Comscore Tracker

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021

Daya tariknya bikin pengin segera liburan

Wisata berkonsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan menjadi tren baru. Terutama semenjak kondisi pandemik yang membuat para wisatawan lebih tertarik berwisata di alam pedesaan. 

Pariwisata berkelanjutan merupakan konsep wisata yang memberikan dampak terhadap lingkungan, budaya, sosial, dan ekonomi. Baik untuk masyarakat lokal maupun skala nasional. 

Sehingga konsep wisata seperti ini gak sekedar membuka tempat wisata, tetapi juga memperhitungkan dampak ke depannya. Tentunya hal ini akan membuat wisatawan lebih memperhatikan beberapa protokol yang berkaitan dengan kelestarian alam, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan. 

Baru-baru ini ada beberapa daftar desa yang mendapatkan Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan dari  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Penasaran desa mana saja? Simak daftar lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Desa Batulayang menjadi desa berkelanjutan pertama di Bogor. Meski tersembunyi, fasilitasnya lengkap, ada glamping, outbond, dan kolam renang

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Batulayang, Bogor (instagram.com/desa.wisatabatulayang)

2. Desa Kandri, Semarang, masih menjaga kelestarian alam dan budayanya. Mayoritas warga berprofesi sebagai petani

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Kandri, Semarang (instagram.com/desawisatakandri.official)

3. Desa Nglanggeran, Yogyakarta, ini pernah masuk Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days pada 2018

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Nglanggeran, Yogyakarta (instagram.com/nuki__ikun)

4. Di Desa Pentingsari, Yogyakarta, kamu bisa belajar tentang lingkungan, pertanian, kewirausahaan, hingga seni tradisional

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Kunjungan Menparekraf, Sandiaga Uno ke Desa Pentingsari, Yogkarta (instagram.com/desawisatapentingsari)

5. Desa Candirejo, Magelang, gak hanya menyuguhkan alam yang indah. Desa ini juga memiliki beberapa aktivitas wisata yang menarik

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Candirejo, Magelang (instagram.com/desawisatacandirejo2021)

6. Di Desa Jatimulyo, Magelang, kamu bisa trekking ke taman sungai, susur gua, hingga mengamati keanekaragaman hewan liar

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Jatimulyo, Magelang (instagram.com/jehnyolivia)

Baca Juga: 20 Desa Wisata Terbaik di Indonesia 2021, Pesonanya Mengagumkan 

7. Ada beberapa hal menarik di Desa Osing Kemiren, Banyuwangi. Kamu bisa melihat tradisi Gedhogan dan pertunjukan Barong Osing

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Dapur pengolahan biji kopi di Desa Osing Kemiren, Banyuwangi (instagram.com/desa_kemiren)

8. Desa Penglipuran adalah salah satu wisata terpopuler di Bali. Desa ini sangat bersih, tertata rapi, dikelilingi rumah-rumah penduduk yang unik

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Penglipuran, Bali (instagram.com/desa_adat_penglipuran)

9. Desa Sesaot di Lombok jadi tempat tinggal Suku Sasak. Desa ini menjadi jalur geowisata menuju Gunung Rinjani

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Desa Sesaot, Lombok (instagram.com/sesaotparadise)

10. Desa Liang Ndara menjadi destinasi unik di Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdapat jalur trekking dan beberapa air terjun yang cantik

10 Desa Wisata Berkonsep Sustainable Tourism di Indonesia 2021Pertunjukkan ritual Caci di Desa Liang Ndara, Flores, Nusa Tenggara Timur (instagram.com/yudhincex)

Itulah beberapa desa wisata berkonsep sustainable tourism di Indonesia sebagai inspirasi liburanmu selanjutnya. Buat kamu pencinta alam yang ingin mempelajari budaya khas Indonesia, wajib ke desa-desa di atas, deh!

Baca Juga: 10 Desa Wisata Dekat Sirkuit Mandalika yang Menjadi Magnet Wisatawan  

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya