Comscore Tracker

5 Fakta Gunung Talamau, Jadi Surga Telaga hingga Tempat Pesugihan

Gunung tertinggi di Sumatera Barat #LokalIDN

Pasaman Barat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang beribukota di Simpang Ampek. Kabupaten satu ini dikenal sebagai penghasil minyak dan dijuluki Kota Sawit.

Selain itu, tahukah kamu kalau beberapa wisata alam di daerah ini dikenal eksotis dan masih alami? Buat kamu yang ingin berwisata minat khusus yakni mendaki, jangan sampai melewatkan Gunung Talamau. Gunung satu ini cukup terkenal di Sumatera Barat dan menjadi gunung tertinggi di sana, lho.

Sebelum memutuskan melakukan perjalanan ke gunung Talamau, alangkah baiknya kamu mengetahui fakta-fakta berikut ini. 

1. Sebagai gunung tertinggi di Sumatera Barat

5 Fakta Gunung Talamau, Jadi Surga Telaga hingga Tempat Pesugihaninstagram.com/gito_sugally

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa gunung Talamau yang juga disebut gunung Ophir ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat. Ketinggian gunung yang terletak di Kecamatan Kinali tersebut mencapai 2.982 mdpl. Uniknya, terdapat kubah masjid yang menjadi salah satu penanda puncaknya.

Gunung satu ini sebenarnya termasuk salah satu gunung api yang pernah aktif di Sumatera Barat. Namun, sudah tidak mengalami erupsi sejak tahun 1600. Cukup melegakan buat kamu yang ingin menjadikannya sebagai tujuan pendakian. Lelahmu pun bakal terbayar dengan melihat Gunung Marapi, Singgalang, Talang, dan Bukit Barisan dari puncak. 

2. Sempat dicurigai aktif kembali pada tahun 2016

5 Fakta Gunung Talamau, Jadi Surga Telaga hingga Tempat Pesugihaninstagram.com/syafratunil_s

Dilansir dari Jurnal Morfogenetik Daerah Lubuksikaping Provinsi Sumatera Barat, gunung api Talamau menghasilkan endapan termuda berupa lava asam-basa, batupasir tufaan dan lanau. Gunung Talamau memiliki lubang kepundan yang diduga sudah tidak aktif. Aktivitas gunung api ini diperkirakan pada asa Pleistosen-Holosen.

Namun, gunung tipe B tersebut sempat dikabarkan mengeluarkan asap hitam pasca gempa Pasaman yang terjadi tahun 2016 lalu. Setelah dilakukan pemantauan oleh PVMBG, memang tidak ada letusan namun masih banyak belerang yang tersimpan di sekitar kawah gunung tersebut. 

Baca Juga: Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tips

3. Ada 13 telaga dan air terjun Lenggo Geni yang menyegarkan

5 Fakta Gunung Talamau, Jadi Surga Telaga hingga Tempat Pesugihaninstagram.com/fadlanmasykuran

Fakta unik lain Gunung Talamau yang bikin kamu senang menjadikannya destinasi wisata, yakni ada 13 telaga atau danau alami dan air terjun. Kalau kamu enggak ingin mendaki hingga puncak, cukup kunjungi air terjun Lenggo Geni di kaki gunung. Tapi, kalau kamu mau melakukan pendakian, bakal disambut oleh banyaknya telaga. 

Ya, gGunung Talamau memang populer dengan telaganya yang terbilang banyak dibanding gunung lain di Indonesia. Ada pula yang menyebutnya sebagai Surga Telaga. Uniknya lagi, nama-nama telaga tersebut diambil berdasarkan legenda dan memiliki kisah masing-masing.

 

Beberapa telaga tersebut diberi nama Cindua Mato, Siuntuang Sudah, dan Rajo Dewa.

4. Kealamiannya masih terjaga dan menjadi habitat pacet

5 Fakta Gunung Talamau, Jadi Surga Telaga hingga Tempat Pesugihaninstagram.com/fuadalfaruqi

Sumatera udah dikenal sebagai salah satu tempat hutan hujan tropis di Indonesia, tidak terkecuali gunung Talamau. Gunung tersebut dikenal masih alami dengan karakteristik hutan hujan tropis. Hal tersebut menjadikannya sebagai habitat pacet, kerabat dekat lintah yang suka menghisap darah.

Kalau kamu mau melakukan perjalanan atau pendakian di gunung ini, harap berhati-hati ya. Hewan satu ini memiliki ukuran yang biasanya lebih kecil dari lintah dan sering menempel di daun atau dahan pohon. Jadi, kamu perlu persiapan lebih untuk menghindari atau melepaskan pacet.

5. Enggak terlepas dari hal mistis, sering dijadikan tempat ritual pesugihan 

5 Fakta Gunung Talamau, Jadi Surga Telaga hingga Tempat Pesugihaninstagram.com/adiityahrw

Punya panorama alam yang memukau enggak membuat gunung Talamau lepas dari hal mistis. Masyarakat setempat juga mengenalnya sebagai salah satu tempat yang kerap dikunjungi untuk melakukan ritual pesugihan atau sekedar meminta nomor togel.

Kisah mistis yang terkenal yakni adanya harimau campo yang dianggap sebagai penunggunya. Ada pula seorang kyai yang menunggu daerah Padang Siranjano. Hal tersebut menjadikan Gunung Talamau sebagai salah satu gunung paling mistis di Pulau Sumatera, lho.

Itulah tadi kelima fakta Gunung Talamau yang berada di Sumatera Barat. Buat kamu yang ingin mendaki, bisa melalui jalur Desa Pinaga dan membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk sampai puncak. Berani coba?

Baca Juga: 8 Gunung Api Aktif Paling Angker di Jawa Timur, Pernah ke Sini?

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya