Comscore Tracker

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik per 1 Agustus 2022, Ini Harganya!

Jumlah pengunjung juga dibatasi 200 ribu orang per tahun

Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) mengumumkan tentang penetapan harga baru tiket masuk Taman Nasional Komodo (TNK) bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan konservasi Taman Nasional Komodo (TNK).

Per 1 Agustus 2022 nanti, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp3,75 juta per orang untuk periode satu tahun. Keputusan ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal dan ketentuan sebagai berikut.

1. Hitungan harga berdasarkan biaya konservasi

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik per 1 Agustus 2022, Ini Harganya!Potret kawasan Taman Nasional Komodo (ksdae.menlhk.go.id)

Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi TN Komodo, Carolina Noge, menyampaikan alasan penetapan harga tiket masuk baru ke Taman Nasional Komodo (TNK).

Biaya tiket sebesar Rp3,75 juta dikarenakan mempertimbangkan biaya konservasi untuk periode satu tahun. Kuota kunjungan ke TNK pun akan dibatasi 200 ribu orang per tahun.

Carolina juga menambahkan bahwa rencananya biaya tersebut akan diterapkan secara kolektif dan tersistem, yakni Rp15 juta per orang dalam periode empat tahun.

2. Biaya konservasi bertambah akibat lonjakan wisatawan

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik per 1 Agustus 2022, Ini Harganya!Potret komodo dragon di Taman Nasional Komodo (indonesia.travel)

Biaya konservasi semakin bertambah, akibat hilangnya nilai jasa ekosistem. Hal ini terjadi seiring dengan lonjakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan Taman Nasional Komodo dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Setiap wisatawan yang masuk ke kawasan tersebut dianggap membawa pengaruh yang beragam, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap satwa, keanekaragaman hayati, hingga seluruh ekosistem di sana.

Berdasarkan hitungan dan rekomendasi hasil kajian pihak terkait, biaya konservasi sebagai kompensasi dari setiap kunjungan wisatawan berkisar antara Rp2.943.730 hingga Rp5.887.459.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Harus Liburan ke Pulau Komodo Sekali Seumur Hidup

3. Pemesanan tiket secara online dan kuota pengunjung dibatasi

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik per 1 Agustus 2022, Ini Harganya!Potret komodo dragon di Taman Nasional Komodo (indonesia.travel)

Selain penetapan harga baru, kuota wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Komodo juga akan dibatasi menjadi 200 ribu orang per tahun. Untuk mendapatkan tiket, wisatawan wajib melakukan registrasi online melalui laman web yang akan dibuka dalam waktu dekat.

Aturan tentang kuota wisatawan ini merupakan hasil kajian para ahli yang disampaikan dalam Kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Ekosistem di Taman Nasional Komodo. Hasil kajian tersebut menyatakan bahwa jumlah ideal wisatawan sebanyak 219 ribu orang per tahun dan jumlah maksimal sebanyak 292 ribu orang per tahun.

Hasil kajian tersebut menunjukkan jumlah yang hampir sama dengan tingkat kunjungan ke Taman Nasional Komodo pada 2019, yakni 221 ribu orang di Pulau Komodo. Sedangkan untuk Pulau Padar, Balai Taman Nasional Komodo telah menerapkan kebijakan kunjungan 100 orang per waktu kunjungan atau sesi dan dalam satu hari ada tiga sesi.

Kepala Kajian Daya Tampung Daya Dukung Taman Nasional Komodo, Irman Firmansyah, dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menyampaikan bahwa pembatasan ini dilakukan demi menjaga kelestarian satwa liar dan ekosistem di Taman Nasional Komodo.

"Prinsipnya pengunjung tidak hanya ingin melihat komodo. Jika ingin melihat, cukup ke kebun binatang saja. Namun, kita ingin melihat kehidupan liarnya, dan di sana (Taman Nasional Komodo) harus benar-benar terjaga. Konservasi harus dominan," jelas Irman.

Dengan adanya kebijakan penetapan harga tiket masuk baru Taman Nasional Komodo, dan pembatasan jumlah pengunjung di Taman Nasional Komodo, tentunya wisatawan juga harus semakin bijak, serta bisa mempersiapkan diri dengan perencanaan yang baik dan matang ketika hendak berkunjung ke sana. Kamu ada rencana ke Taman Nasional Komodo setelah ada aturan baru ini?

Baca Juga: 10 Pulau yang Diambil dari Nama Hewan di Indonesia, Gak Cuma Komodo

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya