Comscore Tracker

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  

Kamu akan memukan hal-hal yang indah dan unik! 

Duke of Edinburgh atau Pangeran Phillip, suami Ratu Elizabeth II belum lama ini wafat pada 9 April 2021. Edinburgh dipilih sebagai gelar kebangsawanan pendamping Ratu Inggris untuk menghormati dan merangkul Skotlandia dalam monarki Britania Raya.

Ibu kota Skotlandia ini memiliki panorama alam yang indah serta deretan bangunan rustik bergaya arsitektur klasik abad pertengahan. Kawasan Kota Tua Edinburgh di mana kota ini pertama kali dibangun masih tetap orisinil seperti dulu.

Pada 1995, Old Town of Edinburgh diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Beberapa objek wisata terkenal Edinburgh ada di dalam kawasan Kota Tua. Penasaran? Inilah daftar 10 destinasi wisata Edinburgh yang bisa kamu jelajahi.

1. Kastil Edinburgh  

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/ig_edinburgh

Kastil Edinburgh merupakan landmark kota yang paling ikonik. Berdiri di atas bekas gunung berapi yang dinamakan Castle Rock yang letaknya masih dalam area Old Town, puri ini merupakan tempat yang menarik untuk melihat panorama Edinburgh dari ketinggian.

Dahulu merupakan kediaman anggota kerajaan, kini Kastil Edinburgh menjadi Pos Militer dan Museum Peringatan Perang. Di dalamnya terdapat prasasti bersejarah seperti Kapel St Margaret, bagian paling tua di kompleks puri yang diperkirakan dibangun pada tahun 1130 untuk menghormati Ratu Margaret.

Ada pula Crown Square dengan permata-permata yang menjadi bagian dari monarki Skotlandia termasuk yang paling terkenal, Stone of Destiny. 

Pada 17 April 2021 di Kastil Edinburgh dilakukan tembakan kehormatan sebelum dan setelah mengheningkan cipta satu menit untuk memberi penghormatan pada Duke of Edinburgh di hari pemakamannya.

2. Royal Mile 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/edinburgh.photos

Berada di kawasan Kota Tua, jalan yang menghubungkan Edinburgh Castle dan Istana Holyroodhouse ini dipenuhi butik-butik cantik, toko suvenir, pub-pub tradisional Skotlandia, serta aneka kafe.

3. Palace of Holyroodhouse 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/edinburgh.photos

Istana cantik ini merupakan kediaman resmi Ratu di Skotlandia. Setiap tahun, sekitar akhir bulan Juni, Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh tinggal di sini.

4. The Scottish Parliament 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/scotparl

Gedung Parlemen Skotlandia yang terletak di kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO ini terbuka untuk umum setiap hari kecuali Minggu.

Pengunjung diperbolehkan masuk dan melihat-lihat serta belajar sejarah dan arsitektur gedung. Kamu bahkan bisa masuk ke Majelis Debat dan jika kebetulan sedang ada sesi Parlemen kamu bisa menontonnya dari galeri publik.  

5. The Scottish National Gallery 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/edinburghuniversity

Galeri Nasional yang menakjubkan ini berisi beragam koleksi seni dan memiliki berbagai karya para seniman terkemuka seperti Rembrandt, Monet, Vermeer, and Raphael. Di sini juga sering diadakan pameran dan pertunjukan seni.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Terkenal di Edinburgh, Kota Kelahiran Harry Potter

6. The Scott Monument 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/ig_edinburgh

Seperti namanya, monumen ini dibuat untuk mengenang dan menghormati pengarang termasyhur Skotlandia, Sir Walter Scott yang menulis literatur klasik dunia seperti Rob Roy, Ivanhoe, Waverly, The Pirate, Old Mortality, The Antiquary, dan The Heart of Midlothian.

Dibangun pada abad ke-19, monumen ini merupakan salah satu landmark pencakar langit Edinburgh yang menakjubkan. Kamu bisa naiki 287 anak tangganya untuk menikmati pemandangan Edinburgh dan pedesaan sekelilingnya yang sangat mempesona.

7. The Writers’ Museum  

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/edinburgh.photos

Edinburgh adalah Kota Literatur dan merupakan kota pertama yang diakui UNESCO sebagai Kota Literatur. Museum penulis ini khusus didedikasikan atas kehidupan dan karya 3 orang penulis ternama Skotlandia yaitu Robert Burns (1759-1796), Sir Walter Scott (1771-1832), dan Robert Louis Stevenson (1850-1894).

Robert Louis Stevenson menulis novel Treasure Island (1881) serta Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde (1886). Berbagai versi film telah dibuat atas kedua karya masterpiece ini. Sedangkan Robert Burns adalah seorang penyair dengan puisi terkenal seperti Auld Lang Syne, Tam O'Shanter, dan The Battle of Sherramuir.

Di bagian luar Museum, terdapat Makars' Court, ruang publik dengan ubin-ubin besar bertuliskan nama-nama penulis asal Skotlandia sejak abad 14 hingga kini. Siapa yang tak mengenal Sherlock Holmes? Pencipta tokoh detektif kondang itu adalah novelis Sir Arthur Conan Doyle yang lahir di Edinburgh pada tahun 1859.

Sedangkan di era milenial sosok yang sangat tersohor tentunya J.K. Rowling, pengarang serial Harry Potter yang sungguh fenomenal itu.

8. Princes Street Gardens 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/princess_street_gardens

Terletak di pusat Situs Warisan Dunia UNESCO, antara New Town dan Old Town, taman ini tak jauh dari Kastil Edinburgh dan Princes Street yang dikenal sebagai area belanja. Selain aneka bunga dan pepohonan, di sini terdapat berbagai patung yang mendokumentasikan sejarah serta warisan Edinburgh.

9. Greyfriar’s Kirkyard & Greyfriar's Bobby  

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/edinburghwanders

Greyfriar’s Bobby adalah patung anjing yang terpajang sejak 1873. Anjing berjenis terrier Skye ini sangat terkenal di Skotlandia karena setia menjaga makam tuannya di Greyfriar's Kirkyard hingga 14 tahun lamanya sampai ia sendiri mati. Mirip kisah Hatchiko di Jepang. 

Di Greyfriar's Kirkyard juga ada makam Tom Riddle. Ya, dia yang ada dalam kisah Harry Potter. Tom Riddle adalah sosok nyata yang memberikan inspirasi bagi JK Rowling.

10. The Real Mary King's Close 

10 Tempat Edinburgh Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Skotlandia  Instagram.com/capitalcarsedinburgh

Close merupakan istilah orang Skotlandia untuk alleyway atau lorong bawah tanah. Di tempat ini berbagai kisah nyata, legenda dan mitos Skotlandia dikisahkan kembali, mulai dari wabah pandemi mematikan hingga cerita-cerita hantu. Semuanya seakan kembali hadir saat para pemandu wisata mengenakan kostum-kostum zaman dulu dan para aktor berperan sebagai tokoh-tokoh di masa lampau.

Wisata unik ini berlokasi di lorong-lorong kuno tersembunyi di bawah Royal Mile.

Nah, itulah 10 wisata menarik yang bisa kamu nikmati di Edinburgh. Dari pemandangan indah, penambah ilmu, hingga aktivitas mendebarkan!

Baca Juga: 10 Kastil Megah di Skotlandia, Bak di Negeri Dongeng

Dessy Savitri Photo Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya