Comscore Tracker

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musik

Bukan hanya London dan Los Angeles 

Musik dan industri hiburan selalu lekat dengan dua kiblat yaitu London dan Los Angeles. Gak salah sih, sebagai pusat hiburan dunia keduanya memang dibanjiri banyak musisi bertalenta yang hendak mengadu nasib atau memang bekerja di sana.

Namun, tidak terbatas di dua kota itu. Kota-kota di dunia berikut juga dikenal sebagai kota musik dengan segudang musisi bertalenta yang giat berkarya. Gak heran kalau kamu bakal menemukan gig alias konser kecil-kecilan mereka yang gak kalah seru dibanding konser musisi terkenal. Apalagi buat para pecinta musik indie, kota-kota berikut pasti ingin banget kamu sambangi suatu hari. 

1. Manchester, Inggris

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musikinstagram.com/visitmanchester

Tak hanya terkenal karena klub sepakbolanya, Manchester dikenal sebagai kota asal beberapa band ternama seperti The Smiths dan Oasis. Udara Manchester yang dingin dan seringkali tak bersahabat kabarnya membuat banyak orang terinspirasi untuk berkarya. Kamu pun bisa menemukan bakat-bakat baru di kota ini.

Selain Manchester, kota lain yang terkenal akan musisi indie-nya di Inggris Raya adalah Bristol. 

2. Dublin, Irlandia

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musikinstagram.com/visitdublin

Sama dengan Manchester, ibukota Irlandia ini menghasilkan banyak musisi indie berbakat yang akhirnya meneruskan karirnya dengan pindah ke London saat sudah bergabung dengan label besar. Tak hanya boyband dan penyanyi solo, Dublin punya segudang band indie yang siap mengguncang dunia. 

3. Melbourne, Australia

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musikinstagram.com/visitmelbourne

Tak hanya musisi, Melbourne juga dihuni banyak seniman muda yang merasa nyaman tinggal di kota itu. Mungkin karena komposisi penduduknya yang cukup beragam, sehingga orang dengan latar belakang apapun merasa diterima di sini.

Ada tiga kota musik di Australia sebenarnya, yaitu Melbourne, Sidney, dan Brisbane. Ketiga kota tersebut merupakan penghasil musisi indie terbaik di Australia dan beberapa sudah membuktikan kebolehannya di ranah internasional. 

Baca Juga: 7 Festival Musik di Jawa Timur yang Digelar Tahun 2019, Wajib Catat!

4. Berlin, Jerman

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musikinstagram.com/visit_berlin

Berlin juga dikenal sebagai pusat musik di Jerman. Banyak musisi indie yang memulai karirnya di kota ini sebelum go-internasional. Tak hanya band, solois pun banyak yang bermula dari ibukota Jerman ini. Festival musik besar pun rutin digelar di kota ini. 

5. Austin, Amerika Serikat

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musikinstagram.com/sxsw

Pusat musik di Texas sebenarnya adalah kota Denton, tetapi semenjak Austin dipilih sebagai penyelenggara tetap festival seni terbesar di Amerika Serikat yang bertajuk SXSW, kota ini menjadi salah satu kota yang menghasilkan banyak musisi indie berbakat di Amerika. 

6. Singapura, Singapura

Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musikinstagram.com/visit_singapore

Di Asia, sebenarnya ada Tokyo dan Seoul yang terkenal sebagai pusat industri hiburan di Asia. Namun, untuk band dan penyanyi indie, Singapura bisa dibilang salah satu pusatnya. Di kota ini kamu bisa menemukan banyak seniman, termasuk musisi yang memulai karirnya dari bawah. Banyak pula festival dan gig yang diselenggarakan di kota ini. 

Sudah ke kota mana saja kamu? 

Baca Juga: Pecinta Musik Reggae? Pasti Datang ke Festival Crossborder Keerom 2019

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 09:00:05

Progress: 750.448 dari 813.350 TPS (92.26631%)

Just For You