Comscore Tracker

Lagi Musim Kemarau, Boleh Banget Ngadem Sambil Basah-Basahan di Celebes Canyon

Indahnya tebing batu cadas bertemu dengan jernihnya aliran sungai.

Salah satu objek wisata yang layak untuk masuk ke dalam daftar plesiran kita tahun ini adalah Celebes Canyon. Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Penduduk sekitar Celebes Canyon menyebut tempat wisata ini dengan Benteng Murung. Salah satu daya tariknya adalah tebing bebatuan cadas yang berpadu dengan aliran sungai berair jernih. Animo pelancong, yang umumnya anak-anak muda, untuk mengunjungi objek wisata ini tidak pernah surut meskipun akses ke tempat ini terbilang sulit.

1. Wisata di Sulawesi Selatan yang baru.

Lagi Musim Kemarau, Boleh Banget Ngadem Sambil Basah-Basahan di Celebes Canyoninstagram.com

Kecantikan alam Sulawesi Selatan ini berupa air terjun dengan batu-batuan eksotis di sekelilingnya. Ini menjadikannya surga bagi mereka yang menyukai tempat-tempat yang indah. Lokasinya masih perawan dan belum terlalu banyak wisatawan pula yang berkunjung ke sana.

Celebes Canyon ini merupakan tebing batuan yang kesekian yang dimiliki oleh negara kita. Sebelumnya tempat-tempat wisata lain yang mirip canyon di negara Amerika juga ada, seperti Tambang Arosbaya Madura atau Brown Canyon yang berlokasi di Semarang Provinsi Jawa Tengah.

2. Fasilitas yang kurang.

Lagi Musim Kemarau, Boleh Banget Ngadem Sambil Basah-Basahan di Celebes Canyoninstagram.com

Amat disayangkan Celebes Canyon belum dilengkapi dengan fasilitas memadai. Barangkali penyebabnya adalah karena lokasi ini belum sepenuhnya dibuka sebagai tempat wisata. Oleh sebab itu, bagi kita yang berencana untuk berkunjung ke Celebes Canyon disarankan untuk membawa makanan ringan dan minuman sendiri. Tentunya sampah yang kita buat jangan di buang sembarangan. Karena turut menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata merupakan ciri khas seorang traveler sejati.

Celebes Canyon pun tidak hanya menyuguhkan wisata bermain air tetapi juga wisata berkemping dengan mendirikan tenda. Bisa kita bayangkan keindahan menikmati langit malam yang berbintang saat berkemping yang dihiasi gemericik air yang membuat kita rileks.

3. Jalur ke Celebes Canyon

Lagi Musim Kemarau, Boleh Banget Ngadem Sambil Basah-Basahan di Celebes Canyonbarru.org

Objek wisata ini tepatnya berada di Desa Libureng Kecamatan Tanere Riaja Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Untuk pergi ke daerah ini bisa langsung dari Makassar menuju arah Kabupaten Barru melewati Maros. Lalu perjalanan berlanjut ke Kabupaten Barru lewat Jalan Pangkajene sampai Kecamatan Tanete Riaja, Desa Libureng.

Celebes Canyon tepat berada di Sungai Ule yang masih nampak alami, sehingga pantas jika air yang mengaliri canyon ini masih jernih dan segar.

4. Tempat wisata lain di sekitar Celebes Canyon

Lagi Musim Kemarau, Boleh Banget Ngadem Sambil Basah-Basahan di Celebes Canyoninstagram.com

Objek wisata di sekitar Celebes Canyon tidak kalah cantiknya. Salah satunya adalah Air Terjun Waesai yang berjarak 20 menitan menggunakan kendaraan ke arah Lompo Riaja. Selain itu, objek wisata lainnya adalah Pantai Ujung Batu yang bisa dijangkau dengan kendaraan ke arah Sumpang Binangae.

5. Hidangan wajib dari Sulawesi Selatan.

Lagi Musim Kemarau, Boleh Banget Ngadem Sambil Basah-Basahan di Celebes Canyoninstagram.com

Setelah puas berjalan-jalan biasanya agenda berikutnya adalah mencoba hidangan khas daerah setempat. Lazimnya saat orang berkunjung ke Sulawesi Selatan, hidangan yang umumnya terbayang adalah Coto Makassar dan Sop Konro yang legendaris. Padahal selain kedua hidangan tersebut, masih banyak sajian khas lainnya seperti Mie Titi kriuk dengan siraman kuah yang kental plus sayuran. Ada pula makanan ringan bernama Jalangkote yang sepintas mirip dengan pastel.

Deden Photo Community Writer Deden

Saya merangkai kata-kata dari kota kembang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You