Comscore Tracker

5 Fakta Alun-alun Surabaya, Wisata Bawah Tanah yang Keren Abis!

Banyak spot foto estetik yang bikin salah fokus

Alun-alun Surabaya menjadi hidden gem sebelum banyak dikenal orang-orang dari TikTok. Tempat ini memiliki kesan bersejarah yang bikin nostalgia.

Dengan bangunan putih dan bentuk yang terlihat seperti zaman dulu, Alun-alun dengan ruangan di bawah tanah ini didesain banyak kaca, lho. Berikut lima fakta Alun-alun Surabaya, wisata bawah tanah yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Terletak di bawah tanah

5 Fakta Alun-alun Surabaya, Wisata Bawah Tanah yang Keren Abis!fasilitas eskalator bawah tanah (Instagram.com/chepyunitas)

Unik dari yang lainnya, alun-alun Surabaya ini terletak di bawah tanah. Kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 09.00-20.00 WIB setiap hari.

Namun, masa pandemik membuat adanya batasan kapasitas pengunjung untuk setiap 30 menit. Lokasi Alun-alun Surabaya terletak di Jalan Gubernur Suryo Nomor 15, Embong Kaliasin, Surabaya, Jawa Timur.

2. Punya banyak fasilitas yang menarik

5 Fakta Alun-alun Surabaya, Wisata Bawah Tanah yang Keren Abis!perpustakaan alun alun surabaya (Instagram.com/fachtur_r.i)

Beragam fasilitas bisa kamu temukan di sini, mulai dari tempat perbelanjaan, tempat makan untuk nongkrong, perpustakaan, dan aktivitas skateboard. Lantai pertama menjadi pusat perbelanjaan dan lantai 2 untuk tempat parkir.

Bagi difabel, Alun-alun Surabaya menyediakan sarana untuk bisa tetap berkunjung dan menikmati wisata, yaitu eskalator dan lift. Air mancur menari ditampilkan dengan dome kaca yang keren.

3. Masyarakat memberi usulan nama baru

5 Fakta Alun-alun Surabaya, Wisata Bawah Tanah yang Keren Abis!alun alun surabaya (Twitter.com/dishubsurabaya)

Dianggap tidak sesuai dengan histori Surabaya, masyarakat berharap nama Alun-Alun Surabaya diharap diganti. Nama ini menenggelamkan fakta Balai Pemuda terkait letak Alun-Alun Surabaya.

Tim Cagar Budaya Surabaya menilai miris karena warga yang tidak mengenal sejarah kotanya sendiri. Maka usulan yang diberikan adalah Alun-alun Simpang atau tetap Balai Pemuda.

Baca Juga: Gak Melulu Mall, 5 Wisata Waduk di Surabaya Ini Jadi Pelepas Penat 

4. Salah satu wisata gratis di Surabaya

5 Fakta Alun-alun Surabaya, Wisata Bawah Tanah yang Keren Abis!interior kaca alun alun surabaya (Instagram.com/idhomarcello_)

Menariknya, masuk ke Alun-alun Surabaya gratis tanpa tiket masuk, lho. Alun-alun Surabaya dibuka untuk publik dan menjadi tempat kunjungan yang diminati. 

Desainnya sangat modern dan cocok untuk berswafoto. Kalau biasanya alun-alun ada di tengah kota, Alun-alun Surabaya ini menarik dan bisa dikunjungi siapa pun.

5. Sempat viral saat pembukaan perdananya

5 Fakta Alun-alun Surabaya, Wisata Bawah Tanah yang Keren Abis!alun alun surabaya (Twitter.com/SapawargaSby)

TikTok menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, media sosial ini juga sering kali membuat sebuah tren. 

Pengaruh yang diberikan aplikasi ini begitu besar, bahkan Alun-alun Surabaya bisa ramai karena Tiktok. Seseorang mengunggah tempat ini dan menjadi viral dengan 600 ribu kali ditonton sebelum 24 jam, lho.

Beberapa fakta Alun-alun Surabaya ini wajib kamu tahu. Di balik penampilannya yang indah dan modern, nyatanya tetap terlihat vintage karena mempertahankan bangunan bersejarah lainnya.

Baca Juga: 5 Wisata Malam Terbaik di Surabaya, Malming Makin Seru!

agatha dominique Photo Verified Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya