Comscore Tracker

Yuk! Bertamu ke Villa Kerajaan Thailand 

Dulunya kawasan ini ladang opium, lho!

Chiang Rai, IDN Times - Hawa sejuk langsung menyambut saat kami tiba di Doi Tung, Chiang Rai, Thailand, Senin (24/9). Berada di ketinggian 1,389 meter di atas laut, Doi Tung menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Chiang Rai. 

"Tempat ini sangat istimewa karena di sini terdapat Villa," kata Nuanwan Hansanawin, pemandu wisata, kepada IDN Times, Senin (24/9).  

Villa yang dimaksud adalah Doi Tung Royal Villa atau rumah peristirahatan keluarga Kerajaan Thailand. Vila ini dibangun atas instruksi Princess Srinagarindra (1900-1995) atau lebih dikenal sebagai Princess Mother pada 1988. 

Berdiri di puncak bukit, Royal Villa terlihat begitu anggun. Sebab bangunan ini hampir seluruh lantai dan dindingnya terbuat dari kayu, selaras dengan lingkungan sekitarnya yang hijau. 

Namun siapa sangka jika daerah yang kini hijau penuh bunga ini dulunya adalah ladang opium? 

1. Awalnya adalah ladang opium

Yuk! Bertamu ke Villa Kerajaan Thailand IDN TImes/Dwi Agustiar

Wilayah Doi Tung semula adalah ladang opium yang luas. Warga setempat kala itu menanam opium kemudian menjualnya ke kawasan Golden Triangle atau segitiga emas yang letaknya tak jauh dari Doi Tung. 

"Opium masih menjadi primadona di Doi Tung sampai Princess Mother menunjungi daerah ini pada 1988. Saat itu, ia langsung menyatakan perang terhadap opium," kata Nuanwan Hansanawin. 

Ladang-ladang opium di Doi Tung kemudian dibabat habis. Sebagai gantinya, masyarakat diminta menanam kopi dan macademia. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menyulap ladang-ladang opium menjadi kebun-kebun kopi.  

Baca Juga: Wisata: Melacak Jejak Opium di Golden Triangle

2. Mengganti opium dengan bunga

Yuk! Bertamu ke Villa Kerajaan Thailand IDN TImes/Dwi Agustiar

Selain meminta masyarakat menanam kopi sebagai pengganti opium, Princess Mother juga mengajak masyarakat menghijaukan kembali perbukitan dan menanaminya dengan berbagai jenis bunga.  

Hasilnya tak mengecewakan: pohon-pohon opium kini musnah dan Doi Tung perlahan namun pasti menjadi perbukitan hijau. Pada saat bersamaan bunga-bunga bermekaran. Kini kawasan seluas 12 hektare ini dikenal dengan nama Mae Fah Luang Garden.  

3. Berapa harga tiket masuknya?

Yuk! Bertamu ke Villa Kerajaan Thailand IDN TImes/Dwi Agustiar

Untuk bisa menikmati indah dan segarnya Mae Fah Luang Garden, kamu diharuskan membeli tiket terlebih dahulu. Harganya tidak mahal kok, hanya 90 Bath atau sekitar Rp 40 ribu untuk pengujung dewasa dan 45 Bath untuk pelajar.  

Sementara untuk bisa masuk ke Doi Tung Royal Villa atau Vila Kerajaan Thailand, kamu diharuskan membeli tiket lagi sebesar 90 Bath untuk dewasa dan 45 Bath untuk pelajar. Anak dengan tinggi badan di bawah 120 cm gratis. 

Oya, Mae Fah Luang Garden buka mulai pukul 06.30-18.00. Sementara Doi Tung Royal Villa mulai dibuka pukul 07.00-17.30. Pengunjung Doi Tung Roya Villa diwajibkan berpakaian sopan. Selain itu, pengunjung juga dilarang memotret selama berada di dalam vila.

4. Hanya satu jam perjalanan dari Chiang Rai International Airport

Yuk! Bertamu ke Villa Kerajaan Thailand chiangraiairportthai.com/

Jarak dari Chiang Rai International Aiport menuju Doi Tung Royal Villa atau Mae Fah Luang Garden tidak begitu jauh, hanya sekitar 50 kilometer. Dengan situasi jalan di Chiang Rai yang cenderung lancar, perjalanan menuju Doi Tung Royal Villa hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Perjalanan akan semakin mengasyikan saat mulai memasuki wilayan Doi Tung. Sebab pohon-pohon tinggi berjejer di sepanjang jalan. Suasana sejuk juga mulai terasa di kulit. So, tunggu apa lagi!

Baca Juga: Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini Ditutup

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya