Comscore Tracker

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiran

Pas banget untuk hilangkan penat #LokalIDN

Kapahiang, salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Meski tak memiliki garis pantai, tapi ada beragam wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Kamu pun bisa menikmati hutan rimbun khas hutan hujan tropis, beserta udara yang menyejukkan. Pas banget buat menyegarkan pikiran.

Buat kamu yang tengah penat dan ingin menyegarkan pikiran, bisa nih berwisata sejenak. Berikut ini daftar destinasi wisata alam di Kepahiang yang bisa kamu kunjungi. Yuk, simak!

1. Air terjun Embun

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiraninstagram.com/novita_andriani

Salah satu destinasi wisata alam yang gak boleh kamu lewatkan, yakni air terjun Embun. Air terjun ini berlokasi di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai. Kamu bisa menempuhnya sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Bengkulu. 

Jalan yang akan kamu lalui cukup mudah diakses dan sudah beraspal. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu masih perlu berjalan beberapa ratus meter lagi untuk sampai di lokasi air terjun. Kamu bisa menikmati kesegaran airnya atau sekadar berswafoto. 

2. Air terjun Mandap Sari

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar PikiranGoogle Local Giude/Dok. BUDIAWAN

Air terjun lain yang bisa kamu jadikan alternatif, yakni air terjun Mandap Sari. Air terjun tersebut berada di Desa Suka Sari, Kecamatan Kabawetan. Destinasi wisata ini baru diresmikan pada tahun 2015, tapi gak butuh waktu lama untuk dikenal masyarakat luas. 

Air terjun yang dikelola masyarakat setempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir dan ruang ganti. Kamu pun gak perlu bingung lagi setelah bermain air atau bahkan mandi.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Bengkulu dengan Cita Rasa Menggoda, Wajib Coba!

3. Air terjun Donok

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiraninstagram.com/sofianrafflesia

Kalau kamu ingin menikmati suasana air terjun yang lebih alami dibanding sebelumnya, coba kunjungi air terjun Donok. Air terjun satu ini berada di Desa Batu Ampar,  Kecamatan Merigi. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat Kepahiang melalui Pagar Alam.

Selain airnya yang segar dan suasana asri, ada gua-gua dangkal yang bisa kamu temui. Keunikan lainnya, yakni adanya sarang burung gendang yang berupa lubang-lubang di tebing batu.

4. Air terjun Terambon

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiraninstagram.com/lesyceeeelll__

Satu lagi nih air terjun yang bisa kamu kunjungi di Kepahiang, yakni Terambon. Air terjun satu ini terbilang baru, pasalnya diresmikan sebagai destinasi wisata pada tahun 2016. Lokasinya di Desa Daspetah, Kecamatan Ujan Mas yang bisa kamu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota.

Selain mandi dan menikmati kesegaran airnya, kamu bisa bersantai sambil menikmati kopi maupun kudapan yang tersedia di kedai-kedai. Gak perlu khawatir, sudah ada toilet, penitipan barang, dan lahan parkir.

5. Taman wisata alam Bukit Kaba

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiranhttps://instagram.com/vendrafrz_

Setelah puas mengunjungi air terjun, bermain air dan menikmati kesegarannya, ada bukit favorit masyarakat setempat. Bukit Kaba menjadi salah satu destinasi wisata andalan masyarakat Bengkulu. Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong.

Meski disebut bukit, namun ini termasuk bagian gunung berapi yang masih aktif. Ada dua kawah berwarna hijau dan putih yang bisa kamu kunjungi. Wisata satu ini pas banget buat kamu yang suka trekking atau hiking

Puncak tertingginya yakni 1953 mdpl yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan motor trail di jalur berbeda. Saat siang kamu bisa menikmati panorama khas hutan hujan tropis. Kamu juga bisa menikmati gemerlap bintang saat malam hari.

6. Bukit Hitam

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiraninstagram.com/muhammadabiii

Bukit Hitam menjadi destinasi wisata dengan paket lengkap di Kepahiang. Ada air terjun Bidadari dan Pangeran serta kawah Bukit Hitam. Selain itu, tentu kamu perlu berjalan kaki untuk sampai di puncak bukit.

Buat kamu yang mau melakukan perjalanan dan menikmati keindahan alamnya, perlu persiapan matang. Pasalnya, dari lokasi kawah menuju air terjun saja memerlukan waktu sekitar satu jam dengan berjalan kaki. Selain itu, kamu bakal lebih puas kalau menikmatinya sambil bermalam di alam bebas.

7. Kepahiang Mountain Valley

7 Rekomendasi Wisata Alam di Kepahiang, Bikin Segar Pikiraninstagram.com/sisilyasrgh

Satu lagi nih destinasi wisata yang cocok untuk menyegarkan pikiranmu, Kepahiang Mountain Valley. Sebenarnya, ini tergolong agrowisata dengan hamparan kebun teh yang luas. Wisata yang diresmikan tahun 2018 ini hits di kalangan anak muda.

Perjalanan menuju lokasi memang tidak semenantang destinasi wisata lainnya, tapi panorama yang disajikan gak kalah menarik. Kamu pun bisa menikmati hamparan hijau yang lengkap dengan udara sejuk, sekaligus berswafoto.

Itulah tadi ketujuh destinasi wisata alam yang bisa menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran di Kepahiang. Mana nih yang masuk bucket list-mu?

Baca Juga: 5 Camilan Khas Bengkulu dengan Cita Rasa Menggoda, Wajib Coba!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya