Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Danau Linow, Destinasi Kebanggaan Tomohon

Mitosnya, ada harta karun yang belum ditemukan

Tomohon, salah satu kota di Sulawesi Utara yang memiliki beragam destinasi wisata menarik. Kota pemekaran dari Kabupaten Minahasa ini dikabarkan segera menambah tempat wisata menyerupai Taman Impian Jaya Ancol. Di antara sekian banyak destinasi wisata baru dan hits, Danau Linow tetap menjadi kebanggaan masyarakat Tomohon.

Wisata alam tersebut menyajikan pemandangan penakjubkan dan hawa yang sejuk. Saking indahnya, kerap menjadi lokasi pemotretan hingga syuting video klip. Penasaran seperti apa Danau Linow? Untuk tahu lebih lanjut, yuk, cari tahu fakta menariknya!

1. Warna air danau dapat berubah-ubah

5 Fakta Menarik Danau Linow, Destinasi Kebanggaan TomohonDanau Linow (instagram.com/renieas)

Danau Linow terletak sekitar 3 km dari pusat Kota Tomohon. Danau tersebut dikelilingi pemandangan hijau, berupa perbukitan dan pepohonan. Gak ketinggalan Gunung Lokon dan Gunung Mahawu yang bikin suasana makin adem dan asri.

Selain pemandangannya yang memukau, Danau Linow memiliki keunikan tersendiri. Warnanya berubah-ubah, seperti biru, hijau, dan kuning kecokelatan. Konon, perubahan warna tersebut dipengaruhi oleh kandungan belerang dalam danau, pembiasan, dan pantulan sinar matahari.

2. Diyakini sebagai kawah alam yang terbentuk sejak 500 ribu tahun silam

5 Fakta Menarik Danau Linow, Destinasi Kebanggaan TomohonDanau Linow (instagram.com/judikaandaria)

Adanya kandungan belerang dalam air danau berkaitan erat dengan proses terbentuknya. Erupsi Gunung Mahawu yang terjadi sekitar 500 ribu tahun silam menjadi awal terbentuknya Danau Linau. Sejarah tersebut telah dipercaya oleh masyarakat setempat.

Gak heran kalau kamu bakal mencium aroma belerang yang cukup menyengat, ketika bertandang ke danau ini. Terlebih lagi, jangan coba-coba untuk berenang atau merendam bagian tubuhmu ke dalam danau. Selain dalamnya yang mencapai 36 meter, kandungan belerang yang tinggi juga dapat berakibat fatal untuk kulit.

Tenang, tersedia sejumlah sumber air panas alami yang aman digunakan untuk mandi. Sangat cocok untuk berendam di daerah pegunungan dengan hawa sejuk. Berniat untuk mencobanya?

3. Jadi destinasi wisata kebanggaan Tomohon hingga tempat favorit untuk prewedding

5 Fakta Menarik Danau Linow, Destinasi Kebanggaan TomohonDanau Linow (instagram.com/mrs.pantow)

Sekalipun berbau belerang dan berbahaya untuk berenang, tapi panorama Danau Linow mengalahkannya. Danau tersebut menjadi wisata kebanggaan Tomohon yang selalu ramai pengunjung. Bahkan, menjadi destinasi wisata alternatif saat Hari Raya Idulfitri maupun weekend, lho.

Hanya dengan membayar tiket Rp30 ribu, kamu dapat menikmati keindahan Danau Linow. Kamu juga dapat menikmati makanan khas setempat, seperti kue apang, kue cucur, dan sambal roa.

Ada banyak spot menarik yang dapat menjadi latar untuk foto maupun video pre-wedding. Kamu dapat mengayuh perahu dan kano untuk mengitari seluruh area danau, kecuali area yang dialiri sumber air panas.

Baca Juga: 5 Wisata Air Dekat Danau Linow-Tomohon, Pesonanya Membius Mata

4. Habitat burung belibis dan sayok

5 Fakta Menarik Danau Linow, Destinasi Kebanggaan Tomohonburung belibis di Danau Linow (instagram.com/linow_coffee_shop)

Di balik pesonanya, Danau Linow menjadi habitat burung belibis yang menjadi satwa endemik di sana. Belibis merupakan burung air yang mirip dengan itik atau bebek, pasalnya memang memiliki kedekatan genetik dengan itik. Dagingnya pun dapat dikonsumsi dan bernilai ekonomi.

Sedangkan masyarakat di sekitar Danau Linow justru mengonsumsi serangga air yang disebut komo dan sayok. Serangga tersebut hidup di atas air saat masih muda dan bersayap, tentunya dapat terbang ketika sudah dewasa. Sekilas mirip capung.

5. Ada harta karun di Danau Linow, mitos yang diyakini masyarakat

5 Fakta Menarik Danau Linow, Destinasi Kebanggaan TomohonDanau Linow (instagram.com/pegi_pegi)

Panorama dan kekayaan alam Danau Linow memang bikin adem serta pikiran kembali segar. Namun, masih ada lagi mitos di kalangan masyarakat yang masih lestari hingga kini. Adanya harta karun yang belum ditemukan di Danau Linow dan hanya dapat oleh orang tertentu.

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan Danau Linow, dapat menuju Jalan Tomohon - Kawangkoan, Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon. Pagi menjadi waktu yang tepat untuk menikmati kesejukan dan ketenteramannya. Makin nikmat sembari menyeruput kopi dan menikmati kuliner khas setempat.

Punya panorama yang eksotis, mudah dijangkau, dan mitos unik, dapat menarik pelancong untuk berkunjung ke Danau Linow. Berniat untuk menjadikannya sebagai tempat alternatif untuk liburan di Tomohon, Sulawesi Utara?

Baca Juga: 9 Potret Air Terjun Tekaan Telu, Surga Tersembunyi di Tomohon

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya