Comscore Tracker

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di Demak

Telusur cikal bakal perkembangan Islam di Pulau Jawa

Terletak di pesisir utara Jawa Tengah, Demak memiliki posisi sentral di masa lalu sebagai pusat perkembangan agama Islam di Pulau Jawa di bawah komando para walisongo. Nah, buat kamu yang tertarik berwisata religi dan hobi mengkaji sejarah Islam, Demak tak boleh kamu lewatkan.

1. Makam Syekh Abdullah Mudzakir

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di DemakTribunTravel.com

Bukan sekedar makam biasa, makam pejuang kemerdekaan sekaligus ulama tersohor ini mengapung di tengah laut karena abrasi. Baik pasang maupun ombak besar tak pernah berhasil membuat makam yang terletak di Dusun Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung ini tenggelam.

2. Makam Kadilangu

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di DemakMediaSemarang.com

Dikenal luas sebagai Makam Sunan Kalijogo, situs ini terletak di Desa Kadilangu, Kecamatan Kadilangu, Demak. Area makamnya sangat megah, sebesar nama dan jasanya dalam pengembangan Islam. Tapi, jangan coba-coba membawa benda pusaka waktu berziarah, lho. Konon, makam Sunan Kalijogo ini bisa menetralkan segala bentuk kesaktian pusaka.

 

3. Makam Raja-Raja Demak

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di Demakjejakpiknik.com

Kehadiran Kerajaan Demak yang berlandaskan Islam dibarengi oleh menurunnya pengaruh Majapahit di tanah Jawa. Tak ayal lagi, para rajanya memiliki posisi sentral dalam pengembangan Islam masa itu. Kesemuanya dimakamkan di kawasan Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

4. Masjid Agung dan Museum Masjid Agung Demak

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di Demakyukpiknik.com

Masjid Agung Demak merupakan yang tertua di Pulau Jawa. Tempat ibadah ini bersejarah tak hanya karena dibangun oleh para walisongo, tapi juga merupakan pusat dakwah Islam pada zamannya. Di sisi utara masjid ini terdapat pula museum yang menyimpan sejumlah benda peninggalan para wali.

5. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di Demakmytrip123.com

Nah, buat kamu yang ingin mencari buah tangan bernuansa Islami berbentuk kaligrafi di Demak, mampir saja ke kawasan Kampung Tembiring. Lokasinya tak jauh dari Masjid Agung Demak, kok. Di sana kamu juga bisa melihat pembuatan kaligrafi secara langsung, lho.

6. Sentra Pengrajin Rebana dan Bedug

Ini 7 Wisata Religi Favorit Menjelang Ramadan di Demakjejakpiknik.com

Berasal dari Timur Tengah, alat musik rebana dan bedug senantiasa dilibatkan dalam setiap prosesi berbau Islami. Tampak jadul dan sepele, tapi harganya juga gak murah, lho: Ada yang mencapai 160 juta rupiah! Tentu, kualitas ikut bicara, dan kualitas rebana dan bedug Demak tiada duanya di Nusantara ini. Negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam sudah biasa jadi langganan. Pengen tahu? Mampir saja ke Kelurahan Bintoro atau Desa Pasean di Kecamatan Karangmlati di Demak sono.

Farid Solana Photo Writer Farid Solana

an apprentice in the world of wordsmith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya