Comscore Tracker

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat 

Spanyol punya 48 Situs Warisan Dunia UNESCO lho!

Ada apa di Spanyol? Segala kenikmatan hidup. Kekayaan arsitektur, seni, budaya dan sejarah yang istimewa, panorama indah, kuliner lezat, kehangatan masyarakat, dan tentunya sepak bola!

Tim nasional Spanyol adalah juara Piala Dunia 2010. La Furia Roja juga sudah 3 kali meraih gelar Piala Eropa. Siapa yang tak kenal Barcelona dan Real Madrid? El Classico adalah duel dua klub sepak bola raksasa Spanyol yang paling ditunggu-tunggu.

Spanyol juga merupakan destinasi wisata yang ditunggu-tunggu turis untuk segera dibuka. Sebagai salah satu negara yang paling parah terserang virus corona di Eropa, kunjungan turis asing ke tanah air flamenco ini anjlok hingga 80% tahun lalu.

Namun, pada 7 Juni 2021 Negeri Matador ini mulai menerima kunjungan turis mancanegara dengan syarat sudah divaksin. Perdana Menteri Pedro Sanchez telah mengumumkannya pada 21 Mei di Madrid.

Mau ke Spanyol? Inilah 10 kota menawan yang bakal membuat liburanmu berkesan.

1. Madrid 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Plaza di Cibeles, Madrid (www.spain.info)

Ibu kota Spanyol ini memiliki banyak tempat wisata luar biasa seperti Royal Palace alias istana kerajaan, Plaza Mayor, Puerta del Sol, Gran Via, jalan raya khusus pejalan kaki yang lebar dan nyaman, serta ruang terbuka hijau Buen Retiro Park. Di sini juga ada Biara dan Situs Escurial Madrid yang sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984.

Di setiap sudut kota Madrid bisa dibilang ada bar, gereja, dan museum. Museum Prado memamerkan koleksi seni kerajaan Spanyol.

Museum Reina Sofia menampilkan mahakarya Dali dan Picasso. Museum Thyssen-Bornemisza terbaik dalam seni kontemporer. Area ini dikenal sebagai El Paseo del Arte - Boulevard of the Arts.  

2. Barcelona 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Panorama Barcelona (spain.info)

Barcelona memiliki 9 Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satunya yang paling terkenal adalah Katedral Sagrada Familia yang dirancang arsitek termasyhur asal Catalan, Antoni Gaudi. Enam bangunan lainnya dalam daftar UNESCO merupakan karya Gaudi yaitu Parque Guell, Palau Guell, Casa Mila, Casa Vicens, Casa Batllo, dan Church of Colonia Guell. Sedangkan 2 lainnya adalah Palau de La Musica Catalana dan Hospital de La Santa Creu i de Sant Pau.

Ingin menikmati suasana kota sambil jalan kaki? La Rambla adalah kawasan paling tersohor untuk berjalan kaki dan bertemu sesama warga kota. Jalan besar dengan barisan pepohonan ini menghubungkan Monumen Columbus dan Placa de Catalunya. Alun-alun Catalonia merupakan penghubung segala jalan di Barcelona. Kamu bisa pergi ke mana saja dari sini dengan berbagai moda transportasi yang tersedia.

Kalau kamu ingin mendapatkan panorama spektakuler kota Barcelona dengan pedesaan serta pantainya, kamu bisa pergi ke Tibidabo, area perbukitan setinggi 512 meter. Kamu bisa puas memandangi kota tepi Laut Mediterania yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 1992 ini.

Di sinilah Indonesia pertama kali meraih medali emas Olimpiade yang dipersembahkan pebulutangkis Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

3. Valencia 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat La Lonja de la Seda de Valencia (spain.info)

Valencia merupakan kota pelabuhan yang menghubungkan perdagangan Spanyol dengan dunia, terutama dengan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika yang dikenal sebagai Jalur Sutra.

Tempat perdagangan sutra di Valencia dikenal sebagai La Lonja de la Seda de Valencia. Kawasan dengan arsitektur bangunan bergaya Gothic yang dibangun antara tahun 1482 dan 1533 ini telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1996.

Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Katedral Valencia yang dibangun pada 1238, Museum Seni Rupa (Museu de Belle Arts de Valencia), Mercado Central atau pasar sentral bergaya Art Nouveau serta L'Oceanogràfic, salah satu akuarium oseanografi terbesar di Eropa.

4. Granada 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Alhambra (spain.info)

Granada merupakan destinasi wisata tersohor di Andalusia. Di sini terdapat peninggalan arsitektur Islam yang luar biasa yaitu Kastil Alhambra beserta taman-tamannya, dan Generalife yaitu istana musim panas. Keduanya diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984.

Sedangkan kawasan kota tua Moor yang disebut The Albayzin atau Albaicín diakui UNESCO pada 1994.

Di Granada juga ada universitas ternama, kuliner yang lezat, serta musik khas dan tarian flamenco. Kamu juga bisa mengunjungi Katedral Granada yang indah yang dibangun pada 1523.

Di kapelnya ada makam Raja Ferdinand II dan Ratu Isabella I, yang merebut Granada dari orang-orang Moor dan juga mensponsori perjalanan Christopher Columbus.

5. Córdoba 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Masjid Cordoba (spain.info)

Kota kuno di wilayah selatan Spanyol ini pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Córdoba juga merupakan kota terpenting Islam di Barat pada Abad Pertengahan. Selama pemerintahan Moor di Spanyol, Masjid Agung Cordoba yang dikenal sebagai La Mezquita dibangun pada tahun 784 hingga 786.

Pada abad ke-13 saat Islam ditaklukkan Kristen, Masjid Cordoba diubah menjadi katedral namun tetap mempertahankan keorisinilan arsitektur Islam. Keindahannya yang menakjubkan serta keunikannya yang tetap terjaga membuat UNESCO mengakui Cordoba Mosque-Cathedral sebagai Situs Warisan Dunia pada 1984.

Sepuluh tahun kemudian (1994) daftar UNESCO di Cordoba ketambahan kawasan Pusat Sejarah Cordoba yang meliputi benteng Alcazar, tepian Sungai Guadalquivir, Jembatan Romawi dengan 16 lengkung yang melintasi Sungai Guadalquivir, serta Menara Calahorra. Pada 2018 Medina Azahara, Istana Versailles mini dalam gaya Arab, menyusul masuk sebagai situs UNESCO.

Baca Juga: 7 Desa Paling Cantik di Spanyol yang Bikin Traveler Jatuh Cinta 

6. Seville 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat La Giralda, Seville (spain.info)

Sejarah dan budaya Islam sangat kaya di sini karena Seville merupakan ibukota dinasti Moor yang dulu pernah berkuasa. Katedral Seville (Catedral de Santa María de la Sede) beserta La Giralda (Menara Lonceng), Real Alcazar (Istana Alcazar) dan General Archive of the Indies (Gedung Arsip) diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987. La Giralda yang dibangun pada abad ke-15 ini dulunya merupakan Menara Masjid Almohad.

Real Alcazar merupakan istana tertua di Eropa yang masih digunakan sampai sekarang saat keluarga Kerajaan Spanyol berkunjung ke Seville. Pembangunannya dimulai oleh bangsa Moor pada tahun 712 dan dilanjutkan setelah penaklukan kembali oleh umat Kristiani di bawah pimpinan Raja Pedro pada 1300-an.  

Seville juga merupakan rumah bagi tarian flamenco. Tarian khas Spanyol ini dapat dinikmati di Tirana, sebuah kawasan yang dipenuhi dengan kafe kecil dan tempat pertunjukan.

7. Bilbao 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Museum Guggenheim, Bilbao (spain.info)

Basque merupakan suatu wilayah otonomi Spanyol yang terasa seperti negara lain. Sebagai "komunitas otonom" bahasa, kuliner, arsitektur, seni dan budayanya pun berbeda dengan bagian Spanyol lainnya. Bilbao adalah ibukota Basque.

Di Bilbao ada atraksi wisata Arriaga Theatre, Deusto University, Plaza Nueva, Bilbao Town Hall, Begoña Basilica, Santiago Cathedral dan Mercado de la Ribera Market.

Kamu harus mengunjungi landmark kota yaitu Museum Guggenheim yang dirancang oleh arsitek Amerika Frank Gehry. Saking populernya, dua istilah baru muncul yaitu "The Bilbao Effect" dan "architourism", suatu perjalanan wisata mengunjungi berbagai landmark arsitektur kontemporer.

8. San Sebastian 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat San Sebastian (spain.info)

Wilayah Basque di Spanyol terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki pantai indah dan pemandangan menakjubkan. Di bagian utara ada provinsi Guipúzcoa yang memiliki pantai-pantai terindah dan salah satunya adalah San Sebastián.

Terletak di Teluk Biscay, tidak jauh dari perbatasan dengan Prancis, kota resor ini langsung menghadap Samudra Atlantik. Surga selancar dengan Pantai Zurriola yang memukau dan pantai La Concha yang menawan, kota ini dikenal sebagai Donostia oleh warga Basque.

Di San Sebastián juga ada sederet tempat wisata yang menarik seperti San Telmo Municipal Museum, Miramar Royal Palace, Basilica Santa María del Coro, Buen Pastor Cathedral dan Gereja San Vicente. Kamu juga bisa mendaki Monte Orgull, mengunjungi kota tua Parte Vieja, atau duduk-duduk di taman menikmati pintxos (tapas versi Basque).

9. Ibiza 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Ibiza (spain.info)

Pecinta pantai dan penggemar musik tentu tak ragu menyebut Ibiza sebagai destinasi wisata idaman. Merupakan pulau terbesar di Kepulauan Balearic, kelompok pulau resor utama di Laut Mediterania, keanekaragaman hayati dan kebudayaan Ibiza diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1999.

Ibiza merupakan tempat plesiran menyenangkan bagi semua orang. Sebagai desa nelayan kecil dengan pantai yang tenang, Ibiza juga menjadi tujuan populer untuk yoga dan relaksasi. Seperti Bali di Indonesia, apakah kamu ingin berpesta sepanjang malam atau bersantai menikmati keindahan alam, semuanya ada di pulau ini.

10. Málaga 

Sambut Turis Mulai Juni, Ini 10 Tujuan Wisata Spanyol Paling Memikat Malaga (spain.info)

Malaga memiliki pengaruh Moor atau peradaban Islam dalam arsitektur dan seni yang sangat kuat. Alcazaba yang dibangun pada abad ke-11 merupakan salah satu benteng Moor terbesar di Andalusia. Kastil Gibralfaro yang indah dibangun pada abad ke-14. Di kaki kastil ada kota tua dan teater peninggalan Romawi. Ada pula katedral besar bergaya Renaisans yang dikenal sebagai 'La Manquita'.

Malaga juga merupakan kota kelahiran pelukis hebat Pablo Picasso. Kamu dapat mengunjungi Museum Picasso yang memamerkan koleksi karyanya yang mengesankan.

Kalau ingin ke pantai kamu bisa mengunjungi Costa del Sol, tempat paling cerah di Eropa. Dengan tebing-tebing menakjubkan, teluk dan bukit pasir serta pemandangan indah laut Mediterania kamu pasti akan terpukau menikmatinya.

Nah, itulah 10 kota di Spanyol yang memikat hati. Semoga punya kesempatan untuk mengunjungi semuanya ya.

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Ragam Appetizer Khas Spanyol yang Menggugah Selera

Dessy Savitri Photo Verified Writer Dessy Savitri

Sports and books are my long time friends. Traveling and writing from time to time. Catch me at my Instagram @dessysavvy and my blog: dessysav.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya