Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Jogja Bak Negeri di Atas Awan, Sensasinya Unik!

Datang pagi atau sore paling mantap

Berkunjung ke Yogyakarta tak akan lengkap rasanya jika tak mampir ke tempat-tempat wisata yang tersebar di seluruh penjuru Yogyakarta. Baik destinasi wisata bertema edukasi, hiburan, pantai, hutan, anak, hampir semuanya ada di Yogyakarta.

Tapi buat kamu yang ingin mencari pengalaman berkesan dan mungkin tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, cobalah untuk berwisata di negeri atas awannya Yogyakarta. Berlokasi di tempat yang tinggi, spot wisata ini menyuguhkan kamu sensasi berada di atas awan dengan hamparan pemandangan alam yang menyegarkan.

Lantas di mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Puncak Suroloyo

5 Tempat Wisata di Jogja Bak Negeri di Atas Awan, Sensasinya Unik!instagram.com/sesa_orvala

Puncak Suroloyo merupakan salah satu spot pilihan orang-orang untuk menyaksikan fenomena sunrise ataupun sunset.

Untuk menikmati indahnya pemandangan matahari ketika terbit, pastinya kamu harus datang sebelum subuh. Sebaliknya, jika ingin menikmati indahnya warna langit saat saat matahari terbenam, kamu disarankan untuk datang setelah asar. Dan karena lokasimu menyaksikan fenomena sunrise dan sunset berada di puncak atau ketinggian, kamu akan merasakan sensasi seperti di atas awan.

Kalau kamu berminat, Puncak Suroloyo berada di Desa Keceme, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kebun Buah Mangunan

5 Tempat Wisata di Jogja Bak Negeri di Atas Awan, Sensasinya Unik!instagram.com/winda_sarwinda19

Kebun Buah Mangunan merupakan spot wisata di Yogyakarta yang masih hits sampai sekarang. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, seperti mempelajari tanaman, photo hunting, membuat pupuk, outbond, atau sekadar bersantai. Ditambah, karena berada di ketinggian 200 mdpl, kamu bisa merasakan sejuknya udara di sekitar Mangunan juga panorama alam dari ketinggian.

Bahkan pada saat-saat tertentu, kamu bisa menyaksikan fenomena gumpalan awan di langit serta kabut putih yang makin membuat kamu serasa di atas awan.

Kalau kamu mau ke sini, Kebun Buah Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Permainan di Yogyakarta, Cocok buat Liburan Keluarga

3. Puncak Panguk Kediwung

5 Tempat Wisata di Jogja Bak Negeri di Atas Awan, Sensasinya Unik!instagram.com/kevinali33

Kalau Kebun Buah Mangunan sudah terlalu ramai, melipir saja ke Puncak Panguk Kediwung. Berlokasi tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, Puncak Panguk Kediwung juga bisa jadi pilihan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian. Di sini tersedia spot selfie juga gardu pandang untuk menikmati landscape berupa hamparan bukit beserta pohon-pohon yang tumbuh subur.

Kalau kamu datang di pagi hari sebelum matahari terbit, akan ada gumpalan awan putih mirip kapas dengan semburat jingga yang akan membuat kamu benar-benar merasa seperti menyaksikan terbitnya matahari dari atas awan.

Puncak Panguk Kediwung sebenarnya termasuk lokasi wisata yang masih baru, karena baru dibuka tahun 2016 lalu. Kendati demikian, spot wisata ini bisa dibilang sudah sangat siap dan layak dikunjungi.

4. Bukit Mojo Gumelem

5 Tempat Wisata di Jogja Bak Negeri di Atas Awan, Sensasinya Unik!instagram.com/aynulazis_

Masih di sekitar Mangunan, ada lagi tempat wisata yang bisa bikin kamu merasa ada di atas awan, yaitu Bukit Mojo Gumelem. Sama seperti tempat wisata sebelumnya, di sini juga tersedia gardu pandang dan spot foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati pemandangan hamparan pepohonan yang rimbun dari atas sekaligus berburu foto yang instagenic.

5. Bukit Ngisis Nglinggo

5 Tempat Wisata di Jogja Bak Negeri di Atas Awan, Sensasinya Unik!instagram.com/hi.shrlne

Di Bukit Ngisis, kamu akan merasakan udara sejuk khas daerah pegunungan juga pemandangan bentangan Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta Gunung Sumbing yang memesona.

Dalam bahasa Jawa, ngisis artinya mencari angin. Mungkin karena ini jugalah, di Bukit Ngisis dibuat gardu pandang dari bambu yang biasa dimanfaatkan untuk bersantai sekaligus foto-foto dengan latar belakang gulungan awan dan kabut seperti di atas awan.

Walaupun spot wisata ini masih tergolong baru, tapi Bukit Ngisis Nglinggo cukup ramai dikunjungi, terlebih saat hari libur.

Buat kamu yang penasaran ingin mencoba sensasi bersantai di atas awan sambil menikmati hawa segar khas pegunungan, kamu bisa datang langsung ke Bukit Ngisis Nglinggo yang berlokasi di Desa Nglinggo, kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata di Yogyakarta dengan konsep berada di atas awan. Tunggu apa lagi? Yuk agendakan agar bisa segera ke sana.

Baca Juga: 5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Yogyakarta, Sudah Pernah ke Sana?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya