Comscore Tracker

5 Bangunan Kuno Penuh Sejarah di Kroasia yang Wajib Masuk Itinerary

Di antaranya bangunan megah #IDNTimesTravel

Kroasia bukanlah sebuah negara yang besar, negara yang berhadapan dengan Laut Adriatik tersebut, hanya memiliki penduduk sekitar 4,7 juta jiwa, bahkan masih lebih sedikit dari penduduk di DKI Jakarta. Kroasia juga berbatasan dengan negara-negara Balkan lainya macam Slovenia, Serbia dan Bosnia Herzegovina.

Namun soal sejarah, mereka memiliki beberapa tempat yang bisa dikatakan cukup memberikan fakta bahwa negara tersebut merupakan negara yang kaya akan cerita masa lampau. Beberapa bangunan bersejarahnya pun hingga kini masih terawat cukup baik.

1. Katedral Zagreb

5 Bangunan Kuno Penuh Sejarah di Kroasia yang Wajib Masuk Itinerarypotret Katedral Zagreb (instagram.com/total_europe)

Katedral yang dibangun pada awal abad ke-13 ini merupakan bangunan yang tertinggi di Kroasia. Meski sempat hancur akibat pengepungan yang dilakukan bangsa Mongol pada tahun 1242, tetapi kemudian dibangun kembali oleh Timotius beberapa tahun kemudian. Adanya menara pengawas serta benteng di sekitar Katedral, dikarenakan pada akhir abad ke-15 Kesultanan Utsmaniyah menyerbu Kroasia yang kala itu mengancam bangunan tersebut.

Katedral ini sendiri pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi Zagreb 1880, sebelum dibangun kembali oleh Hermann Bollé (arsitek Austro-Hungaria yang berasal dari Perancis-Jerman) dengan gaya abad pertengahan. Dua menara di sisi barat juga didirikan selama proses rekontruksi ulang tersebut.

2. Arch of the Sergii

5 Bangunan Kuno Penuh Sejarah di Kroasia yang Wajib Masuk Itinerarypotret Arch of the Sergii (instagram.com/imstalex)

Arch of the Sergii merupakan salah satu monumen yang memiliki arsitektur seni klasik Romawi dan paling berharga merupakan salah satu bangunan kuno terindah yang terletak di Kota Pula, bagian barat dari Kroasia. Arch of the Sergii adalah salah satu dari banyaknya monumen pribadi yang dibangun oleh Salvia Postuma dari untuk menghormati tiga aggota laki-laki dari keluarga Sergii.

Monumen yang dibangun pada 29 SM hingga selesai pada 27 SM ini memiliki relief yang menggambarkan sebuah kereta perang yang ditarik oleh kuda, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi para banyak penggemar sejarah serta seniman dari berbagai penjuru dunia.

3. Istana Diokletianus

5 Bangunan Kuno Penuh Sejarah di Kroasia yang Wajib Masuk Itinerarypotret Istana Diokletianus (instagram.com/tanjaa.st)

Dibangun pada abad keempat untuk Kaisar Romawi Diokletianus, Istana tersebut lebih menyerupai benteng karena struktur bangunannya yang cenderung lebih besar. Tempat yang juga bagian dari situs warisan Dunia UNESCO tersebut menjadi rumah singgah bagi Diokletianus serta sebagian areanya merupakan markas milik tentara Romawi.

Istana Diokletianus yang berwarna putih berasal dari gamping lokal dan marmer berkualitas tinggi, yang sebagian besar berasal dari tambang marmer di Pulau Brač. Istana ini juga menggabungkan arsitektur villa mewah dan kamp militer, dengan gerbang serta menara pengawas yang cukup megah.

4. Pula Arena

5 Bangunan Kuno Penuh Sejarah di Kroasia yang Wajib Masuk Itinerarypotret Pula Arena (instagram.com/amazalac)

Pula Arena merupakan amfiteater Romawi kuno yang terletak di Kota Pula, Kroasia. Pula Arena menjadi satu-satunya amfiteater Romawi yang mempunyai empat menara samping yang hingga kini masih berdiri dengan kokoh. Dibangun antara 27 SM hingga 68 M, Pula Arena termasuk amfiteater terbesar Romawi diantara enam banguna lainnya yang masih bisa bertahan hingga kini.

Saat ini, Pula Arena sudah menjadi tempat untuk berbagai acara festival film sejarah, konser, balet, pertunjukan-pertunjukan teater, serta berbagai kompetisi olahraga, karena kapasitasnya yang hanya mampu menampung sekitar 5000 penonton.

5. Gereja St Donatus

5 Bangunan Kuno Penuh Sejarah di Kroasia yang Wajib Masuk Itinerarypotret Gereja St Donatus (instagram.com/_explorer_bz)

Gereja St Donatus atau penduduk lokal biasa menyebunya Donatus Zadar adalah sebuah gereja yang berlokasi di Zadar, sebuah kota di pesisir laut Adriatik, Kroasia. Diketahui, bangunan ini sudah mulai dikerjakan pada abad ke-9.

Dahulunya, Gereja ini bernama Holy Trinity, namun sekitar abad ke-15, nama gereja ini diubah menjadi Gereja St Donatus Zadar untuk menghargai dedikasi Santo Donatus. Menjadi Gereja bergaya Pre-Romanesque terbesar di Kroasia.

Lima bangunan kuno tersebut bisa jadi referensi menarik liburanmu di Kroasia. Kamu juga bisa berwisata sambil belajar sejarah yang ada di salah satu bagian negara balkan tersebut.

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya