Comscore Tracker

5 Hutan Paling Unik di Indonesia, Suasananya bak Negeri Dongeng

#IDNTimesTravel Jangan lupa isi baterai kamera hingga penuh

Selama pandemik, popularitas wisata alam meningkat pesat. Sebab, alam terbuka dianggap bisa menyegarkan pikiran bagi yang sudah terlalu lama berada di rumah.

Apalagi udara terbuka memiliki sirkulasi yang sangat baik, sehingga meminimalisir penyebaran virus corona.  Ada banyak pilihan wisata alam yang bisa kamu pilih saat liburan.

Selain pantai dan gunung, kamu bisa memilih hutan-hutan unik dan menarik. Suasananya akan membawa kita seakan berada di negeri dongeng, berikut lima hutan paling unik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

1. Hutan De Djawatan

5 Hutan Paling Unik di Indonesia, Suasananya bak Negeri DongengHutan De Djawatan, Banyuwangi (instagram.com/liburanlagi_id)

Jika kamu pernah menonton film Lord of the Rings, mungkin akan teringat pada suatu adegan di sebuah hutan yang berlokasi di Selandia Baru. Hutan De Djawatan ini sangat mirip dengan hutan dalam film tersebut. 

Hutan ini dipenuhi pepohonan trembesi berukuran besar dengan akar menjalar yang terlihat estetik. Menariknya, pohon trembesi merupakan salah satu tumbuhan penghasil oksigen terbaik, lho. Kamu bisa menghirup udara segar dengan leluasa sekaligus berfoto. 

Lokasi: Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000.

2. Hutan Bambu Keputih

5 Hutan Paling Unik di Indonesia, Suasananya bak Negeri DongengHutan Bambu Keputih, Surabaya (instagram.com/jmphoto3399)

Ingin merasakan nuansa khas Jepang? Kamu bisa berkunjung ke Hutan Bambu Keputih di Surabaya. Ternyata, sebelum 'disulap' menjadi hutan bambu, tempat ini merupakan tempat pembuangan akhir. 

Kini Hutan Bambu Keputih ini menjadi salah satu tempat wisata menarik yang berada di lahan seluas 40 hektare. Tempat ini sering digunakan sebagai spot selfie hingga pre wedding, lho. 

Lokasi: Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.  

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: gratis. 

3. Hutan Lumut Gunung Singgalang

5 Hutan Paling Unik di Indonesia, Suasananya bak Negeri DongengHutan Lumut Gunung Singgalang, Sumatera Barat (instagram.com/shellaoktoberiza)

Buat kamu yang hobi mendaki, wajib mengunjungi Hutan Lumut Gunung Singgalang. Sesuai dengan namanya, hutan ini berada di jalur pendakian Gunung Singgalang.

Pepohonan yang diselimuti lumut menjadi daya tarik utamanya. Saat berada di sana, kamu bisa merasakan sensasi berada di dalam film petualangan Hollywood. Menarik banget, ya?

Lokasi: Jalur pendakian Gunung Singgalang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. 

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp10 ribu. 

Baca Juga: Info Wisata Broadway Alam Sutera: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips 

4. Hutan Trinil

5 Hutan Paling Unik di Indonesia, Suasananya bak Negeri DongengHutan Trinil, Lamongan (instagram.com/muhamadhakim96)

Hutan Trinil gak kalah unik dengan hutan-hutan lainnya. Hutan ini memiliki pohon dengan batang yang melingkar seperti akar.

Banyak yang menyebut pohon ini seperti yang ada di dunia Harry Potter. Selain itu, pepohonan di Hutan Trinil sangat rimbun dan membuat udara sejuk. 

Lokasi: Lembor, Sendangharjo, Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. 

Harga tiket: Rp5.000.

5. Hutan Bonsai Fatumnasi

5 Hutan Paling Unik di Indonesia, Suasananya bak Negeri DongengHutan Bonsai Fatumnasi, Nusa Tenggara Timur (instagram.com/timor_raya)

Pohon-pohon bonsai di Hutan Bonsai Fatumnasi dikabarkan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Di hutan ini, kamu akan disuguhkan pemandangan pepohonan bonsai yang super tinggi.

Menariknya, pepohonan bonsai di sana diselimuti lumut-lumut bergelantungan. Suasana unik ini hanya bisa kamu temukan di Hutan Bonsai Fatumnasi. 

Lokasi: Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. 

Jam operasional: 24 jam. 

Harga tiket: gratis. 

Nah, itulah beberapa hutan paling unik di Indonesia sebagai inspirasi pelesiranmu. Hutan mana yang menurutmu paling menarik?

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Wisata Alam yang Indah di Bogor, Gak Cuma Puncak

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya