Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Kepanjen Malang, Cocok untuk Short Escape

Ada TPA yang disulap jadi wisata edukasi, lho!

Kamu sedang penat dengan rutinitas dan ingin liburan sejenak, tapi waktumu terbatas? Kamu tetap bisa refreshing dengan mengunjungi tempat sejumlah tempat wisata di sekitar tempat tinggalmu.

Buat kamu yang tinggal di Malang, bisa jalan-jalan ke Kepanjen yang merupakan ibu kota Kabupaten Malang. Kamu bisa mengunjungi sejumlah wisata edukasi hingga menyegarkan badan dengan berenang bersama keluarga.

Cocok banget buat short escape bareng keluarga, berikut ini lima tempat wisata di Kepanjen, Kabupaten Malang, yang wajib dikunjungi. Yuk, lanjut simak!

1. TPA Wisata Edukasi Talangagung

5 Tempat Wisata di Kepanjen Malang, Cocok untuk Short EscapeTPA Talangagung (instagram.com/nisa_khalfaniazka)

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar tempat pemrosesan akhir (TPA)? Ternyata, TPA Talangagung di Kepanjen juga berfungsi sebagi wisata edukasi, lho. Kamu bakal dikenalkan dengan sistem Sanitary Landfill dengan pemanfaatan gas metana untuk bahan bakar pengganti LPG.

Biasanya, TPA Talangagung menjadi tujuan wisata bagi anak-anak hingga mahasiswa untuk menambah awasan, terutama di bidang lingkungan. Manfaat gas metana tersebut telah dirasakan oleh masyarakat yang bermukim di sekitar TPA hingga radius sekitar 1 km.

2. Taman Refugia Jatirejoyoso

5 Tempat Wisata di Kepanjen Malang, Cocok untuk Short EscapeTaman Refugia Jatirejoyoso (dok. Pribadi/ Said Maulana Ibrahim | instagram.com/saidmaulanaibrahimofficial)

Masih terkait dengan wisata edukasi, terdapat Taman Refugia yang terletak di Jalan Masjid, Dusun Mergosingo, Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen. Tempat ini cocok untuk short escape bareng keluarga atau orang terdekat. Kamu bisa nongkrong santai hingga berenang.

Seperti namanya, terdapat sejumlah saung sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan. Sejumlah spot foto telah disediakan dan kamu bisa menikmati indahnya sunset dari sini. Di sini juga terdapat Lapak Baca yang buka setiap hari Sabtu dan Minggu.

Tiket masuknya gratis, lho. Sedangkan kamu yang ingin menikmati fasilitas kolam renang, cukup membayar Rp5.000 per orang. Terjangkau, kan?

3. Lembah Dilem

5 Tempat Wisata di Kepanjen Malang, Cocok untuk Short EscapeEkowisata Lembah Dilem (instagram.com/sdndilem1kepanjen)

Ekowisata Lembah Dilem salah satu wisata air yang dikelilingi pepohonan. Letaknya tersembunyi, tapi gak jauh dari pemukiman. Tepatnya di Jalan Sumberwuni, Dusun Lemah Duwur, Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Ada kolam renang dewasa, anak-anak, dan kolam ikan. Kamu dapat berenang dan juga memancing. Selain itu, bisa pula bersantai di sejumlah gazebo yang telah disediakan. Jika lapar, deretan warung penjaja makanan siap untuk memenuhi kebutuhanmu.

Harga tiketnya terjangkau, kamu cukup membayar Rp3.000 untuk dewasa maupun anak-anak. Sedangkan parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk sepeda motor.

Baca Juga: Wisata Sumber Gempong, Wisata Alam Terbaik di Mojokerto

4. Pemandian Metro

5 Tempat Wisata di Kepanjen Malang, Cocok untuk Short EscapePemandian Metro (instagram.com/metrosparkling)

Pemandian Metro menjadi alternatif lain buat kamu yang ingin menyegarkan badan. Terdapat tiga kolam renang untuk berbagai kategori usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Kolam renangnya pun luas, sehingga dapat menampung banyak orang saat akhir pekan.

Tiket masuknya Rp8.000 per orang, sedangkan biaya parkirnya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Kamu dapat menyewa ban untuk membantu berenang, harganya Rp5.000. Kalau lapar, kamu dapat membeli makanan di sejumlah warung.

Pemandian Metro berlokasi di Jalan Kawi, Sukun, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Buka mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

5. Milkindo Green Farm

5 Tempat Wisata di Kepanjen Malang, Cocok untuk Short EscapeMilkindo Green Farm (instagram.com/tabitadiah)

Satu lagi wisata menarik yang cocok untuk short escape, yakni Milkindo Green Farm. Seperti namanya, tempat ini merupakan wisata edukasi sapi perah yang sudah berdiri sejak 1984. Kamu dapat melihat sejumlah produk yang dihasilkan selain susu segar, yakni yoghurt bahkan pupuk kering yang dapat dibawa pulang.

Wahana yang ditawarkan pun beragam, ada taman kelinci, playground, taman sepak bola mini, hingga waterpark. Gak ketinggalan pula, edukasi perah susu sapi yang cocok untuk anak-anak. Kamu juga dapat memancing ikan lele di sini.

Banyaknya wahana dan area yang luas, membuat wisata edukasi ini cukup digandrungi sebagai tujuan wisata keluarga. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan, yakni Rp10.000 saat weekday dan Rp15.000 saat weekend. Sedangkan untuk menikmati waterpark, kamu perlu menambah biaya Rp15.000.

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Berlokasi di Jalan Kolonel Kusno No. 77, Dusun Ngempit, Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kelima tempat wisata di atas cocok untuk short escape bersama orang terdekat. Kamu bisa berwisata sambil belajar dan tentunya bisa bikin badan dan pikiran segar.

Baca Juga: Info Wisata Pantai Banyu Meneng Malang: Lokasi, Aktivitas, dan Tips

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya