Comscore Tracker

Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan Dilewatkan

Salah satunya merupakan tempat tinggal Sultan Brunei

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara berdaulat yang terletak di pesisir utara Pulau Kalimantan. Negara yang memiliki luas 5765 kilometer persegi ini menjadi salah satu negara terkaya di Dunia.

Status tersebutlah yang membuat Brunei memiliki berbagai bangunan yang terkesan megah dan mewah. Rata-rata bangunan itu dibangun di era Kesultan Hassanal Bolkiah yang kini menjadi sultan ke-29 dari negara yang merdeka pada 1 Januari 1928 tersebut.

Berikut bangunan megah di Brunei Darussalam yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Istana Nurul Iman

Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan Dilewatkanpotret Istana Nurul Iman (instagram.com/facts.bn)

Diresmikan pada tahun 1984, istana yang terkenal akan kubah emas raksasanya ini digadang-gadang sebagai salah satu kompleks Istana paling megah seantero dunia. Terletak di bukit yang berada di tepi Sungai Brunei, istana yang memiliki arti Istana Cahaya tersebut juga menjadi kediaman Sultan Brunei beserta keluarga kerajaan.

Yang menarik dari Istana Nurul Iman adalah ketika hari raya Idulfitri tiba, gerbang istana yang biasanya tertutup rapat untuk umum akan dibuka selama 3 hari sehingga para wisatawan bisa langsung menyaksikan kemegahan serta kemewahan dengan arsitektur khas Brunei Darussalam.

2. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan DilewatkanMasjid Sultan Omar Ali S. (instagram.com/halaltravelscom)

Letaknya yang tak jauh dari komplek Istana Nurul Iman, membuat Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin selalu ramai oleh pengunjung yang datang untuk berfoto maupun beribadah di Masjid yang kini sudah menjadi landmark dari negara Brunei Darussalam.

Kemegahan masjid yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 1958 ini akan terlihat di kala matahari terbenam di mana gemerlap lampu-lampunya serta kubah emas yang mewarnai langit gelap Brunei Darussalam yang menjadikan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin menjadi lebih cantik.

Baca Juga: 9 Olahan Tradisional Populer dari Brunei Darussalam, Dijamin Lezat!

3. Balai Khazanah Islam Sultan Haji Hassanal Bolkiah

Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan DilewatkanBalai Khazanah Islam (instagram.com/discoveringborneo)

Museum yang didirikan oleh Sultan Hassanal Bolkiah ini berfungsi untuk menjadi alat pengetahuan dan warisan Islam secara global. Balai Khazanah Islam Sultan Haji Hassanal Bolkiah juga merupakan museum yang berisi beberapa artefak, naskah, serta quran yang menjadi pusat penelitian untuk koleksi dan penyebaran karya ilmiah Islam.

Desain dari museum ini sendiri sangat kental dengan arsitektur lokal Brunei Darussalam dengan desain khas Islam yang dominan. Terletak di salah satu titik tertinggi di Bandar Seri Begawan, Balai Khazanah Islam masih berada di satu komplek dari Istana Kesultanan Brunei.

4. Masjid Jame' Asr Hassanal Bolkiah

Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan DilewatkanMasjid Jame 'Asr Hassanal Bolkiah (instagram.com/kyokoo_zzz)

Masjid Jame' 'Asr Hassanal Bolkiah merupakan rumah ibadah umat muslim yang diwakafkan oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang merupakan Sultan Brunei ke-29 yang hingga kini masih menjabat.

Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1988 di atas lahan seluas 20 hektar yang terletak di Kiarong, Bandar Seri Begawan dan diresmikan pada 14 Juli 1994.

Masjid Jame' Asr Hassanil Bolkiah diberi gelar Masjid terbesar di Brunei Darussalam karena dapat menampung 5.000 jemaah sekaligus. Tak hanya itu saja, masjid ini juga memiliki 29 kubah emas serta empat menara yang menjulang dengan ketinggian 58 meter.

5. Museum Alat Kebesaran Diraja

Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan DilewatkanMuseum Alat Kebesaran Diraja (instagram.com/brunei_spots)

Museum Alat Kebesaran Diraja atau yang lebih dikenal dengan nama Royal Regalia Building merupakan sebuah museum yang menampilkan barang-barang berupa alat-alat kebesaran diraja serta acara peringatan 25 tahun pemerintahan Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Terletak tepat di jantung ibu kota Bandar Seri Begawan, bangunan yang memiliki kubah raksasa berwarna putih tersebut, dibuka secara resmi pada 30 September 1992 oleh Sultan Brunei ke-29 sendiri. Museum ini juga menjadi salah satu tujuan wisata edukasi bagi para turis dari berbagai mancanegara.

Itulah lima bangunan megah yang ada di Brunei Darussalam. Kkayaan Sultan Brunei yang ditaksir mencapai 28 miliar dolar AS atau setara Rp411 triliun membuatnya begitu mudah untuk membuat bangunan-bangunan yang begitu megah dan mewah di tanah kekuasaannya tersebut.

Baca Juga: [QUIZ] Kuis tentang Brunei Darussalam, Negara Pangeran Mateen

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya