Comscore Tracker

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!

Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan

Bulan September akan segera berakhir dan berganti dengan Oktober. Pada bulan ke-10 tersebut akan banyak hari peringatan penting, seperti Hari Kesaktian Pancasila, Hari Batik, hingga Hari Sumpah Pemuda.

Selain itu, akan ada pula banyak festival dan kegiatan budaya yang akan diselenggarakan di berbagai wilayah di Indonesia. Dilansir dari laman indonesia.travel milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan beberapa sumber, berikut delapan festival budaya di Indonesia pada Oktober 2022. Bisa jadi inspirasi liburanmu, nih!

1. Solo Batik Carnival

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Solo Batik Carnival (instagram.com/solobatikcarnival_official)

Menyambut Hari Batik, kamu bisa jalan-jalan ke Solo pada 2 Oktober 2022 dan menyaksikan Solo Batik Carnival. Acara yang sudah memasuki tahun ke-15, penyelenggaraannya ini akan dilangsungkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan protokol utama Solo.

Tema yang diangkat tahun ini adalah Metaverse: The Precious Legacy dengan tiga defile, yakni royal kingdom, heritage heredity, dan empire intergalactic. Kamu akan disuguhi pawai dan karnaval orang-orang yang mengenakan kostum dan beragam kreasi batik.

2. Nusa Penida Festival

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Nusa Penida Festival (disparda.baliprov.go.id)

Selain pesona alam, Nusa Penida juga kayak akan potensi budaya. Hal tersebut akan ditampilkan dalam Nusa Penida Festival pada 5-7 Oktober 2022 di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Tarian baris jangkang yang ditarikan ratusan orang akan membuatmu terbius.

Tujuan dari festival ini adalah mengelola wilayah pesisir dengan kearifan tinggi, menjaga kelestarian lingkungan, melestarikan kreativitas seni, serta mendukung ekonomi dan kegiatan masyarakat yang berkelanjutan.

3. Wayang Jogja Night Carnival

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Wayang Jogja Night Carnival (indonesia.travel)

Jika di Solo punya Solo Batik Carnival, maka Yogyakarta punya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Acara ini digelar pada puncak acara peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-266 pada 7 Oktober 2022 di Tugu Jogja.

WJNC tahun ini mengangkat tema  'Lokananta Arjuna Anugraha' yang diambil dari nama sebuah perangkat gamelan dari cerita pewayangan dan lakonnya ada dua, yakni Arjuna dan Sembadra serta Baladewa dan Erawati.

Sebanyak 14 kemantren yang ada di Yogyakarta akan memeriahkan acara ini dengan tema tokoh-tokoh dalam pewayangan, seperti Bathara Guru, Bathara Durga, Bathara Gana/Ganesha, Bathara Supraba, Arjuna, dan sebagainya.

4. Festival Pesona Selat Lembeh

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Festival Pesona Selat Lembeh di Kota Bitung, Sulawesi Utara (indonesia.travel)

Nama Selat Lembeh barangkali belum terlalu populer bagi sebagian besar orang. Namun, untuk para penyelam atau scuba diver, selat yang terletak di Kota Bitung, Sulawesi Utara, ini dianggap sebagai salah satu surga bawah laut di Indonesia.

Supaya kenal dengan tempat ini, kamu bisa menonton Festival Pesona Selat Lembeh yang akan diselenggarakan pada 6-10 Oktober 2022 nanti di beberapa titik Kota Bitung.

Dalam festival tersebut terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Sailing Pass, Bitung Expo, Creative Workshop, Show Battle Cutting Tuna, Underwater Photography Competition, Coral Transplantation, MURI Record for the Most participants of Grilled Fish, MURI Record Tetengkoren Plays, Minahasa Culture Festival, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Indonesia yang Ada di Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru

5. Festival Budaya Asmat

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Festival Budaya Asmat (instagram.com/festival_asmatpokman)

Setelah vakum dua tahun karena pandemik, Festival Budaya Asmat atau Festival Asmat Pokman akan kembali digelar pada 6-13 Oktober mendatang di Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

Para wisatawan yang datang ke sana akan disuguhi berbagai pertunjukan dan pameran yang menarik. Ada karnaval dan eksibisi tarian massal, pentas seni, demonstrasi dan lelang ukiran dan anyaman, formasi dan atraksi perahu, tur bakau di Sungai Famborep, tarian pangkur sagu, dan lain-lain.

6. Festival Gendang Melayu

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Festival Gendang Melayu di Lubuklinggau, Sumatera Selatan (giwang.sumselprov.go.id)

Di Pulau Sumatera juga akan ada festival budaya yang tidak bisa dilewatkan, yakni Festival Gendang Melayu. Acara ini akan diselenggarakan pada 17-22 Oktober 2022 mendatang di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Rangkaian kegiatan Festival Gendang Melayu antara lain pergelaran seni budaya Melayu dari masing-masing etnis di Sumatera Selatan, konser musik gendang Melayu, pelatihan musik gendang Melayu, Silampari Night Carnival, lomba pembuatan oleh-oleh khas Lubuklinggau, dan sebagainya.

7. Festival Takabonerate

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Potret Pulau Bahuluang tempat penyelenggaraan Festival Takabonerate (pariwisata.kepulauanselayarkab.go.id)

Selain Festival Pesona Selat Lembeh, di Pulau Sulawesi juga akan satu lagi festival budaya dan bahari yang seru untuk disaksikan, yaitu Festival Takabonerate. Festival ini akan diselenggarakan pada 23-28 Oktober 2022 di Pulau Bahuluang. Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kalau ada kesempatan datang ke sana, kamu bisa ikut Selayar Fishing Competition, Selayar Expo, lomba sampan tradisional, lomba tarik tambang di atas perahu, lomba permainan rakyat, dan Festival Bajo.

Selain itu juga akan ada pula pementasan seni budaya lintas kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, tarian massal, gala dinner, eksplorasi destinasi Taka Bonerate, kompetisi Sail and Sale Selayar, serta Tourism Photography.

8. Ubud Writers & Readers Festival

Bersiap, 8 Festival Budaya Indonesia Ini Bakal Digelar Oktober 2022!Ubud Writers and Readers Festival (instagram.com/ubudwritersfest)

Ubud Writers & Readers Festival menjadi salah satu event paling bergengsi yang selalu dinantikan kehadirannya. Mengusung tema Memayu Hayuning Bawana, acara ini akan diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2022 di Ubud, Gianyar, Bali.

Tidak hanya sastra dan literasi, kamu juga bisa belajar banyak hal dari para pegiat budaya, seniman, artis, aktivis, dan seniman dari dalam dan luar negeri yang akan jadi pembicara di sana. 

Wah, keren semuanya, kan? Kamu wajib datang dan menyaksikan salah satu dari delapan festival budaya di Indonesia pada Oktober 2022 nanti. Mau datang ke festival yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Wisata Indah Indonesia Tengah dan Timur, Serasa di Luar Negeri

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya