Comscore Tracker

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras Kantong

Dijamin benar-benar berasa Imleknya!

Imlek sebentar lagi. Menikmati waktu libur bersama keluarga tentu membuat Imlek kamu semakin meriah. Nggak lengkap rasanya saat momen Imlek, kamu belum berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Wisata kental akan nuansa imlek ini sangat pas untuk melengkap momen Imlek kamu. Apa saja ya kira-kira?

1. Pasar Petak Sembilan, Jakarta

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: okezone.com

Bagi warga Jakarta, tentu pasar Petak Sembilan tak asing lagi. Pasar yang terletak di seberang pusat elektronik Glodok, Jakarta Barat, ini khusus menjual pernak-pernik Imlek dan jajanan khas Imlek, seperti kue keranjang, jeruk, leci dan plum. Nuansa oriental sangat khas dengan hiasan lampion dan pernak-pernik merah. Jika kamu menyusuri sepanjang jalan pasar Petak Sembilan, maka kamu akan menemukan pemandangan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur Tiongkok.

2. Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: charitakuring.com

Setiap perayaan Imlek klenteng Hong Tiek Hian menjadi pusat perayaan Imlek bagi etnis Tionghoa di Surabaya. Klenteng tertua di Surabaya ini adalah tempat ibadah umat Konghucu, Tao dan Buddha Tri Dharma. Selain itu, tempat yang tak kalah menariknya di kota Pahlawan untuk merayakan Imlek di Surabaya adalah Kya-Kya Kembang Jepun yang merupakan surganya kuliner di Surabaya.

3. Kota Seribu Klenteng-Singkawang, Kalimantan Barat

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: blog.sukawu.com

Kota yang dikenal sebagai kota dengan pesta perayaan Tahun Baru Tionghoa terbesar di Asia Tenggara ini memang benar-benar menakjubkan. Terdapat malam kesenian, pawai, lampion dan pagelaran barongsai yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Sebagai salah satu pusat permukiman Tionghoa di Indonesia, Singkawang selalu ramai saat perayaan Imlek dengan pernak-pernik berwarna merah khas Imlek. Jika kamu memilih menghabiskan libur Imlek di Singkawang, nikmati keindahannya di malam hari dengan aneka lampion di sepanjang jalan.

4. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: perfectelle.wordpress.com

Semarang memiliki nuansa etnis Tionghoa yang kental banget. Klenteng Sam Poo Kong merupakan bukti bahwa Semarang menyimpan cerita khas Tiongkok. Klenteng yang merupakan gedung petilasan, tempat pendaratan pertama Laksamana bernama Zheng Ho atau Cheng Ho, alias Sam Po Tay Djien ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Bukan hanya dari kalangan etnis Tionghoa yang datang untung bersembahyang, wisatawan umum juga tertarik untuk berkunjung ke tempat tersebut.

5. Kuil Pulau Kemaro, Palembang

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: wallofindonesia.com

Pernak-pernik Imlek selalu menghiasi ​pulau Kemaro saat Imlek tiba. Pulau yang terkenal dengan kisah cinta yang legendaris ini selalu menarik perhatian. Maka tak heran jika warga Palembang sangat menjaga tempat tersebut. Warga Tionghoa yang berkunjung ke pulau Kemaro untuk berdoa. Salah satunya untuk meminta jodoh. Nah, bagi kamu yang masih jomblo, IDNtimes saranin kamu wajib ke kuil yang ada di pulau Kemaro ini biar cepat dapat jodoh.

Baca Juga: 5 Makanan Pembawa Keberuntungan Selama Imlek

6. Klenteng Tek Hay Kiong, Tegal

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: palupibangka.com

Siapa sangka di balik kota Tegal terdapat klenteng Tek hay Kiong yang indah banget. Sebelumnya klenteng ini diberi nama Cin Jin Bio. Hebatnya lagi klenteng ini sudah berusia 300 tahun, wow! Di klenteng Tek hay Kiong ini juga sering diadakan kompetisi kungfu. Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya, Kong Co Tek Hay Cin Jin merupakan Dewa Pelindung.

7. Vihara Dewi Kwan Im, Bangka

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: ambotravel.wordpress.com

Etnis Tionghoa yang berada di Bangka merasakan sangat kental di kota tersebut. Jika kamu berkunjung ke Bangka, kunjungilah Vihara Dewi Kwan Im di Desa Jelitik. Ada kolam pemandian di sana serta mata air yang dipercara masyarakat Tionghoa bisa membuat awet muda. Wah, IDNtimes mau banget nih! Biar awet muda, hahahaha.

8. Vihara Setia Budi, Medan

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: analisadaily.com

Liburan Imlek kalau gak ke Medan, gak seru! Komunitas Tionghoa di Medan sangat banyak, sehingga perayaan Imlek di sini sangat meriah. Vihara Setia Budi, merupakan salah satu vihara yang ramai dikunjungi saat perayaan imlek. Setiap tahunnya juga diadakan Gebyar Imlek Fair yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga Medan.

9. Pawai Barongsai, Bandung

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: bandungtourism.com

Kota kembang ini setiap tahunnya merayakan Imlek dengan kirab budaya ala Tionghoa. Perayaannya pun didukung oleh warga sekitar yang juga sangat antusias menyambut Imlek. Pawai barongsai yang super panjang akan menghiasi jalan sepanjang kota Bandung. Tertarik? Yuk ke Bandung saat Imlek!

10. Grebeg Sudiro, Solo

10 Destinasi Wisata Ini Pas untuk Merayakan Imlek Tanpa Harus Menguras KantongSumber Gambar: chic-id.com

Grebeg Sudiro merupakan tradisi perayaan Imlek yang sangat unik di Solo. Tradisi ini hampir sama dengan grebeg suro yakni, berebut hasil bumi dan makanan. Tujuannya tak lain adalah sebagai simbol bahwa untuk mendapatkan sesuatu, seseorang harus bekerja keras. Meski diwarnai adat Jawa, namun nuansa Tionghoa sangat terasa saat merayakan imlek. Apalagi saat malam hari menjelang.

Sudah memiliki referensi yang menarik untuk liburan Imlek kamu? Pastikan kamu berkunjung ke salah satu destinasi tersebut agar Imlek kamu benar-benar bermakna.

Baca Juga: Mitos-Mitos Imlek yang Masih "Hidup" di Indonesia Hingga Sekarang

Topic:

Berita Terkini Lainnya