Comscore Tracker

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! 

Dari Istana hingga stadion sepak bola

Munich adalah ibu kota Bavaria dan merupakan kota terbesar ketiga di Jerman setelah Berlin dan Hamburg. Bavaria sendiri merupakan suatu wilayah yang mencakup 16 negara bagian dan terletak di tenggara Jerman.

Berbatasan dengan Austria, Swiss dan Republik Ceko, sebagian Bavaria dikelilingi Pegunungan Alpen.

Munich adalah kota yang menyenangkan, terkenal dengan beragam festival budaya, museum, aneka taman publik, gereja-gereja yang indah, serta kastil-kastil yang luar biasa.

Bingung ingin mengunjungi tempat wisata mana kala berkunjung ke Munich? Berikut 9 rekomendasinya!

1. Marienplatz dan Neues Rathaus 

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! landmark kota Munich (Dok. Pribadi/Dessy Savitri)

Marienplatz yang dibangun pada 1638 adalah alun-alun besar dan terbuka di Munich. Di sini ada landmark kota yaitu Neues Rathaus atau New Town Hall yang dibangun pada 1867 dengan gaya neo-gothic.

Penggemar arsitektur pasti senang mengunjungi Neues Rathaus dan melihat-lihat arsitekturnya yang mengagumkan. Kamu juga bisa naik ke menara setinggi 85 meter untuk melihat pemandangan kota Munich.

Salah satu tradisi kota Munich yang paling dicintai warganya adalah bersantai di Marienplatz sambil menikmati keindahan Glockenspiel, jam yang memiliki 43 lonceng dan 32 figur.

Setiap hari pada pukul 11 hingga 12 siang, serta pukul 5 sore di kala musim semi dan musim panas, jam ini bernyanyi dengan beberapa figur muncul dari Glockenspiel dan menari sepanjang lonceng berbunyi.  

2. Englischer Garten (English Garden)

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Englischer Garten (vacaay.com)

Englischer Garten adalah taman kota terbesar di Jerman, bahkan di Eropa. Kalau kamu mengira Central Park di New York sangat luas, Englischer Garten di Munich jauh lebih luas.

Didirikan pada 1789, taman ini telah diperbesar selama berabad-abad dan saat ini luasnya 3,75 kilometer persegi atau 370 hektar.

Namanya diambil dari taman tradisional Inggris yang populer di abad ke-18. Taman ini memiliki gugusan pohon dan tanaman yang rimbun alami, sungai Isar sepanjang 9 kilometer, dan danau Kleinhesseloher yang indah.

Biasanya, pengunjung datang untuk piknik bersama keluarga, jogging, bersepeda, bermain sepak bola, bahkan berselancar di tepian Eisbachwelle (ombak Eisbach). Eisbachwelle adalah ombak buatan yang menjadi favorit pengunjung taman.

3. Olympiapark 

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Olympiapark (Dok. Pribadi/Dessy Savitri)

Olimpiade 1972 diadakan di Munich. Lokasi pesta olahraga dunia itu sekarang dikenal sebagai Olympiapark.

Taman Olimpiade yang luasnya hampir 1 kilometer persegi ini masih digunakan untuk berbagai acara, seperti konser dan festival.

Olympia Tower atau Menara Olimpiade adalah menara televisi setinggi 290 meter yang dibangun pada 1968. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan kota yang memesona, lho.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Berlin, Jerman yang Indah nan Bersejarah!

4. Museum BMW  

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Museum BMW (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Kalau sudah berada di Olympiapark, kamu bisa sekaligus mengunjungi Museum BMW yang tak jauh dari Olympiapark. Museum BMW berdesain kontemporer dengan cangkang berbentuk setengah lingkaran seperti mangkok berwarna putih keperakan.

Selain Museum ,di sini juga ada BMW Welt yang menampilkan berbagai koleksi mobil dan motor BMW model terbaru. Pengunjung juga dipamerkan teknologi serta desain masa depan kendaraan bermotor mewah ini.

5. Allianz Arena  

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Stadion Allianz Arena (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Stadion Allianz Arena dapat menampung penonton sebanyak 70.000 (pertandingan internasional) hingga 75.000 (pertandingan domestik).

Saat Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, Allianz Arena digunakan untuk 6 pertandingan termasuk pertandingan pembukaan Jerman vs Kosta Rika, serta semifinal Prancis vs Portugal.

Stadion megah ini merupakan markas dari Bayern Munich. Dulu, mereka berbagi dengan TSV 1860 Munich. Namun klub yang pernah juara Bundesliga puluhan tahun lalu itu tidak lagi memakai Allianz Arena sejak 2017 kala mereka terdegradasi ke Regionalliga atau divisi 4 Liga Jerman.

Allianz Arena terkenal dengan atapnya yang bisa berubah warna, tergantung tim mana yang berlaga. Jika berwarna merah, artinya tim Bayern Munchen sedang bermain.

Bila berwarna putih artinya tim nasional Jerman yang sedang berlaga. Ketika TSV 1860 masih menggunakan stadion ini, atapnya akan berubah menjadi warna biru.

6. Munich Residenz

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Munich Residenz (residenz-muenchen.de)

Munich Residenz dulunya adalah istana monarki Bavaria dan merupakan salah satu istana paling spektakuler di Eropa. Bagian paling awal adalah Antiquarium yang dibangun pada 1579 dan sekarang menjadi bagian dari Museum Residenz.

Alte Residenz, mahakarya dari akhir era Renaisans dibangun setelahnya. Sedangkan rangkaian bangunan lainnya selesai pada tahun 1848.

Munich Residenz dibuka untuk umum pada 1920. Koleksi karya seni dan berbagai gaya arsitekturnya menjadi simbol kekuatan keluarga kerajaan Bavaria.

Bangunan ini sempat mengalami kerusakan parah dalam Perang Dunia II, namun setelah diperbaiki museum ini dianggap sebagai salah satu museum istana terbaik di Eropa.

Baca Juga: 5 Kota Paling Romantis di Jerman, Bikin Langgeng Hubungan!

7. Istana dan Taman Nymphenburg  

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Nymphenburg Palace (journeyman.live)

Nymphenburg Palace merupakan istana musim panas yang dibangun untuk merayakan kelahiran pewaris tahta Bavaria yang lama dinanti, Max Emanuel, pada 1662. Penguasa Bavaria Ferdinand Maria dan istrinya Henriette Adelaide memerintahkan istana dibangun pada 1664.

Istana bergaya baroque ini juga berfungsi sebagai rumah bagi bangsawan Bayern sekarang. Ruang dalamnya memamerkan ragam koleksi seni mulai dari periode Baroque hingga Klasik. Interior istana penuh dengan ornamen dan dekorasi mewah.

Taman Nymphenburg luasnya mencapai 200 hektar. Desain taman menyerupai taman Prancis di Istana Versailles. Ketika musim panas kamu bisa naik gondola di danau, sementara saat musim dingin kamu bisa bermain ice skating karena danau berubah menjadi es.

8. Kastil Neuschwanstein

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Neuschwanstein Castle (mywanderlustylife.com)

Neuschwanstein terletak di bukit terjal di desa Hohenschwangau, sebelah barat daya Bavaria. Kastil ini disebut-sebut sebagai inspirasi bagi istana Cinderella dan Sleeping Beauty di Disneyland. Kastil yang dibangun oleh Raja Ludwig II ini selesai pengerjaannya pada tahun 1886.

Sang Raja yang memerintah Bavaria pada 1864 hingga kematiannya pada 1886 menduduki tahta saat usianya baru 18 tahun. Tak memiliki pengalaman politik, minat utamanya hanyalah pada seni.

Kastil Neuschwanstein yang berjarak sekitar 120 kilometer dari Munich ini bisa ditempuh dengan mobil dalam waktu kurang dari 2 jam. Luangkan waktu seharian untuk mengunjungi istana menakjubkan ini, ya.

9. Oktoberfest

9 Tempat Wisata di Munich Jerman, Unik dan Menarik! Oktoberfest (oktoberfesttours.travel)

Oktoberfest adalah festival terbesar di dunia yang memiliki sejarah lebih dari 200 tahun. Bermula saat Putra Mahkota Ludwig yang kemudian menjadi Raja Ludwig I, menikah dengan Putri Therese dari Saxony-Hildburghausen pada 12 Oktober 1810.

Warga Munich diundang ke pesta di lapangan yang dinamakan Theresienwiese sehingga orang lokal menyebut festival ini sebagai Wiesn. Dalam pesta rakyat ini, kamu bisa menikmati beragam makanan tradisional serta aneka bir Jerman.

Selain kuliner, berbagai acara seru dari budaya Bavaria juga ditampilkan. Saking populernya, Munich dikunjungi sekitar 6 juta orang selama festival berlangsung, yaitu pada akhir September hingga pekan pertama Oktober.

Nah, itulah sederet atraksi wisata yang bisa kamu nikmati bila berkunjung ke Munich. Walau tanpa Oktoberfest pada tahun ini, acara traveling kamu pasti tetap akan berkesan.

Baca Juga: 5 Festival Musik di Jerman yang Menarik untuk Dikunjungi

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya