Comscore Tracker

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis 

Nyesel kalau gak mampir

Sebagai salah satu negara yang jadi kiblat kesenian dunia, Italia memang punya banyak tempat artsy yang selalu menarik turis untuk mampir. Sayangnya, jumlahnya yang hampir tak terhitung membuat banyak spot artsy di Italia terlewat begitu saja. 

Bila berkesempatan mampir ke Italia, khususnya kota Milan gak ada ruginya delapan tempat berikut kamu masukan dalam itinerary perjalananmu. Apalagi jika kamu butuh inspirasi dan menyukai kesenian, tempat ini wajib didatangi. 

1. Museo del Novecento

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/esrageziyor

Dimulai dengan Museo del Novocento, letaknya di kawasan cantik Piazza del Duomo. Tempat ini adalah museum yang dari luarnya terlihat seperti gedung bergaya klasik di sekitarnya. Namun, saat masuk kamu bagaikan berada di tempat yang benar-benar berbeda. Ada ribuan karya seni yang disimpan di sini. Spot terbaiknya ada di sebuah jendela besar yang membentuk sudut siku-siku. Menampilkan cahaya alami dan pemandangan katedral di sebelahnya. 

2. Fondazione Prada

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/ghitabaldi

Gedung ini tampak mencolok dengan cat emas yang jauh dari kata murahan. Tempat ini adalah sebuah galeri seni yang memamerkan karya seni kontemporer. Letaknya di kawasan kota tua Milan, membuatnya mencolok apalagi gaya arsitekturnya termasuk modern. Pemandangan dari rooftop-nya juara. 

3. Trattoria Madonnina

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/c_a_rlo

Ingin mencari suasana Milan yang kuno, coba ke sebuah restoran bernama Trattoria Madonnina. Tak hanya eksteriornya yang vintage, interiornya pun tak kalah klasik dengan sentuhan kayu, taplak meja motif jadul, dan pajangan-pajangan berdesain awal abad 20an. Mereka menyediakan makanan rumahan khas Italia.  

4. Galleria Vittorio Emanuele

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/johnathan_ng

Ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di Milan yang didesain oleh arsitek bernama Giuseppe Mengoni. Mal ini didesain dengan atap kaca yang siap meneruskan cahaya matahari. Butik dan outlet merek ternama bersanding dengan gaya bangunannya yang klasik. Meski tak punya uang untuk belanja di sana, boleh lah kamu mampir untuk sekedar mengagumi kemegahan arsitekturnya. 

Baca Juga: 9 Tempat Bersejarah di Terracina Italia yang Seru untuk Dijelajahi

5. La Triennale di Milano

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/laflaviessa

Museum seni lain yang ramai pengunjung di Milan adalah La Triennale. Tiap beberapa kali dalam setahun mereka selalu mengadakan pameran dengan tema yang berbeda-beda. Selalu seru dan ditunggu para penikmat seni. Beda dengan museum lain yang bergaya klasik dan vintage, La Triennale dibuat dengan konsep futuristik minimalis. 

6. Milano Navigli

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/annabellesagt

Sepintas ini terlihat seperti Venezia dengan sungai di tengah kota, padahal tempat ini ada di Milan. Tempat ini penuh akan kafe dan toko souvenir yang selalu ramai pengunjung. Namun, ada pula beberapa atraksi lain seperti naik boat mengitari kanal atau mengunjungi sebuah katedral yang berdiri kokoh di sudut jalan.  

7. 10 Corso Como

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/tanarendon

Galeri seni lain di Milan yang bakal membuatmu merasa rugi jika tak mampir adalah 10 Corso Como. Galeri ini mewadahi karya seni berupa fotografi, seni kriya, desain, hingga fashion. Dikelilingi tumbuhan merambat dan lampu yang gemerlap, tempat ini terlihat sangat magis ketika malam menjelang. 

8. Duomo di Milano

8 Tempat Artsy di Milan yang Sering Dilewatkan Turis instagram.com/jaywalk51

Terakhir adalah The Duomo, sebuah katedral yang terletak di tengah-tengah Piazza del Duomo. Siapa pun yang ke Milan pasti akan menuju alun-alun ini. Siap-siap terkesima dengan pemandangan bangunan tuanya yang menjulang dan menggoda untuk diabadikan dalam foto. 

Milan sungguh kota yang memanjakan para pecinta seni. Kebangetan rasanya kalau gak mupeng setelah melihat delapan tempat tadi. 

Baca Juga: 7 Taman Nasional Terindah di Italia yang Patut Kamu Kunjungi

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya