Comscore Tracker

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Mulai dari kuliner hingga suvenirnya, semuanya unik

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi impian para traveler. Bukan cuma wisawatan Indonesia, para turis mancanegara pun selalu memimpikannya. Salah satu daerah yang dikelilingi banyak pulau dan pantai yang eksotis ini menyimpan banyak keindahan alam yang gak boleh dilewatkan.

Nah, kalau sudah ke sini, wajib banget membawa oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Labuan Bajo.

1. Rebok

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangpinterest.com/livestrongcom

Rebok merupakan camilan khas yang berbentuk bubuk, terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung beras. Lebih nikmat jika disajikan dengan roti susu atau buah alpukat.

Kuliner khas Manggarai ini wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Rebok juga mudah ditemukan di beberapa toko suvenir di Labuan Bajo. 

2. Kopi Manggarai

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulanginstagram.com/kopiflores_manggarai

Berkunjung ke Labuan Bajo gak lengkap rasanya kalau tak membeli kopi khas Manggarai, Flores, ini. Kopi bubuk ini berwarna hitam pekat dengan rasa yang nikmat.

Kamu bisa membeli kopi ini dalam bentuk kemasan dengan beragam merek yang tersedia di toko-toko suvenir di Labuan Bajo. 

3. Ikan cara dan ikan kering

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangpinterest.com/supian19881010

Karena warga Labuan Bajo mayoritas nelayan, kamu wajib membeli oleh-oleh ini. Ikan cara dan ikan kering berbentuk pipih dan biasanya dijual dengan cara diikat, lalu ditimbang.

Jika kamu tertarik untuk membeli ikan ini, disarankan membelinya di tempat pelelangan ikan karena harganya lebih murah. Ikan-ikan ini sangat nikmat disajikan dengan cara digoreng dan dicocol sambal terasi. 

Namun, kalau kamu naik pesawat dan perjalanan jauh, biasanya kesulitan untuk membawanya. Sebab, maskapai akan melarang pembawaan bahan makanan yang berbau menyengat.

4. Roti kompiang

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulanginstagram.com/mdotluna

Sekilas, roti kompiang mirip roti burger. Roti kompiang terbuat dari olahan tepung dan dilengkapi dengan taburan biji wijen di atasnya. Teksturnya cenderung keras, karena diproses dengan cara dipanggang di atas bara. 

5. Banana cake

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangsimply-delicious-food.com

Banana cake juga menjadi salah satu oleh-oleh makanan yang wajib dibawa pulang dari Labuan Bajo. Kamu bisa mendapatkannya di La Bajo Flore Coffee yang ada di kawasan Bandara Komodo saja. 

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak & Wajib di Bawa Pulang

6. Jintan

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangtokopedia.com

Oleh-oleh makanan lainnya dari Labuan Bajo adalah jintan. Jintan berupa roti kering berukuran kecil.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan jintan. Rasanya manis dan teksturnya renyah. Makanan yang satu ini bisa kamu dapatkan di pasar tradisional Labuan Bajo. 

7. Pernak-pernik mutiara

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangpinterest.com/preciously4u

Ke Labuan Bajo gak lengkap kalau gak membeli pernak pernik mutiara. Buat kamu yang ingin memberikan hadiah ke orang tersayang, oleh-oleh khas Labuan Bajo ini wajib dibawa pulang. Jika ingin mendapatkan harga murah, kamu harus mengunjungi pasar suvenirnya.

8. Kaos Chomabee

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangpicbear.org

Gak cuma Bali, Bandung, atau Yogyakarta saja yang punya kaos khas, Labuan Bajo juga punya, lho. Kaos Chomabee namanya. Kaos di sana rata-rata didominasi dengan gambar komodo atau Pulau Komodo.

9. Kain songke

9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulangpinterest.com/indonesia.travel

Selain kaos, kamu juga bisa membeli kain songke khas Manggarai yang biasanya digunakan untuk pakaian adat. Motif dan warna-warnanya unik membuat kain tradisional ini tampak lebih menarik. Kain ini bisa mendapatkannya di toko-toko suvenir di sana.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh Labuan Bajo yang bisa dibawa pulang untuk orang tersayang. Selamat memborong!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Makassar yang Paling Populer dan Murah Meriah

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya