Comscore Tracker

The Heritage Palace, Destinasi Wisata Ala Eropa di Solo

#PANJATPOIN Gak nyangka kalau tempat ini bekas pabrik gula!

Setelah bekas Pabrik Gula Colomadu direnovasi dan menjadi tempat wisata De Tjolomadoe, kini muncul destinasi yang serupa di Sukoharjo, Jawa Tengah. The Heritage Palace merupakan destinasi wisata terbaru yang lagi hits saat ini. Sama seperti De Tjolomadoe yang dulunya adalah pabrik gula, The Heritage Palace juga dulunya adalah pabrik gula Gembongan. Wah gak nyangka kan?

Kawasan wisata The Heritage Palace ini merupakan destinasi wisata yang relatif masih baru, karena baru saja dibuka pada tanggal 9 Juni 2018. Hingga saat ini The Heritage Palace mampu menarik banyak pengunjung, karena suasananya yang kental dengan nuansa Eropa klasik tempo doeloe. Salah satu bangunan yang sangat menarik perhatian adalah bangunan gaya romawi yang mewah nan megah.

Mumpung masih baru dan masih hangat nih, yuk kita intip sama-sama apa saja sih yang menarik dari destinasi wisata yang satu ini.

1. The Heritage Palace dibangun sebagai wahana wisata keluarga. Uniknya nih ada berbagai macam mobil antik terpajang rapi di halamannya

The Heritage Palace, Destinasi Wisata Ala Eropa di Soloinstagram.com/theheritagepalace

Kawasan The Herritage Palace ini merupakan bangunan cagar budaya (BCB) bekas pabrik gula peninggalan jaman kolonial Belanda. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1892, dan mempunyai luas lahan sekitar 2,2 hektar. Sedikitnya ada sembilan bangunan kuno di area bekas pabrik gula ini, dan masih lengkap dengan cerobong asapnya setinggi 20 meter. Namun baru tiga bangunan yang dibuka untuk umum.

Di halaman luar bangunan ini dijadikan museum transportasi, sehingga banyak sekali dipajang mobil-mobil kuno. Mobil Dodge buatan tahun 1948 yang dulu pernah digunakan Proklamator RI, Ir. Soekarno, juga menjadi salah satu mobil yang dipajang di museum ini. Selain mengoleksi mobil Ir. Soekarno, The Heritage Palace juga mengoleksi mobil pemadam kebakaran (Damkar) Dodge Power keluaran tahun 1963, Chevrolet Bel Air USA tahun 1955 dan Jeep Willys USA tahun 1943. Keren banget kan? Gak kalah sama museum Angkut di kota Malang.

2. Karena bangunan ini peninggalan zaman Belanda, nuansa Eropa klasik terlihat sekali di sini. Pokoknya instagramable banget deh!

The Heritage Palace, Destinasi Wisata Ala Eropa di Soloinstagram.com/theheritagepalace

Salah satu magnet yang menarik pengunjung datang kesini adalah bentuk bangunan dan suasana yang masih kental dengan nuansa tempo doeloe. Mengunjungi The Heritage Palace seolah sedang berada di Eropa abad ke 18.

Nuansa klasik ini sering dipakai para pengunjung untuk berfoto, karena memang banyak spot foto yang unik, cantik dan sangat instagramable di sana. Kamu juga pasti gak mau melewatkan untuk berfoto di sini. Kabarnya nih karena lokasinya yang cantik dan unik, banyak juga lho calon pengantin yang tertarik dan melakukan pengambilan foto pre-wedding di sini.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Solo yang Jadi Favorit Presiden Jokowi, Ada Favoritmu?

3. Salah satu wahana yang ramai dikunjungi di sini adalah Museum 3D Trick Art, karena menampilkan banyak karya lukisan yang keren

The Heritage Palace, Destinasi Wisata Ala Eropa di Soloinstagram.com/theheritagepalace

Di The Heritage Palace juga ada lho Museum 3D Trick Art, di dalam museum ini kamu bisa berfoto dengan banyak karya lukis 3D yang keren banget. Ini juga merupakan salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang kesini.

Salah satu karya yang cukup menarik perhatian di museum 3D Trick Art ini adalah lukisan pisau-pisau dapur yang seolah menancap di tembok kayu. Selain lukisan itu, ada banyak lagi lukisan yang keren di sana. Kamu pasti puas deh kalau mengunjungi museum 3D di The Heritage Palace ini.

4. Sebagai wahana wisata keluarga, The Heritage Palace memang memiliki segalanya. Gak heran kan kalau The Heritage Palace menjadi destinasi wisata baru yang nge-hits

The Heritage Palace, Destinasi Wisata Ala Eropa di Soloinstagram.com/theheritagepalace

Selain wahana yang sudah disebutkan di atas, The Heritage Palace juga memiliki wahana lainnya yakni Museum Industri, Omah Kwalik, Garden Retro Paradise, Convention Hall, serta Kids Town & Food Street. The Heritage Palace buka setiap hari, dengan jam operasional sebagai berikut :

  • Senin-Kamis buka pukul 10.00 – 18.00 WIB.
  • Jumat-Minggu buka pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Untuk berkunjung kesana dan menikmati aneka fasilitas di dalamnya, kamu harus membayar tiket masuk 55 ribu rupiah per orang, dan harga tiket tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk ke Museum 3D Trick Art. Murah dan masih terjangkau banget ya harga tiket masuknya.

Untuk mengunjungi ke The Heritage Palace, kalau kamu datang dari luar kota kamu bisa naik kereta atau pesawat sampai ke kota Solo. Lokasi The Heritage Palace ada di Sukoharjo, sekitar 10km dari kota Solo. Nah jadi tunggu apa lagi? Buruan kunjungi The Heritage Palace sekarang.

Baca Juga: 10 Kuliner Legendaris Solo yang Sudah Eksis Sejak Puluhan Tahun Lalu

Fahrurrozy Rosady Photo Community Writer Fahrurrozy Rosady

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You