Comscore Tracker

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu 

Lokasi syuting 'Doctor Strange' nih!

Kathmandu adalah ibukota negara mungil bernama Nepal. Negara yang memiliki bentuk bendera paling nyeleneh di dunia ini ternyata pun menyimpan banyak eksotisme budaya yang tak kalah uniknya dengan bendera mereka.

Berikut tujuh tempat yang bisa jadi bukti kemolekan Kathmandu. 

1. Swayambhunath Monkey Temple

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/beyondreaming

Bukan hanya candi atau kuil biasa, tempat ini dihuni ratusan kera liar yang dilindungi keberadaannya. Letaknya ada di sebuah bukit di kota Kathmandu dan sudah ada sejak abad ke-5. Setiap stupanya berlapis emas dan didekorasi dengan simbol-simbol keagamaan tertentu.

Dari puncak, kamu bisa melihat pemandangan kota Kathmandu yang elok. 

2. Boudhanath Stupa

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/gyalbum

Boudhanath Stupa merupakan salah satu stupa Buddha terbesar di dunia yang disimbolkan sebagai simbol perdamaian juga. Satu hal khas yang  dimiliki stupa ini adalah simbol dua mata besarnya di masing-masing stupa.

Meski sudah ada sejak abad ke-14, tempat ini baru dijadikan lokasi persembahan utama oleh penganut Buddha pada tahun 1950an. Itu terjadi saat para pengungsi dari Tibet hijrah ke Nepal. 

3. Kathmandu Durbar Square

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/the.wandering.key

Ini merupakan salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO. Tempat ini merupakan situs penting bagi penganut Buddha dan Hindu di Nepal, sebab selain sebuah istana yang dijadikan proses seremonial Kerajaan, situs ini pun difungsikan sebagai tempat peribadatan. Meski tak lagi ada keluarga kerajaan di sana, istananya kini diubah jadi museum. Berdampingan dengan beberapa situs keagamaan lain yang ada di komplek tersebut. 

Baca Juga: Ingin Liburan ke Nepal? Ini 9 Fakta Menarik yang Wajib Kamu Pahami

4. The Pashupatinath Temple

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/brittanyhlawrence

Komplek ini terdiri dari 518 candi atau kuil yang punya ukuran beragam. Kuil utamanya berbentuk seperti pagoda yang dipagari benteng dan dijaga oleh personel militer Nepal. Sempat rusak karena gempa di tahun 2015, kini kuil utamanya hanya boleh dimasuki oleh penganut agama Hindu dan Buddha yang hendak beribadah. 

5. Changu Narayan

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/unique.prajapati

Changu-Narayan adalah sebuah candi bagi umat Hindu yang didapuk menjadi bangunan tertua di kawasan Lembah Kathmandu. Candi ini dibuat untuk Dewa Wisnu dan secara ajaib lolos dari kerusakan berarti saat terjadi gempa di tahun 1702 dan 2015. Ukiran dan patungnya sangat megah, tak heran kalau ia masuk salah satu cagar budaya UNESCO. 

6. The Garden of Dreams

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/travelbyjp

Taman yang berukuran sekitar 4000 meter persegi ini merupakan ide seorang Marsekal Angkatan Laut Kerajaan Nepal yang ingin menghias halaman rumahnya menjadi taman yang indah. Taman ini memiliki enam paviliun yang menandakan enam musim di Nepal. Sempat terbengkalai setelah kematian sang marsekal, taman ini dipugar kembali tetapi hanya memiliki tiga paviliun tersisa yang dibuka untuk umum. 

7. Toothache Tree

7 Tempat Eksotis Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kathmandu instagram.com/tinnpatchtrip

Ada satu jalan di Kathmandu yang memiliki sebuah tumpukan koin bernama Toothache Tree. Dinamakan seperti itu karena banyak penduduk yang percaya bahwa jika mereka meletakan koin di pohon keramat itu, Dewa akan menyembuhkan sakit gigi mereka. Kini pohon tersebut sudah tak terlihat daun maupun batangnya, hanya terlihat tumpukan koin yang menjulang. 

Jadi, apakah kamu tertarik berkunjung ke kota yang pernah jadi lokasi syuting film Doctor Strange ini? 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata yang Terkenal di Istanbul, Wajib ke Sini!

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You