Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik 

Hawaii sering dijadikan lokasi film Hollywood lho guys

Siapa yang tidak mengenal Hawaii? Salah satu destinasi wisata terfavorit di seluruh dunia ini memiliki sejuta pesona yang menakjubkan. Mulai dari wisata pantainya yang eksotis hingga wisata pegunungannya yang sangat mempesona.

Negara bagian Amerika Serikat paling selatan ini, menempati sebagian besar kepulauan di Samudra Pasifik tengah lho, dan karena itulah Hawaii dianggap sebagai surga dunia di Samudra Pasifik.

Dibalik sejuta pesona yang dimilikinya, negara bagian yang juga mendapat sebutan "Negara Aloha" ini memiliki beberapa fakta menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berikut ulasan 9 fakta menarik Hawaii yang perlu kamu ketahui. 

1. Negara bagian terluas kedua di Amerika Serikat

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik dangbau.com

Kepulauan di Samudra Pasifik yang beribukota di Honolulu ini mulai bergabung menjadi negara bagian Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus 1959 dan merupakan negara bagian termuda di Amerika Serikat (AS).

Dengan luasnya yang mencapai 1.523 mil dari Pulau Ni'hau ke Big Island, Hawaii menempati posisi kedua sebagai negara bagian terluas di Amerika Serikat (AS) setelah Alaska yang menempati posisi pertama. 

2. Terdiri dari 132 pulau dan merupakan satu-satunya negara bagian yang seluruhnya terdiri dari pulau

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik coworkaholic.com

Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian Amerika Serikat (AS) yang dikelilingi oleh lautan dan seluruh wilayahnya terdiri dari pulau. Surga dunia di Samudra Pasifik ini terdiri dari 132 pulau, yang diantaranya adalah 8 pulau utama, yaitu Niihau, Oahu, Maui, Lanai, Kauai, Molokai, Kaho'olawai dan Big Island (Pulau Hawaii).

Selain 8 pulau utama tersebut, sisanya adalah pulau-pulau kecil tidak berpenghuni, terumbu, dan juga beting.

Pulau terbesar di Hawaii adalah Big Island atau yang juga biasa disebut dengan Pulau Hawaii. Diberi nama Big Island untuk menghindari kebingungan dengan negara dan kepulauan. Luas Big Island ini bisa mencapai 4.038 mil persegi lho. Wah, luas sekali bukan? 

3. Hawai setiap tahunnya tumbuh lebih dari 42 hektar lho!

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik ndh.vn

Nah, ini dia salah satu fakta paling menarik dari Hawaii, yaitu setiap tahun luasnya meningkat melebihi 42 hektar. Hal tersebut terjadi akibat dari aktivitas Gunung Berapi Kilauea yang meletus secara terus-menerus.

Gunung Berapi Kilauea di Pulau Besar terus menerus meletus sejak tahun 1983 dan mulai berhenti sejak lava aktif terakhir kalinya pada bulan September 2018 lalu. 

4. Negara bagian pertama yang melarang penggunaan kantong plastik

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik change.org

Pada tahun 2015 lalu, Hawaii menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat yang melarang penggunaan kantong plastik di semua restoran cepat saji dan layanan lengkap, yang bertujuan untuk mengurangi limbah yang dapat mencemari laut.

Meski sebagian besar negara bagian di AS sudah melarang penggunaan wadah busa plastik, namun kecepatan Hawaii dalam menargetkan pelarangan penggunaan kantong plastik pada seluruh restoran cepat saji dan layanan lengkap menjadikannya sebagai negara bagian pertama yang menolak menggunakan kantong plastik.  

Baca Juga: Aloha! Ini Potret Keluarga Bunga Citra Lestari saat Liburan di Hawaii

5. Sering dijadikan lokasi film Hollywood

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik whatculture.com

Keindahan alam yang sangat menakjubkan dan memesona di Hawaii gak hanya menarik minat para wisatawan dari berbagai negara untuk datang berkunjung, namun juga menarik minat para produser film untuk menjadikan Hawaii sebagai lokasi syuting filmnya.

Film-film Hollywood yang mengambil setting di Hawaii adalah Pearl Harbour, Godzilla, Jurassic World: Fallen Kingdom, 50 First Date, Tropic Thunder and You, Me and dupree, dan masih banyak lagi. 

6. Dianggap tidak sopan lho jika menolak mengenakan bunga lei yang ditawarkan oleh seseorang

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik csusm.edu

Lei merupakan karangan bunga khas Hawaii yang biasanya diberikan pada seseorang karena berbagai alasan, contohnya seperti untuk menyambut tamu kehormatan, untuk perdamaian, cinta, dan persahabatan.

Bunga Lei biasanya dibagikan saat acara-acara tertentu, seperti wisuda, tarian sekolah, dan acara pernikahan.

Lei terdiri dari 8 jenis bunga yang populer, yaitu okika (anggrek), pikake (Arabian Jasmine), melia (plumeria), tuberose, pua pria, daun ti, jahe, dan ponimo'i.

Nah, jika kamu menolak menggunakan atau membuang lei saat seseorang menawarkannya padamu, maka kamu akan dianggap tidak sopan lho karena karangan bunga tersebut merupakan tradisi yang dianggap serius oleh penduduk asli Hawaii yaitu orang Polinesia. 

7. Hawai merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat (AS) yang menanam kopi secara komersial

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik healthline.com

Hawai merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat (AS) selain California, yang menanam kopi secara komersial.

Selain menanam kopi, Hawai juga menanam kacang, vanili, dan kakao secara komersial. Penanaman kopi secara komersial di Hawaii dilakukan di Honolulu, Big Island, Maui, dan Kauai. 

8. Rumah bagi gunung berapi paling aktif di dunia

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik popularmechanics.com

Hawaii merupakan rumah bagi gunung berapi paling aktif di dunia, yaitu Gunung Berapi Kilauea, yang lokasinya berada di Taman Nasional Gunung Api Hawai di Big Island.

Letusan Gunung Berapi Kilauea yang terdahsyat terjadi pada tahun 1790 memakan korban jiwa sekitar 5000 orang, dan merupakan letusan gunung berapi paling mematikan di Amerika Serikat. Pulau-pulau di Hawaii sendiri asalnya terbentuk dari letusan gunung berapi bawah laut yang meletus ratusan tahun yang lalu. 

9. Hawai memiliki zona waktu sendiri dan tidak memiliki musim panas

9 Fakta Menarik Hawaii, Surga Dunia di Samudra Pasifik roadtohana.com

Hal terunik lain yang dimiliki Hawaii yaitu memiliki zona waktu sendiri yang dikenal sebagai Waktu Standar Hawaii. Tentunya sangat berbeda dengan negara-negara bagian lainnya yang zona waktunya relatif hampir sama.

Selain itu, Hawaii tidak memiliki musim panas, dan waktu standarnya adalah UTC-10. Waktu di Hawaii berjalan dua jam di belakang Waktu Standar Pasifik, serta 5 jam di belakang waktu standar timur. 

Nah, itulah ulasan 9 fakta menarik Hawaii, surga dunia di Samudra Pasifik. Tertarik berlibur di Hawaii guys? 

Baca Juga: 7 Fakta Kehidupan James Cook, Sang Navigator Penemu Kepulauan Hawaii

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You