkan bentuk mineral dan bebatuan bumi termasuk koleksi batu mulia yang indah.

Selain itu terdapat ruangan lain seperti Ruang Sumber Daya Geologi serta Ruang Manfaat dan Bencana Geologi.

Baca Juga: 10 Potret Taman Geologi Non Nuoc Cao Bang di Vietnam yang Mengagumkan

4. Menggunakan teknologi yang canggih

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di BandungDok. pribadi/Situmorang Debora F

Dalam memperagakan koleksinya, Museum Geologi menggunakan berbagai teknologi yang canggih. Pengelola menggunakan alat interpretasi dengan metode audio visual seperti proyektor dan speaker yang menampilkan video interaktif sehingga membuat wisatawan dapat memahami setiap penjelasan dengan baik.

Selain itu terdapat Meja Alternatif yang menggunakan teknologi touch screen dimana wisatawan dapat menggunakan meja itu untuk mengetahui informasi apa pun tentang jenis batuan dengan lebih mudah. Hal ini sangat menarik karena belum banyak museum edukasi di Indonesia yang menerapkan teknologi seperti ini.

5. Aksesibilitas mudah dicapai

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di Bandunginstagram.com/infobdgcom

Museum Geologi terletak di Jl. Diponegoro No.57, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada di tengah kota sehingga dapat dicapai menggunakan mode kendaraan apapun, bahkan dengan angkutan kota. Selain itu lokasinya dekat dengan salah satu ikon kota yaitu Gedung Sate, sehingga dapat menjadi alternatif pilihan berwisata yang menarik bagi wisatawan.

Biasanya museum ini mejadi destinasi favorit bagi pelajar, peneliti, dan para geolog.

6. Fasilitas pariwisata yang memadai

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di BandungDok. pribadi/Situmorang Debora F

Selain aksesnya yang mudah dicapai, museum ini memiliki berbagai fasilitas yang membuat wisatawan nyaman berwisata, seperti loket tiket, penitipan barang, pusat informasi, papan penunjuk arah, papan interpretasi, guide rules, guide map, toilet umum, toilet dan lift khusus penyandang disabilitas, lahan parkir kendaraan, hingga adanya toko souvenir bernama Geo Museum Store.

7. Harga tiket masuk yang terjangkau

7 Kelebihan Museum Geologi, Pesona Eduwisata Ilmu Bumi di BandungDok. pribadi/Situmorang Debora F

Harga tiket masuk untuk museum ini pun terbilang sangat terjangkau yaitu Rp2.000 untuk pelajar, Rp3.000 untuk wisatawan nusantara, dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Jam operasional museum ini yaitu buka pada Senin - Kamis pukul 08.00 - 16.00, Sabtu dan Minggu 08.00 - 14.00, dan tutup pada hari Jumat dan Hari Libur Nasional.

Nah, itulah 7 kelebihan Museum Geologi. Sudah siap berwisata sambil belajar di sini?

Baca Juga: Wisata Tengah Kota, Ini 10 Tempat Wisata di Sekitar Balai Kota Bandung

Situmorang Debora F Photo Writer Situmorang Debora F

cerdik seperti ular, tulus seperti merpati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya