Comscore Tracker

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan Keluarga

Gak cuma nyaman, negara-negara ini juga aman kok

Setelah jadi orangtua, kehidupan rasanya tak lagi sama. Semasa lajang kamu bisa pergi naik gunung tanpa khawatir ada yang menunggu, bisa terbang ke luar negeri ke negara yang menurut kamu unik. Namun karena kini sudah jadi orang tua, destinasi liburan berubah jadi 'apa pun asalkan anak suka'!

Jangan sedih, ternyata banyak kok negara-negara yang aman untuk dikunjungi bersama anak. Ada yang masih di Asia dan ada juga yang masuk wilayah Eropa. Next trip, kamu bisa ajak keluarga ke sana. 

1. Jepang

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan Keluargajepang (pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Gak peduli berapa usia kamu dan keluarga, Jepang selalu punya magnet tersendiri yang membuat orang ingin berkunjung. Bisa dibilang, Jepang itu negara paket lengkap karena bersih, aman, dan kamu sekeluarga bisa melakukan banyak aktivitas unik. 

Bahkan, misal hanya bisa datang ke Kyoto saat ke Jepang, kamu bisa ajak anak-anak mengunjungi tempat bersejarah, main arung jeram, dan menjajal makanan-makanan enak. Selain itu, museum atau festival di Jepang banyak yang murah (bahkan GRATIS!) untuk anak-anak. 

2. Singapura

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan Keluargasingapura (pexels.com/Kin Pastor)

Saat gak bisa terbang terlalu jauh buat jalan-jalan, rekomendasi negara yang ramah anak berikutnya adalah Singapura.

Masih termasuk dalam Asia Tenggara, negara yang dijuluki Negeri Singa ini pasti akan disukai anak-anak karena modern, bersih, dan menyediakan banyak hiburan.  Terlebih bagi orangtua, tempat-tempat hiburannya bisa dituju dengan mudah menggunakan transportasi umum. Mulai dari Universal Studio yang akan membuat anak-anak melonjak kegirangan atau datang ke Palawan Beach sebagai wisata pantai untuk kamu dan pasangan saat kangen romantis-romantisan berdua.

Asyik!

3. Thailand

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan KeluargaThailand (pexels.com/Streetwindy)

Jika mencari negara yang penduduknya ramah, rekomendasinya jelas ada di Thailand yang juga ramah untuk anak. Kamu bahkan bisa mengobrol dengan para biksu jika menyempatkan mengunjungi salah satu kuil yang ada di Thailand. Sekalian mengajari keberagaman untuk anak-anak 'kan? 

Soal kegiatan bareng keluarga yang bisa dicoba ya beragam, dong! Mau snorkeling? Bisa. Mau trekking? Gak masalah. Atau jika kamu dan keluarga tinggal di Thailand dalam waktu lama, bisa banget buat mencoba jadi volunteer merawat gajah. 

Baca Juga: 7 Restoran di Malang Ini Cocok untuk Dinner Bersama Keluarga 

4. Australia

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan KeluargaAustralia (pexels.com/Brett Stone)

Banyak yang bilang kalau Australia adalah negara kecil yang membosankan, tapi itu salah besar! Australia adalah negara yang asyik, gak terlalu jauh dari Indonesia, dan terlebih pentingnya juga aman bagi anak-anak!

Kebun binatang di Australia termasuk yang terlengkap dan terawat. Mereka juga punya taman-taman yang indah dan ada teater kelas dunia yang bisa coba kamu kunjungi bersama keluarga.

Jika kamu beruntung, kamu bisa merasakan 4 musim sekaligus dalam satu hari. 

5. Malaysia

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan Keluargamalaysia (instagram.com/totalsight)

Selain Singapura, negara yang masih bertetangga dengan Indonesia yang layak dikunjungi bersama keluarga adalah Malaysia! Selain bahasanya yang gak jauh beda, kuliner di Malaysia juga punya banyak kemiripan dengan kuliner Indonesia. Jadi, anak-anak gak akan terlalu kaget dengan perbedaannya. 

Jika kamu ingin membawa anak-anak ke museum, taman, atau mencoba melihat dan merasakan kehidupan kota Malaysia, datanglah ke Kuala Lumpur. Atau jika suka wisata pantai, Langkawi dan pulau sekitarnya yang juga menarik!

6. New Zealand

6 Negara Ramah Anak yang Cocok untuk Destinasi Liburan Keluarganew zealand (instagram.com/backyardtravelfamily)

New Zealand atau Selandia Baru adalah negara paling indah. Bahkan gak sedikit orang mengatakan ada banyak keajaiban di sana. Pegununan, hutan, bahkan jalan dan rumah-rumah di sana sangat menarik.

Ada satu rekomendasi museum yang wajib didatangi oleh kamu yang menyukai sejarah, yaitu Te Papa, di Wellington dan bisa dimasuki secara GRATIS! Atau jika kamu dan keluarga penggemar berat film The Lord of The Rings, jangan lupa bertandang ke Mordor sampai Hobbiton.

Itulah rekomendasi negara terbaik untuk destinasi liburan keluarga yang gak cuma asik, tapi juga ramah anak. Banyak yang menyediakan tiket masuk murah sampai gratis untuk anak dan masyarakatnya yang ramah-ramah.

Duh, jadi kepengin segera bisa melancong nih!

Baca Juga: 10 Potret Keramaian Disneyland dan DisneySea Tokyo yang Sudah Buka 

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya