Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!

Liburan jadi seru dan menyenangkan!

Port Moresby merupakan ibu kota dan kota terbesar dari negara tetangga Indonesia, yaitu Papua Nugini. Mungkin dari segi pariwisata, kota ini tak cukup dikenal oleh para wisatawan. Padahal, Port Moresby punya banyak destinasi wisata yang layak untuk masuk bucket list.

Dari taman alam, gedung pemerintahan, museum, hingga cagar alam ada di kota yang didirikan pada tahun 1873 ini. Kira-kira apa saja tempat wisata yang ada di Port Moresby? Berikut informasinya.

1. Port Moresby Nature Park

5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!Port Moresby Nature Park (instagram.com/putuhsuadela)

Dikunjungi lebih dari 145 ribu orang setiap tahunnya, Port Moresby Nature Park bisa dikatakan sebagai destinasi wisata utama paling populer di Papua Nugini. Taman Alam ini memiliki luas area sekitar 30 hektar dan menjadi rumah bagi ratusan hewan maupun spesies tanaman.

Ini adalah satu-satunya taman margasatwa di Papua Nugini yang diakui secara internasional. Selain fungsinya sebagai tempat wisata, Port Moresby Nature Park juga diperuntukkan untuk pendidikan serta kesejahteraan hewan demi menjaga habitatnya.

2. National Parliament House

5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!National Parliament House (instagram.com/ozozoz8)

National Parliament House merupakan gedung artistik yang menjadi rumah bagi Badan Legislatif Unikameral atau yang biasa disebut Parlemen Nasional Papua Nugini. Gedung ini dibuat pada tahun 1964, yang kemudian secara resmi dibuka pada tahun 1984.

Dengan arsitektur Melanesia yang cukup menawan, gedung ini sering dijadikan alternatif tujuan oleh wisatawan. Di tambah lagi area taman di sekitar gedung yang instagramable, membuat National Parliament House layak untuk dikunjungi.

3. National Museum and Art Gallery

5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!NMAG (instagram.com/oliviadesaintluc)

Sebagai museum paling terkenal di Papua Nugini, National Museum and Art Gallery atau yang biasa disebut NMAG ini memang benar-benar layak untuk dikunjungi. Museum ini dibangun pada tahun 1975, di mana sebagian dananya didapatkan dari pemerintah Australia.

Di dalamnya, terdapat banyak objek dan karya seni yang mencerminkan budaya atau masyarakat asli Papua Nugini. Koleksinya meliputi alat musik, perhiasan tubuh, serta lebih dari 50.000 objek etnografi yang didapatkan dari semua wilayah di Papua Nugini.

Baca Juga: 10 Hotel Terbaik di Dunia Versi Travel and Leisure, Ada Ubud Lho! 

4. Varirata National Park

5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!Varirata National Park (instagram.com/raonraonpng)

Varirata National Park atau Taman Nasional Varirata yang resmi dibuka pada tahun 1973 adalah taman nasional pertama di Papua Nugini. Taman ini berlokasi di timur laut pusat kota Port Moresby, sekitar 23 kilometer di tepi dataran tinggi Sogeri.

Varirata National Park memiliki luas total lebih dari 1000 hektar, dan terletak pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Dari taman ini juga, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah kota Port Moresby dari ketinggian.

5. National Orchid Garden

5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!National Orchid Garden (instagram.com/tolai_publicity_png)

Sesuai namanya, National Orchid Garden atau Taman Anggrek Nasional menjadi rumah bagi ratusan jenis anggrek yang cantik. Ratusan anggrek tersebut diantaranya adalah hibrida, anggrek keturunan, dan asli Papua Nugini.

Ada sedikit tips jika ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Datanglah setidaknya pada bulan April, karena pada bulan tersebut semua anggrek sedang bermekaran.

Itu dia tempat wisata yang bisa jadi referensimu kala mengunjungi Port Moresby. Mulai dari wisata alam hingga museum, semuanya bisa kamu temukan di ibu kota Papua Nugini ini.

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya