Comscore Tracker

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk Diikuti

Ada banyak perayaan selain menyembelih kurban

Indonesia dikenal kaya akan tradisi dan budaya. Dalam setiap perayaannya mengandung makna yang mendalam dan tidak meninggalkan akarnya. Termasuk perayaan Iduladha yang akan tiba tidak lama lagi.

Di beberapa wilayah Indonesia, Iduladha tidak hanya diperingati dengan menyembelih hewan kurban saja, tetapi juga diiringi dengan tradisi yang dilakukan turun temurun.

Nah, di bawah ini ada 10 tradisi unik perayaan Iduladha di Indonesia yang seru untuk diikuti. Simak, yuk!

1. Masyarakat Aceh merayakan Iduladha dengan meugang atau makan daging sapi atau kerbau bersama-sama sebagai ungkapan syukur

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiPotret tradisi meugang di Aceh (indonesia.travel)

2. Gamelan Sekaten akan dibunyikan di area Keraton Kasepuhan Cirebon setiap hari raya Islam, termasuk saat Iduladha

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiIlustrasi gamelan sunda (indonesiakaya.com)

3. Dalam Grebeg Gunungan, hasil bumi dalam bentuk gunungan akan diarak dari halaman Keraton Yogyakarta sampai Masjid Gede Kauman

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiPotret acara Grebeg Gunungan di Yogyakarta (indonesia.travel)

4. Sama seperti Grebeg Gunungan, dalam tradisi Apitan di Semarang juga terdapat arak-arakan tumpeng dan hasil bumi berbentuk gunungan

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiIlustrasi tradisi Apitan di Semarang (Instagram.com/demakhariini)

5. Menjelang Iduladha, masyarakat Madura di perantauan akan melakukan toron atau mudik ke kampung halaman masing-masing

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiIlustrasi arus mudik di jalan tol (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

6. Dalam tradisi Manten Sapi di Pasuruan, sapi yang akan dikurbankan didandani layaknya pengantin dan diarak menuju masjid untuk disembelih

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiPotret tradisi Manten Sapi di Pasuruan (instagram.com/puspita_nagari_)

Baca Juga: Sudah Tahu 10 Tradisi Unik Lebaran Iduladha di Berbagai Negara Ini?

7. Mepe Kasur adalah tradisi menyambut Iduladha di Banyuwangi. Masyarakat akan bersama-sama menjemur kasur pada pagi hari. Unik banget, kan?

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiPotret tradisi Mepe Kasur di Banyuwangi (instagram.com/alannobita)

8. Umat muslim Bali melakukan Ngejot, yakni berbagi makanan dengan umat Hindu sebagai wujud silaturahmi dan persaudaraan

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiPotret tradisi Ngejot di Bali (instagram.com/sejarahbali)

9. Accera Kalompoang adalah ritual pencucian benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa yang disimpan di Istana Balla Lompoa

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiPotret Accera Kalompoang di Kerajaan Gowa (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

10. Usai salat Iduladha, masyarakat Negeri Tulehu, Maluku Tengah melakukan Kaul Negeri dan Abda'u dengan menggendong tiga ekor kambing mengelilingi desa, lalu ke masjid untuk disembelih

10 Tradisi Unik Perayaan Iduladha di Indonesia yang Seru untuk DiikutiIlustrasi tradisi Kaul Negeri dan Abdau (travelingyuk.com)

Itu dia 10 tradisi unik perayaan Iduladha di Indonesia. Semua tradisi di atas tentu memiliki nilai yang wajib dilestarikan hingga ke anak cucu kita nantinya. Kalau di daerahmu ada tradisi apa dalam menyambut Iduladha?

Baca Juga: [QUIZ] Dari Menu Iduladha Ini, Kami Tahu Member BTS yang Seleranya Mirip Kamu!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya