10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin Takjub

Dilihat dari mana pun, Aurora Australis tampak menakjubkan

Intinya Sih...

  • Aurora Australis adalah fenomena alam yang cantik di belahan bumi selatan, bisa disaksikan sepanjang tahun.
  • Tempat terbaik untuk melihat Aurora Australis antara lain di Tasmania, Australia, seperti Bruny Island dan Cradle Mountain.
  • Selandia Baru juga menawarkan tempat terbaik untuk melihat Aurora Australis, seperti Lake Tekapo dan Stewart Island.

Selain Aurora Borealis yang ada di belahan bumi bagian utara, ada pula Aurora Australis yang tak kalah cantik dan bisa kamu saksikan di bumi bagian selatan. Fenomena alam tersebut selalu menjadi incaran wisatawan. Semburat cahaya warna-warni yang sangat cantik akan membuat siapa pun terkesima.

Melansir dari akun resmi Tourism AustraliaAurora Australis ini sebenarnya bisa disaksikan sepanjang tahun. Namun, waktu terbaiknya adalah musim dingin, yakni sekitar bulan Mei sampai Agustus. Kamu bisa mengunjungi Australia dan Selandia Baru untuk menyaksikannya. Tak terlalu jauh dari Indonesia, nih.

Karena bulan ini sudah memasuki musim dingin di belahan bumi bagian selatan, kamu bisa menyusun rencana untuk jalan-jalan ke salah satu negara tersebut dan mengunjungi beberapa tempat terbaik melihat Aurora Australis. Penasaran di mana saja lokasinya, simak ulasan berikut ini, ya!

1. Bruny Island

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret Aurora Australis di Bruny Island, Tasmania, Australia (australia.com)

Bruny Island yang terletak di Tasmania, Australia, merupakan tempat favorit warga setempat untuk berlibur, terutama saat akhir pekan. Lokasinya sekitar 80 kilometer dari Hobart, ibu kota Tasmania. Wilayah ini masih berupa pedesaan dengan suasana asri, tenang, serta minim sorot lampu dan polusi udara.

Jika ke pulau ini untuk melihat Aurora Australis, kamu bisa naik tangga di The Neck dan mengarahkan pandangan ke arah selatan. Cahaya Southern Lights berpadu cantik dengan lautan lepas dan langit yang luas. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan milky way juga, lho.

2. Satelitte Island

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret pemandangan milky way di Satelitte Island (instagram.com/satelliteisland)

Tempat lain di Tasmania, Australia, yang cocok dikunjungi untuk melihat Aurora Australis adalah Satellite Island. Pulau milik pribadi ini berada tepat di seberang Bruny Island dan dinamai demikian, karena menyuguhkan pemandangan bintang-bintang yang menakjubkan. Konon, penjelajah yang datang ke Australia pada zaman dulu memetakan langit selatan di pulau ini.

Ada penginapan mewah di Satellite Island yang bisa disewa wisatawan sembari menunggu kehadiran Aurora Australis pada malam hari. Kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat datang ke sini beramai-ramai sambil quality time di bawah semburat cahaya cantik.

3. Cradle Mountain, Lake St. Clair National Park

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubAurora Australis di Cradle Mountain, Lake St. Clair National Park (abc.net.au)

Pengin melihat Aurora Australis dengan latar pegunungan dan pepohonan tinggi? Pergilah ke kawasan Cradle Mountain di Lake St. Clair National Park, Tasmania, Australia. Kawasan ini juga memiliki danau berair jernih yang akan menjadi "cermin" bagi pertunjukan Shoutern Lights tersebut.

Sembari menunggu kehadirannya, kamu bisa jalan-jalan dan menjelajahi tepian Dove Lake dan hutan berusia jutaan tahun, serta menginap Peppers Cradle Mountain Lodge atau Pumphouse Point yang nyaman. Pengalamanmu di sini pasti gak akan terlupakan, deh.

4. Bathurst Harbour

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubIlustrasi Aurora Australis (abc.net.au)

Bathurst Harbour yang berada di The Tasmanian Wilderness World Heritage Area, Tasmania, Australia, ini memang agak terpencil, tetapi tidak akan membuatmu menyesal pernah mengunjunginya. Pemandangan yang disajikan di sini benar-benar indah dan tak akan terlupakan.

Kamu bisa mendirikan tenda atau camping di beberapa titik kawasan ini. Menjelang malam hari, cobalah untuk duduk di depan tenda tersebut sembari menikmati secangkir kopi atau cokelat hangat, serta menyaksikan Aurora Australis yang sangat memesona. Sepertinya seru banget, ya?

5. The Central Highlands

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret keindahan Aurora Australis di Kingston Beach, Tasmania (instagram.com/deni_cupit)

Masih di Tasmania, Australia, ada satu lagi tempat yang terbaik untuk melihat Aurora Australis, yakni The Central Highlands. Di tempat ini, terdapat padang yang sangat luas dan datar, serta danau yang terbentuk oleh aliran gletser selama jutaan tahun.

Tempat ini dulunya merupakan pusat aklimatisasi untuk para ilmuwan CSIRO yang hendak menuju ke Antartika. Pemandangan langit di kawasan ini tidak terhalang apa pun, sehingga kamu melihat Aurora Australis dengan leluasa dan berfoto berlatar semburat cahaya berwarna-warni cantik. 

6. Flinders Blowhole, Victoria

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret keindahan Aurora Australis di Flinders Blowhole, Victoria, Australia (instagram.com/dylangiannaphotography)

Flinders Blowhole ini berada di sepanjang garis pantai Mornington Penisula, Victoria, Australia. Kawasan ini sangat cocok digunakan untuk melihat Aurora Australis dengan latar lautan lepas. Perpaduan keduanya akan menghasilkan pemandangan alam yang sangat memesona.

Sembari menunggu cahaya tersebut muncul, kamu bisa memancing di beberapa kolam alami di antara bebatuan karang yang ada di sana. Namun, kamu harus selalu waspada dan berhati-hati, karena sering ada ombak besar yang datang.

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Aurora Australis, Cantiknya Bikin Gak Berkedip!

7. Great Ocean Road, Australia

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret keindahan Aurora Australis di Bell’s Beach, Great Ocean Road, Australia (instagram.com/pangdemonium1)

Great Ocean Road di Victoria, Australia, merupakan jalan sepanjang 240 kilometer di sepanjang pantai tenggara Australia, tepatnya antara Torquay dan Allansford di Victoria. Jalan ini juga terdaftar sebagai Australian National Heritage.

Terdapat banyak titik tempat yang seru untuk menyaksikan Aurora Australis, seperti Bell's Beach dan The Bakers Oven. Semburat cahaya berwarna merah, biru, ungu, dan hijau akan terlihat menghiasi langit. Indahnya bikin mata enggan berkedip!

8. Lake Tekapo, Selandia Baru

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret fenomena Aurora Australis di Lake Tekapo, Selandia Baru (unsplash.com/Sebastian Knoll)

Dari Australia, kita bergeser ke Selandia Baru. Lake Tekapo merupakan tempat terbaik dan paling populer untuk melihat Aurora Borealis di Negeri Kiwi. Kondisi langit di sana sangat gelap dan cuacanya cerah, sehingga cahaya dari Southern Lights tersebut bisa terpancar dengan sangat indah.

Biasanya, wisatawan yang datang ke Lake Tekapo mengambil gambar Aurora Australis di dekat Church of the Good Shepherd. Bangunan gereja tua terlihat "menyala" dengan latar cahaya merah dan kuning seperti yang terlihat dalam gambar di atas.

9. Waikite Valley, Selandia Baru

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret keindahan Aurora Australis di Waikite Valley, Selandia Baru (instagram.com/nanamirdad_)

Pertengahan Mei 2024 ini, pasangan artis Nana Mirdad dan Andrew White liburan ke Waikite Valley, Selandia Baru. Keduanya membagikan foto-foto Aurora Australis dan milky way yang sangat cantik di akun media sosialnya.

Waikite Valley merupakan sebuah campsite atau tempat berkemah sekaligus pemandian air panas yang terletak di Rotorua, Selandia Baru. Kalau ke sini, kamu gak hanya bisa melihat Aurora Australis, tetapi juga bersantai, mandi air panas, dan menyegarkan pikiran.

10. Stewart Island, Selandia Baru

10 Tempat Terbaik Melihat Aurora Australis, Cahayanya Bikin TakjubPotret Aurora Borealis di Stewart Island, Selandia Baru (vivaexpeditions.com)

Tempat terakhir yang bisa kamu kunjungi untuk melihat keindahan Aurora Australis adalah Stewart Island di Taman Nasional Rakiura, Selandia Baru. Pulau ini terletak di posisi paling selatan dari Negeri Kiwi. Kamu bisa ke sini dengan naik kapal ferry dari Bluff atau penerbangan dari Invercargill. 

Pulau ini masih cukup alami, minim polusi, lingkungannya masih cukup terjaga, dan langitnya sangat gelap pada malam hari. Aurora Australis sepertinya tidak pernah malu menampakkan keindahannya di sini.

Itu dia ulasan tentang beberapa tempat terbaik melihat Aurora Australis, baik di Australia maupun di Selandia Baru. Semoga kamu bisa menikmati Aurora Australis langsung dari tempat-tempat di atas, ya!

Baca Juga: Mengapa di Indonesia Tidak Ada Aurora? Ini Penjelasan Sains

Topik:

  • Fasrinisyah Suryaningtyas
  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya