Comscore Tracker

5 Rekomendasi Wisata Seru di Pangalengan Bandung, Ada Rafting! 

Dari camping hingga rafting, semuanya ada

Pangalengan menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Bandung. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Bandung, Pangalengan juga bisa kamu tempuh hanya dalam waktu 3—4 jam dari Jakarta. Wisata alam selalu jadi incaran wisatawan dari daerah maupun luar kota, terlebih lagi jika tempat yang dituju masih asri dan punya suasana yang sejuk.

Buat kamu yang punya hobi traveling dan wisata alam, berikut ini lima rekomendasi wisata alam Pangalengan yang buat perjalanan wisata mu makin asik, seru dan menantang.

1. Situ Cileunca 

5 Rekomendasi Wisata Seru di Pangalengan Bandung, Ada Rafting! Perahu wisatawan saat melintas di Situ Cileunca. (dok. pribadi/Fajrian Nispi)

Suasana yang damai dan menenangkan bisa kamu dapatkan jika mengunjungi Situ Cileunca ini. Situ yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan ini memiliki beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa dinikmati, seperti arung jeram (rafting), paint ball, flying fox, dan masih banyak lagi. Wisatawan biasa menggelar acara, seperti gathering keluarga, gathering kantor, outbond, camping, tempat training, dan study tour.

Situ Cileunca juga menyediakan wisata perahu dengan rute mengelilingi situ seluas 1.400 hektar, dengan harga Rp250 ribu hingga Rp300 ribu per perahu dan bisa dinaiki sekitar 15—20 orang. Untuk penginapan bisa ditemukan berbagai hotel, villa, cottage, camping, dan homestay  dengan rentang harga permalam mulai dari Rp125 ribu/orang.

2. Pineus Tilu Riverside Camping 

5 Rekomendasi Wisata Seru di Pangalengan Bandung, Ada Rafting! Kawasan pineus tilu yang dilalui wisatawan arung jeram. (instagram.com/pineustilu)

Tidak jauh dari lokasi Situ Cileunca, kamu bisa berpindah ke wisata alam lainnya, yaitu Pineus Tilu. Hanya membutuhkan waktu sekitar 9 menit dari Situ Cileunca, kondisi jalan menuju Pineus Tilu cukup baik dengan dikelilingi perkebunan teh yang memanjakan mata. Wisata ini menghadirkan sensasi bermalam di tenda ala camping dengan pemandangan hutan dan sungai yang menjadi aliran dari Situ Cileunca.

Aliran sungai juga sering dilewati oleh wisatawan yang bermain rafting (arung jeram), yang bermula dari Situ Cileunca. Untuk harga bermalam dengan camping ground sekitar Rp500 ribu untuk weekday dan Rp650 ribu untuk weekend per tenda. Setiap tenda bisa diisi maksimal 4 orang dan harga sudah termasuk sarapan, lho!

3. Hutan Pinus Rahong 

5 Rekomendasi Wisata Seru di Pangalengan Bandung, Ada Rafting! Kegiatan camping di sekitar hutan pinus rahong. (instagram.com/ferybrewing)

Hutan Pinus Rahong cocok banget buat kamu yang hobi foto-foto. Masih satu kawasan dengan Pineus Tilu, tempat ini punya banyak spot foto menarik dan sayang untuk dilewatkan. Di sini juga bisa dijadikan tempat camping untuk wisatawan yang ingin bermalam di tengah hutan pinus yang asri.

Untuk akomodasi yang diperlukan diantaranya, harga tiket masuk sekitar Rp5 ribu, tarif parkir Rp5 ribu untuk roda dua dan Rp10 ribu untuk roda empat. Cukup terjangkau bukan?

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Jawa Barat yang Mirip Luar Negeri, Pernah ke Sini?

4. Rafting Situ Cileunca 

5 Rekomendasi Wisata Seru di Pangalengan Bandung, Ada Rafting! Kegiatan rafting di aliran Situ Cileunca. (instagram.com/cileuncarafting)

Ini dia wisata yang bisa memacu adrenalin kamu! Rafting di aliran sungai dari Situ Cileunca. Buat kamu yang suka tantangan, rafting ini jadi kegiatan wajib saat berkunjung ke Pangalengan. Untuk harga rafting sendiri mulai dari Rp150 ribu/orang, dengan fasilitas sebagai berikut:

Rafting sepanjang 4,8 km (-/+ 90 menit)
• Perlengkapan (pelampung, helm, dayung)
River guide & rescue team
Local transport (untuk membawa wisatawan setelah rafting)
• Tiket masuk (+ asuransi)
• Toilet/tempat bilas

Untuk paket wisata lengkap rafting, paint ball, flying fox, makan sekaligus penginapan di sekitar Situ Cileunca, harga permalam sekitar Rp400 ribu hingga Rp520 ribu per orang dengan ketentuan minimal 20 pax.

5. Wayang Windu Panenjoan 

5 Rekomendasi Wisata Seru di Pangalengan Bandung, Ada Rafting! Wayang Windu Panenjoan (dok. pribadi/Fajrian Nispi)

Setelah puas dengan wisata air, Pangalengan juga punya wisata kebun teh yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Wisata Wayang Windu Panenjoan berada di ketinggian 1.800 mdpl, hanya berjarak 13 km dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Situ Cileunca. Untuk harga tiket masuk Wayang Windu sekitar Rp10 ribu per orang, lalu tarif parkir Rp3 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain:

• Jembatan diatas bukit, cocok untuk berswafoto.
• ATV
• Gazebo
• Warung Makan
• Musholla & Toilet

Kondisi jalan menuju Wayang Windu penuh dengan bebatuan. Sebaiknya berhati-hati saat melintas karena rawan tergelincir. Meski begitu, pemandangan yang disuguhkan cukup indah karena dikelilingi oleh perkebunan teh. Untuk mengunjungi tempat ini, direkomendasikan saat pagi hari menjelang matahari terbit hingga siang hari, agar momen swafoto lebih mengagumkan.

Nah, seru kan wisata alam yang ada di Pangalengan, Bandung? Tunggu apa lagi? Yuk, buat list tempat wisata seru versi kamu. Jangan lupa untuk selalu terapkan protokol kesehatan saat berkunjung ke Pangalengan, ya!

Fajrian Nispi Photo Writer Fajrian Nispi

Hello there! Let's share your moment by writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya